merk oli motor terbaik

8 Rekomendasi Merk Oli Motor Terbaik Andalan Para Bikers

Table of Contents

Merek oli motor terbaik, apa saja? Oli memiliki fungsi yang dapat mempengaruhi performa motor. Beberapa diantaranya adalah untuk melumasi mesin, membersihkan kerak yang dihasilkan dari pembakaran mesin, menyerap panas sekaligus mendinginkan suhu mesin, dan melindungi mesin motor dari karat.

Setiap merk oli motor memiliki formulasi dan kualitas yang berbeda. Jadi, penting untuk memilih oli motor yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan, seperti tingkat kekentalan yang disarankan dan spesifikasi lainnya.

Kali ini, Igloo akan memberi rekomendasi merk oli motor terbaik yang telah terbutki dapat membuat performa motor kamu semakin mulus.

Mengenal Kode-Kode pada Oli Motor

Jika kamu memutuskan untuk membeli oli motor, sangat disarankan untuk memperhatikan kode-kode yang ada di kemasannya. Kode-kode tersebut akan membantu untuk memilih oli yang tepat untuk motor kamu:

SAE (Society of Automotive Engineers) 

Kode SAE (Society of Automotive Engineers) adalah kode untuk mengetahui tingkat kekentalan oli. Biasanya bisa kamu lihat di botol oli dan biasanya terdapat tulisan 10W-30, 10W-40, atau 20W-50. Huruf W yang ada pada kode tersebut merupakan singkatan dari kata “winter”.

Semakin tinggi angka SAE, makin kental pula olinya. Sebagai contoh, kamu melihat kode SAE 10W-40 pada kemasan oli. Kombinasi kode “10W” menunjukan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sementara itu, angka “40” menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin motor bekerja.

Jika kamu ingin ngin mesin motor terdengar lebih halus, pilihlah oli yang kental. Namun, tarikan motor akan sedikit lambat dan boros bensin. Sementara itu, oli yang lebih encer akan membuat performa mesin meningkat, hal ini dikarenakan oli encer akan melicinkan seluruh permukaan mesin.

API (American Petroleum Institute) 

Kode oli API (American Petroleum Institute) merupakan kode standar yang digunakan produsen untuk menentukan mutu dan kualitas dari oli motor. Kode API memiliki huruf “S” yang diikuti huruf lainnya. Huruf dibelakang huruf “S” disusun berdasarkan urutan abjad. Semakin tinggi urutannya, semakin bagus kualitasnya. Berikut adalah daftarnya:

  • SN: tahun 2010 ke atas
  • SM: tahun 2010 ke bawah
  • SL: tahun 2004 ke bawah
  • SJ: tahun 2001 ke bawah

Dari daftar kode diatas, jika kamu menggunakan motor keluaran terbaru, kamu bisa menggunakan oli dengan kode SN. Hal ini dikarenakan oli tersebut sudah dirancang untuk teknologi baru pada motor keluaran tahun 2010 ke atas.

JASO (Japanese Automotive Standart Association)

Sama seperti kode API, kode JASO (Japanese Automotive Standart Association)  juga memiliki dua huruf tambahan di belakangnya, misalnya MA atau MB. Kode MA digunakan untuk motor kopling basah seperti motor bebek atau sport. Sementara itu, kode MB dikhususkan untuk motor matic atau skuter.

Rekomendasi Merk Oli Motor Terbaik

1. Enduro Matic

Rekomendasi merk oli motor yang pertama adalah Enduro Matic. Oli motor ini memiliki tingkat kekentalan 10W-30 yang tergolong encer. Oli buatan Pertamina ini diklaim dapat dapat memberikan performa maksimal saat temperatur mesin rendah hingga sedang.

Selain itu, oli motor Enduro memiliki teknologi Additive Molybdenum yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada mesin yang bertemperatur dan berkecepatan tinggi. 

2. Yamalube 

Selain memproduksi kendaraan motor, Yamaha juga memiliki produk olinya yang bernama Yamalube. Memang oli motor Yamalube dirancang khusus untuk motor merk Yamaha. Oli Yamalube dirancang untuk membuat perpindahan gigi lebih halus, meminimalkan getaran, serta memaksimalkan performa motor.

3. Shell

Merk Shell juga memproduksi oli mesin yang berkualitas. Oli Shell sering dijadikan pilihan untuk motor jenis apapun, mulai dari bebek, matic injeksi, hingga sport. Oli Shell memiliki tingkat viskositas 10W-40 yang membuat  suara mesin motor lebih halus sejak pertama kali dihidupkan.

4. BM1 PC 1100

merk oli motor terbaik

BM1 PC 1100 adalah oli motor full-sintetik dengan tingkat viskositas 10W-40. Spesifikasi ini cocok digunakan jika motor matic kamu ingin menghasilkan suara mesin yang halus dan minim getaran. 

Hal tersebut bisa dicapai berkat formula PC-AFA (Polar Compound Anti Friction Additive) yang dimilikinya. PC-AFA diklaim dapat meningkatkan tenaga mesin, mengoptimalkan perlindungan mesin, mengurangi suara berisik pada mesin, mesin lebih dingin dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

5. TOP 1

Merk oli motor terbaik berikutnya adalah Top 1. Oli yang cocok untuk digunakan oleh motor matic ini menawarkan performa yang tinggi dengan base oil synthetic yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi motor matic Honda dan motor Yamaha keluaran terbaru.

6. Evalube

Selain Yamalube, oli motor yang dikhususkan untuk motor Yamaha lainnya adalah Evalube. Oli motor ini memiliki kekentalan ganda dengan formulasi bahan minyak mineral berkualitas tinggi. Oli motor Evalube diformulasikan dengan bahan aditif deterjen, antioksidan, anti karat, anti gesek, antibusa, serta mengandung viskositas index yang cukup baik.

7. Repsol

Diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Repsol merupakan oli motor yang terkenal memiliki kualitas dan tingkat kekentalannya yang sangat baik. Oli Repsol cocok untuk mesin dengan jarak tempuh tinggi di iklim panas seperti di Indonesia. Hal ini dikarenakan formulasi cooling tech yang mampu meredam panas mesin kendaraan dengan baik.

8. Motul

Terakhir adalah oli motor Motul. Tidak hanya dikenal secara lokal, merk oli motor yang satu ini juga sudah dikenal secara global. Jadi, soal kualitas, kamu tidak perlu meragukannya lagi. Oli Motul dibuat dengan teknologi modern yang dapat meningkatkan performa berbagai macam jenis motor. 

Itulah delapan merk oli motor terbaik yang terbukti telah menjadi pilihan para pengendara motor di Indonesia, manakah pilihan kamu? Daftar di atas hanyalah rekomendasi dari Igloo, masih ada merk lainnya yang mungkin lebih cocok untuk motor kamu. Agar motor kamu semakin terlindungi dari hal-hal yang tidak terduga, pastikan untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo, ya!

Igloo menyediakan asuransi motor yang dapat kamu miliki dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Motor” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-motor
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Motor Listrik, Asuransi Motor, dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaim, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Motor, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu