Wisata Sejarah: Menyusuri Jejak Bersejarah Peradaban Kuno di Indonesia

Menyusuri Jejak Peradaban Kuno di Destinasi Bersejarah
Table of Contents

Indonesia kaya akan kekayaan alam, namun kaya juga dengan sejarah peradaban kunonya. Bahkan jika kamu telusuri jejaknya kamu akan menemukan banyak destinasi bersejarah yang syarat akan makna.

Dari ujung barat ke timur, Indonesia menyimpan berbagak jejak peradaban kuno yang mempesona, sehingga mari kita menyusurinya.

Menyusuri Jejak Peradaban Kuno di Destinasi Bersejarah

Wisata sejarah merupakan sebuah aktivitas dimana kamu sebagai warga negara yang baik belajar kembali dengan menyusuri jejak peradaban kuno di destinasi bersejarah. Perjalanan ini tentu akan sangat bermakna jika kamu mampu mengambil pelajaran disetiap situs yang kamu kunjungi.

Nah Igloo telah merangkum jejak peradaban kuno di destinasi bersejarah yang tersebar di seluruh negeri:

  1. Candi Borobudur

Di Jawa Tengah ada yang namanya Candi Borobudur, ini merupakan situs lokal yang sudah mendunia. Bahakn masuk dalam situs-situs warisan dunia UNESCO. Destinasi ini adalah simbol dari kemegahan peradaban Hindu-Budha yang ada di Indonesia. Telah berdiri sejak abad ke-9 tepatnya oleh Dinasti Syailendra. Situs ini waktu itu menjadi pusat peribadatan dan pusat pembelajaran agama Hindu Mahayana.

  1. Candi Prambanan

Di samping Candi Borobudur, kamu juga akan menemukan Candi Prambanan. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Didirikan di abad ke-9 oleh Raja Mataram Kuno. Jika kamu perhatikan Candi Prambanan mempunuai arsitektur yang memulai, megah dan menunjukkan relief-relief ciri khas Hindu.

  1. Taman Sari

Destinasi ini lebih sering kamu kenal sebagai Istana Air Taman Sari, merupakan kompleks istana kerajaan yang berdiri di abad 18. Pendirinya adalah Sultan Hamengkubuwono I.

Lokasinya ada di dalam kompleks Keraton Jogja, dulu tempat ini berfungsi sebagai tempat istirahat raja dan wisata bagi keluarga raja.

  1. Benteng Kuto Besak

Lokasinya ada di Palembang, Sumatera Selatan. Bukti peradaban kuno ini menjadi sesuatu yang bisa menunjukkan masa kejayaan dari Kerajaan Sriwijaya di abad ke 18. Bahkan benteng ini menjadi pusat pemerintahan dan juga pertahanan Kerajaan Sriwijaya loh.

  1. Kota Tua

Di Jakarta siapa yang tidak tau Kota Tua? Yang mana sering kamu sebut sebagai Batavia. Destinasi ini menjadi saksi bahwasannya masa penjajahan kuno pernah ada. Kamu akan disuguhkan berbagai bangunan klasik bergaya Eropa, museum sejarah Belanda, dan sebagainya.

  1. Candi Mendut

Di dekat Borobudur terdapat Candi Pendut yang merupakan Candi Budha. Candi tersebut berdiri di abad ke-9 dan menjadi situs suci tempat belajar Agama Hindu. Disini kamu juga akan menemukan patung Budha yang terkenal, patung ini berukuran besaar dan terdapat pahatan-pahatan relief yang bisa memberikan gambaran terkait ajaran Budha.

  1. Benteng Vredeburg

Di Jogja kamu akan menemukan Benteng Vredeburg yang menjadi saksi bisa bagaimana perjuangan kemerdekaan Indonesia dahulu. Pembangunan benteng ini diprakarsai oleh pemerintah colonial Belanda di abad ke-18. Dan menjadi pusat perlawanan rakya Jogja terhadap penjajah yang waktu itu belum pergi dari Indonesia.

  1. Museum Kereta Keraton

Masih di Jogja, musem kereta keraton memamerkan koleksi kereta kuno yang ada di peradaban kuno. Tepatnya pada masa-masa raja Mataram. Jika berkunjung kesini kamu akan menyaksikan berbagai kereta perang, kereta pengantin dan sebagainya. Bahkan masyarakat sekitarnya percaya, kereta kuno tersebut membawa keberkahan.

  1. Museum Fatahillah

Di Jakarta selain Kota Tua, kamu akan menemukan Museum Fatahillah. Lokasinya masih sama, dikompleks Kota Tua. Jika berkunjung kamu akan menyaksikan berbagai artefak dan benda peradaban kuno bekas colonial Belanda. Selain itu kamu juga bisa menyusuri ruang-ruang yang memberikan gambaran Jakarta dari masa ke masa.

  1. Benteng Marlhorough

Di Bengkulu terdapat sebuah benteng yang dibangun di abad ke-18 yaitu Benteng Marlborough. Benteng ini dibangun oleh Inggris dan menjadi saksi bisu bagaimana penjajahan Inggris di Indonesia kala itu. Tempat ini masih terawat dengan baik, sehingga bisa kamu kunjungi ketika penelusuran ke Bengkulu.

  1. Gunung Padang

Gunung Padang menyimpan banyak cerita terkait peradaban manusia dan sejarah global. Bahkan situs ini sudah digadang-gadang akan masuk Warisan Dunia UNESCO.

Selain menjadi wisata populer di Indonesia, Gunung Padang menyimpan piramida kuno yang sangat memukai tapi penuh dengan atmosfer mistisnya. Ini adalah situs arkeologi yang paling menarik bahkan sempat kontroversi di Indonesia.

Disana terdapat kompleks Megalitikum terbesar se-Asia Tenggara dengan piramida yang terdiri dari 5 teras menanjak. Diyakini situs ini sudah ada di era antara 5000SM atau bahkan 20.000SM.

Nah di samping struktur teras paling atas, Piramida Padang tetap ada di bawah dan terkubur di dalamnya. Banyak peniliti yang mengatakan piramida tersebut paling tua di dunia. Selain itu terdapat sisa-sisa kompleks berbatu dan beberapa monument yang menjadi keajaiban arkeologi.

Penemuan Gunung Padang sendiri sangat menghebohkan. Situs ini menjadi situs Megalitikum terbesar di Asia Tenggara, situs peninggalan peradaban manusia, dan riset di Gunung Padang mendapat penawaran hingga 12 Triliun.

Menarik bukan? Itulah tadi berbagai warisan budaya yang menjadi wisata sejarah di Indonesia, menyusuri peradaban kuno di destinasi bersejarah dan berbagai peninggalannya yang masih tersisa di Indonesia. Jika kamu tertarik mengunjungi situs-situs di atas maka lakukan beberapa persiapan termasuk siapkan itinerary yang dibutuhkan. Termasuk diantaranya adalah Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Dengan asuransi, kamu bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan situasi tidak terduga kedepannya, apalagi kamu seorang diri. Alangkah lebih baiknya jika melengkapi perjalanan dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Baca Juga : Makanan Street Food Terbaik di Dunia: Merasakan Kuliner Lokal di Tiap Sudut Kota

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu