Ini Peran Teknologi Biometrik dalam Keamanan Kendaraan

Table of Contents

Keamanan kendaraan mempunyai peranan penting pada sebuah mobil, karena tindak kejahatan yang semakin hari semakin meresahkan. Penggunaan pendekatan biometrik pada keamanan kendaraan dan sistem personalized in car adalah contoh tren yang memang sedang berkembang di industri otomotif sekarang ini.

Sehingga kedepannya keamanan dengan teknologi biometrik pada mobil dan mobil yang bisa mengerti kebiasaan pengguna akan sangat dibutuhkan. Karena tuntutan pengguna mobil terhadap keamanan semakin meningkat.

Nah pada kesempatan kali ini Igloo akan membahas terkait biometrik mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan perannya dalam keamanan kendaraan di masa sekarang dan masa depan.

Pengertian dan Fungsi Teknologi Biometrik

Sistem biometrik merupakan sebuah metode verifikasi identitas yang melalui ciri fisik dan perilaku pengguna. Bisa berupa sidik jari, iris mata, suara dan pengenalan wajah. Teknologi ini akan menyimpan informasi tersebut untuk verifikasi identitas user agar bisa mengakses akun.

Jika kamu bandingkan dengan metode autentifikasi manual, biometrik menyajikan tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi karena tentu saja tidak mudah untuk meniru ciri-ciri biologis seorang pengguna.

Secara umum, teknologi biometrik telah terintegrasi dalam kehidupan manusia sekarang. Misalnya pada smartphone, kartu kredit dan juga keamanan kendaraan. Dengan adanya verifikasi biometrik maka akan mempersulit pelaku cyber crime yang ingin meniru atau mengakses data tanpa izin.

Nah berikut ini beberapa fungsi penggunaan teknologi biometrik yang akan kamu rasakan:

  1. Keamanan tingkat tinggi

Hal ini karena ciri-ciri biologis tidak mudah untuk ditiru. Terutama sidik jari, iris mata, suara dan sebagainya. Sehingga akan menurunkan risiko akses dari orang lain tanpa izin.

  1. Memudahkan penggunaan

Selain alasan keamanan, adanya teknologi biometrik akan memudahkan penggunaan. Karena autentikasi biometrik akan meminimalisir kebutuhanmu untuk menghafal PIN atau password yang rumit.

  1. Mencegah penipuan

Biometrik berfungsi untuk mencegah penipuan karena menggunakan karakteristik yang kecil kemungkinan untuk ditiru. Dan biometrik memberikan perlindungan yang kuat sehingga penipuan atau pencurian identitas dapat dicegah.

  1. Memberikan pengalaman personalisasi user experience

Adanya sistem biometrik yang mengenali user akan memungkinkan kamu untuk memiliki personalisasi pengaturan dan layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

  1. Tercapai efisiensi operasional

Jika biometrik digunakan dalam organisasi dan bisnis maka dapat meningkatkan efisiensi operasional sehingga proses verifikasi dalam berlangsung lebih cepat dan mengurangi antrian yang tidak perlu.

Macam-Macam Teknologi Biometrik

Nah dari berbagai sumber yang telah dikumpulkan Igloo, berikut ini berbagai macam teknologi biometrik yang berkembang di era sekarang.

  1. Deteksi wajah
  2. Pengenalan sidik jari
  3. Pengenalan iris ataupun retina mata user
  4. Deteksi suara
  5. Dapat deteksi pola vena pembuluh darah user yang unik. Biasanya pada tangan atau jari milik user.
  6. Pengenalan biometrik perilaku user

Teknologi Biometrik dalam Keamanan Kendaraan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, teknologi biometrik mudah kamu temukan pada sektor industri hospitality, berbagai layanan perbankan, layanan keuangan, kesehatan, keamanan perangkat dan keamanan kendaraan.

Secara umum, cara kerja teknologi biometrik akan melalui proses pendaftaran atau pendataan ciri-ciri biometrik yang kemudian disimpan dalam database yang aman. Jika kamu ingin mengakses sistem maka kamu akan melewati proses scan ulang dan perbandingan dengan ciri biometrik yang tersimpan. Kemudian lanjut pada proses verifikasi dan pengambilan keputusan. Apakah diizinkan atau ditolak untuk akses.

Nah lalu bagaimana peran teknologi biometrik dalam keamanan kendaraan saat ini? Igloo telah mengumpulkan berbagai informasi dimana pasar global biometrik saat ini untuk sektor otomotif sedang mengalami perkembangan pesat hingga empat tahun mendatang. Hal ini terlihat dari berbagai pabrikan yang berusaha mengintegrasikan teknologi biometrik ke mobil. Variasi metode yang disediakan juga beragam mulai dari pengenalan suara, sidik jari, dan iris mata. Lalu apa sih keuntungan dan kerugian dari setiap metode yang disediakan?

Baca Juga Artikel Lainnya : Sudah Masuk Indonesia, Yuk Kenali Teknologi Cell to Body & Blade Battery Milik BYD

Biometrik Pengenalan Wajah

Keuntungan Biometrik Pengenalan Wajah

  • Sistem di dalam mobil tidak akan terpengaruh dengan lingkungan meskipun berisik.
  • Kamu tidak perlu kontak langsung dengan perangkat.
  • Terdapat pemantauan insiden keamanan terhadap foto yang diambil kamera, tetapi tidak terbukti dengan teknologi sisik jari untuk melacak insiden.

Kerugian Biometrik Pengenalan Wajah

  • Pengenalan wajah akan kurang efektif jika pencahayaan lemah, kamu menggunakan kacamata hitam, rambut panjang atau penutup wajah lainnya.
  • Sistem ini akan kurang efektif dengan ekpresi wajah yang berubah-ubah.
  • Dan sistem akan tidak efektif apabila resolusi pengambilan gambar rendah.

Biometrik Sidik Jari

Keuntungan Biometrik Sidik Jari

  • Pola sidik jari akan sama dari waktu ke waktu.
  • Kamu tidak perlu mengingat seperti password yang harus kamu hafalkan.
  • Akurasi tinggi
  • Proses verifikasi cepat

Kerugian dari Biometrik Sidik Jari

  • Sidik jari kurang pribadi, karena rawan sidik jari tertinggal di tempat umum.
  • Sidik jari hanya memindai satu bagian jari user sehingga rentan terhadap kesalahan.

Biometrik Suara

Keuntungan Biometrik Suara

  • Suara merupakan personalisasi diri user.
  • Secara umum orang bisa berbicara dengan cepat dibandingkan dengan mereka mengetik tanpa kesalahan.

Kerugian dari Biometrik Suara

  • Mudah terganggu dengan keadaan sekitar yang berisik.
  • Microphone yang rendah kualitasnya hanya akan baik jika user mendekatkan suara dengan server. Dan begitupun ketika suara jauh bisa kemungkinan sistem akan melakukan kesalahan.

Demikian peran teknologi biometrik dalam keamanan kendaraan yang harus kamu ketahui sebelum nanti melakukan upgrade kendaraan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap melengkapi mobil yang kamu kendarai dengan perlindungan selama berkendara. Salah satunya dengan menggunakan Asuransi Mobil yang disediakan Igloo.

Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan saat di jalan raya, sehingga berkendara akan lebih nyaman dan aman.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu