tanda kampas rem motor habis

Jangan Diabaikan! Inilah 6 Tanda Kampas Rem Motor Habis!

Table of Contents

Kampas rem motor perlu diperiksa secara berkala dan diganti jika sudah habis atau aus. Tanda kampas rem motor habis akan mengurangi kemampuan pengereman sepeda motor dan pengereman akan kurang pakem atau membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang. 

Dalam sistem pengereman sepeda motor, kampas rem motor adalah salah satu komponen penting. Kampas rem berfungsi untuk memberikan gesekan terhadap cakram atau drum rem, sehingga menghasilkan gaya pengereman yang memperlambat atau menghentikan putaran roda.

Oleh karena itu, kali ini Igloo akan memberikan 6 tanda kampas rem motor sudah habis.

Fungsi Kampas Rem 

Fungsi Kampas RemĀ 

Fungsi kampas rem pada sepeda motor adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Gaya Pengereman

Fungsi utama kampas rem adalah memberikan gesekan terhadap cakram rem (pada sistem cakram) atau drum rem (pada sistem tromol). Ketika kampas rem ditekan melalui pedal rem, mereka akan menekan cakram atau drum rem, menghasilkan gaya gesek yang memperlambat atau menghentikan putaran roda.

Jika pedal rem ditekan secara perlahan maka akan melambat perlahan. Begitu juga jika ditekan secara kencang maka mobil ban mobil akan berhenti lebih cepat atau terasa mendadak. Seiring waktu, gesekan tersebut akan membuat kampas menipis dan harus diganti secara berkala.

2. Meningkatkan Keamanan Berkendara

Kampas rem memiliki peran yang sangat penting dalam keselamatan berkendara. Kampas rem yang masih optimal akan mampu menghasilkan gesekan yang kuat, yang nantinya akan membantu mengurangi kecepatan sepeda motor, memperlambat atau menghentikannya sesuai dengan keinginan pengendara. 

Ini memungkinkan pengendara untuk mengontrol motor dengan lebih baik dan menghindari kecelakaan. Selain itu, kampas rem juga bisa membantu kendaraan untuk melewati jalur yang sulit dilewati.

Seperti contoh, ketika kamu menghadapi tanjakan atau turunan yang tajam. Disinilah kampas rem mengambil peran dengan menahan laju kendaraan ketika turunan tajam atau ketika tengah di jalanan yang banyak sekali kendaraanya.

Baca Juga: Perbedaan Motor Kredit dan Cash, Nampak dari Platnya!

Tanda Kampas Rem Motor Habis

Tanda Kampas Rem Motor Habis

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kampas rem motor kamu sudah habis atau mendekati habis. Beberapa tanda tersebut antara lain:

1. Bunyi Berdecit 

Jika kamu mendengar bunyi berdecit saat mengerem, itu bisa menjadi tanda bahwa kampas rem motor sudah habis atau sudah menipis. Bunyi tersebut disebabkan oleh gesekan langsung antara logam kaliper atau sepatu rem dengan cakram atau drum rem. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini bisa membuat kedua komponen baik rem maupun roda rusak.

2. Pengereman yang Kurang Responsif

Tanda kedua adalah pengereman yang kurang responsif. Tanda ini bisa dirasakan ketika kamu perlu menekan pedal rem lebih kuat dari pada biasanya. Hal ini terjadi karena kondisi rem cakram sudah menipis dan licin membuat cengkraman kurang responsif. 

3. Jarak Pengereman yang Panjang

Selain menekan pedal rem yang lebih kuat, kamu akan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang daripada biasanya untuk menghentikan sepeda motor. Pengereman yang kurang efektif tentu dapat meningkatkan risiko kecelakaan. 

4. Permukaan Cakram Sudah Tidak Mengkilap

Secara visual, kamu dapat melihat langsung keadaan kampas rem melalui jendela di kaliper rem (pada sistem cakram) atau melalui lubang inspeksi pada tromol rem. Jika ketebalan kampas rem terlihat sangat tipis atau permukaan cakram terlihat sudah tidak mengkilap, maka sudah waktunya untuk menggantinya.

5. Ada Getaran Saat Mengerem

Jika kampas rem telah habis, kamu akan merasakan getaran saat pengereman. Getaran ini terjadi karena cakram tidak memiliki permukaan yang rata. Jika kamu sudah merasakan getaran ini, kamu harus segera menggantinya.

6. Merusak Komponen Lain

Jika kampas rem sudah tipis, besar kemungkinan terjadinya pergesekan antara rem dan roda yang sama-sama terbuat dari besi. Jika dibiarkan dalam waktu yang panjang, bisa jadi komponen-komponen sekitarnya mengalami kerusakan. 

Baca Juga: Jangan Dibiarkan! Inilah 4 Penyebab Aki Motor Tekor

Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Biaya untuk mengganti kampas rem pada sepeda motor dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti merek dan model sepeda motor, jenis kampas rem yang digunakan (cakram atau tromol). Biaya ini juga dapat berbeda antara bengkel resmi atau menggantinya sendiri. Berikut adalah perkiraan rentang harga untuk mengganti kampas rem motor:

  • Pasang di Bengkel: Mengganti kampas rem motor di bengkel resmi atau umum bisa dikenai biaya antara Rp30.000.000 hingga Rp100.000 tergantung merek dan jenis sepeda motor. Harga tersebut belum termasuk biaya ongkos pemasangan yang berkisar antara Rp15.000 sampai Rp30.000
  • Pasang Sendiri: Jika kamu merasa bisa untuk pasang kampas rem motor sendiri, biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih murah. Tergantung dari jenis motor dan merknya, kisaran harga kampas rem di toko offline atau online berkisar antara Rp15.000 hingga Rp100.000.

Itu dia 6 tanda kampas rem motor kamu sudah habis atau menipis. Jika kamu mencurigai bahwa kampas rem motor sudah habis atau menipis, sebaiknya segera periksakan keadaan kampas rem ke bengkel atau mekanik yang berpengalaman. Mereka dapat memeriksa dan menggantikan kampas rem jika diperlukan.

Jangan mengabaikan tanda-tanda tersebut, karena pengereman yang tidak optimal dapat mengancam keselamatan kamu saat berkendara. Nah, agar motor kamu semakin terlindungi dari hal-hal yang tidak terduga, pastikan untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo, ya!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu