5 Tren Perjalanan Masa Depan, Utamakan Preferensi Wisatawan

5 Tren Perjalanan Masa Depan, Utamakan Preferensi Wisatawan
Table of Contents

Cara paling tepat untuk memahami tren perjalanan masa depan adalah dengan menggunakan data dan analitik di dalam industri pariwisata. Dari data tersebut kamu bisa mendapatkan informasi terkait preferensi wisatawan, tren pasar, perilaku konsumen dan sebagainya. Sedangkan lewat analitik kamu akan memproses lebih jauh data tersebut dengan melibatkan penggunaan algoritma dan teknik statistika.

Dengan pengolahan data dan proses analitik yang benar nantinya kamu dapat meningkatkan pengalaman wisatawan, kualitas layanan, memperbarui rute wisata, meningkatkan pemasaran wisata, melihat perilaku konsumen, dan sebagainya. Inilah proses adaptasi yang benar dalam dunia pariwisata, sehingga bisnis pariwisata yang kamu jalankan dapat bertahan di tengah gempuran teknologi di masyarakat.

Mengidentifikasi Tren Perjalanan Berdasarkan Teknologi

Di era teknologi yang mengalami kemajuan pesat saat ini, sebuah bisnis pariwisata tidak akan bisa bertahan apabila tidak memahami tren perjalanan masa depan. Dimana melibatkan berbagai platform dan sosial media untuk memasarkan wisata. Nah berikut ini beberapa tren yang akan kamu jumpai melihat dari teknologi yang digunakan:

  1. Check-in lewat ponsel

Ponsel atau smartphone sekarang sudah sangat pesat perkembangannya, kamu bahkan bisa check-in menggunakan smartphone tanpa kesulitan. Hal ini tentu saja akan meningkatkan pengalamanmu dan meningkatkan kesan baik terhadap pelayanan yang kamu berikan. Dan ini adalah salah satu bentuk personalisasi layanan yang tentu saja dapat meningkatkan pengalaman liburan wisatawan menjadi lebih unik dan relevan.

Selain itu pada proses pengumpulan data dan analitik didapatkan bahwasannya sudah lebih dari 53,6% wisatawan yang ingin melakukan proses check-in dan check out secara virtual diterapkan di tahun 2025.

Adanya fitur-fitur lain yang bisa dicek lewat ponsel juga akan lebih memudahkan wisatawan untuk menikmati liburan. Oleh karena itu tren teknologi dan perkembangannya memiliki peran penting untuk meningkatkan pengalaman terbaik bagi wisatawan.

  1. Lebih memudahkan pembayaran tanpa kontak

Adanya permintaan pembayaran yang tanpa melibatkan kontak dengan pihak wisata semakin tahun semakin meningkat. Apalagi pasca-pandemi orang lebih terbiasa untuk menerapkan cashless, wisatawan beranggapan pembayaran tanpa kontak lebih aman dan cepat. Selain itu cashless juga membuat mereka punya banyak pilihan dalam menangani uang. Contoh pembayaran tanpa kontak yang menjadi preferensi wisatawan adalah dengan virtual cards, mobile payments, biometric payment atau blockchain payments.

Baca Juga Artikel Lainnya : Rekomendasi Tempat Berkemah di Alam Bebas Jawa Timur

  1. Integrasi dan pemanfaatan AI

AI merupakan revolusi layanan pelanggan, dengan AI kamu bisa merasakan personalisasi layanan tingkat lanjut bahkan mendapatkan solusi atas permasalahan yang kamu dapatkan. Selain itu dengan AI kamu akan merasakan beberapa kemudahan yang lain diantaranya chatbot dan asisten virtual, update secara real-time, mendapatkan harga yang lebih dinamis, bisa menikmati aplikasi VR dan AR. Kemudian mudah dalam optimasi sumber daya, manajemen krisis akan jauh lebih baik, dan mendapatkan assistive technologies yang solutif.

  1. Integrasi wisata ke narasi visual

Bisnis wisata yang melek teknologi akan tahu bahwa integrasi wisata ke narasi visual sangat diperlukan. Terutama lewat video pendek yang terposting di Instagram dan TikTok. Cara ini bisa menjadi strategi pemasaran kunci di tren perjalanan masa depan yang tidak berbatas wilayah. Artinya seluruh orang di dunia bisa melihat postingan tempat wisata yang viral lewat platform sosial media.

Dan tidak dipungkiri car aini lebih efektif menarik perhatian wisatawan terutama generasi muda yang suka update dunia luar. Oleh karena itu manfaatkan platform TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts dengan benar agar bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Baca Juga Artikel Lainnya : Destinasi Terbaik untuk Diving dan Snorkeling di Jawa Timur

Mengidentifikasi Tren Perjalanan Berdasarkan Permintaan dan Preferensi Wisatawan

Tahukah kamu pengumpulan data dalam industri pariwisata sangat bermanfaat terutama untuk memahami perilaku wisatawan, dapat mengidentifikasi tren dan pola yang membantu mereka mengambil keputusan. Kemudian jika kamu dapat mengolah dan melakukan proses analitik dengan benar maka kepuasan pelanggan pun bisa kamu dapatkan.

Nah berikut ini tren perjalanan masa depan berdasarkan data dan analitik di tahun 2024:

  1. Wisatawan butuh pariwisata yang bertanggung jawab

Banyak diantara wisatawan yang menginginkan wisata secara berkelanjutan, hal ini tentu saja membuat bisnis wisata tidak bisa dikelola secara sembarangan. Hal ini bisa kamu lihat dari data pencarian pariwisata berkelanjutan yang mengalami peningkatan hingga 191% mulai dari 2020 hingga 2023 dan di tahun 2023 ada 69% wisatawan ingin pariwisata berkelanjutan yang ramah lingkungan.

  1. Preferensi ekowisata

Tren perjalanan masa depan yang mencolok adalah wisatawan banyak memilih wisata yang mempunyai sistem berkelanjutan. Bahkan 90% wisatawan Balik lebih tertarik dengan perjalanan ramah lingkungan. Hal ini karena dapat mengurangi penggunaan plastik, lebih pro komunitas lokal, mendukung perlindungan satwa liar dan habitatnya, transportasi berkelanjutan, penginapan ramah lingkungan dan sebagainya.

  1. Wisatawan wellness

Saat ini banyak wisatawan yang menjaga kebiasaan sehat mereka selama berlibur. Artinya mereka akan lebih memilih makanan yang baik, berusaha tetap aktif, memilih menikmati alam tanpa merusak, menyukai produk lokal dan penasaran dengan hal baru di tempat baru.

Industri pariwisata wellness memang sedang viral, bahkan Global Wellness Economy Monitor memperlihatkan bahwa ada pendapatan hingga US$639,4 miliar dari wisata wellness. Sehingga saat ini tempat wisata yang menyediakan layanan tambahan seputar studio yoga, toko makanan sehat, pusat kebugaran, dan sebagainya lebih banyak dicari.

  1. Preferensi vegan food

Wisatawan saat ini banyak melihat tour, perjalanan dan aplikasi perjalanan yang menyediakan vegan food dan berbasis tanaman. Hal ini tentu baik, karena selain kesehatan mental yang diperhatikan wisatawan, mereka juga lebih suka dengan tempat wisata yang memperhatikan kesehatan.

  1. Makanan tradisional yang otentik lebih populer

Seorang wisatawan menghabiskan 25% dari uang mereka untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minum saat berwisata. Dan tren perjalanan 2024 memperlihatkan bahwasannya mereka lebih suka makanan tradisional yang otentik untuk menambah pengalaman selama perjalanan. Hal ini tentu baik untuk pemasukan komunitas lokal dan pemerintah setempat.

Dengan memahami tren perjalanan masa depan lewat permintaan dan preferensi wisatawan tentu bisa membuat bisnis wisata bertahan di era gempuran teknologi. Dan lebih jauh lagi wisata dengan Asuransi Perjalanan yang lengkap bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Dengan asuransi, kamu bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan situasi tidak terduga kedepannya. Dan alangkah lebih baiknya jika melengkapi perjalanan dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu