Jangan Sepelekan, 10 Tips Penting dalam Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

mobil bekas
Table of Contents

Mobil merupakan kendaraan yang nyaman apabila kamu ingin melakukan perjalanan jauh dengan banyak anggota keluarga. Namun harga mobil baru semakin tahun semakin mahal, sehingga kamu mempunyau budget yang terbatas ada baiknya beralih pada mobil bekas yang berkualitas. 

Mobil bekas merupakan sebuah unit kendaraan yang bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau. Depresiasinya 15% hingga 20% dari harga barunya. Hanya saja untuk mendapatkannya tidak mudah, apalagi jika yang kamu cari adalah mobil bekas yang berkualitas.

Bagi kamu yang sedang mencari mobil bekas kamu tidak boleh sembarangan, ada banyak aspek yang harus kamu cek dan lakukan hingga mendapatkan mobil bekas yang kualitasnya bagus. Nah Igloo punya 10 tips penting dalam memilih mobil bekas yang berkualitas yang harus kamu ketahui.

10 Tips Penting dalam Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

Saat membeli mobil bekas kamu harus berhati-hati, karena sangat berbeda dengan mobil baru yang kamu beli di showroom. Ada banyak aspek yang harus kamu perhatikan sebelum akhirnya membeli mobil bekas. Berikut ini ada 10 tips penting dalam memilih mobil bekas yang berkualitas, diantaranya:

  1. Menentukan budget dari awal

Sebelum membeli mobil bekas kamu harus sudah mempunyai budget awal. Jika sudah punya rencana budget kamu bisa menentukan mobil apa yang akan kamu beli. Bila memungkinkan lakukan survey pada unit mobil bekas yang kamu suka secara langsung untuk negosiasi harga. Adanya perencanaan budget sejak awal akan membantu kamu mengontrol pengeluaran agar tidak over budget.

  1. Lakukan survey tempat membeli mobil bekas

Survey unit mobil bekas sangat penting untuk dilakukan, bisa secara online maupun offline. Namun alangkah baiknya jika survey kamu lakukan secara offline yaitu dengan cara datang langsung ke lokasi unit tersebut berada. Agar terhindar dari penipuan kondisi mobil bekas yang sekarang ini marak terjadi.

  1. Cek kelengkapan dokumen mobil bekas

Jangan lupa lakukan pengecekan kelengkapan dokumen mobil bekas yang kamu survey. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan kerugian di kemudian hari. Seperti pemeriksaan pembayaran pajak dan BPKB mobil, sesuaikan semua data pada dokumen-dokumen tersebut dengan kendaraan atau unitnya.

  1. Cek fisik mobil dan garansinya

Selanjutnya, lakukan pengecekan fisik dari mobil bekas. Ada banyak komponen yang harus kamu cek mulai dari keaslian dan kondisi mesinnya, velg, ban, usia mobil, kilometer tempuh, dan sebagainya. Hindari memilih mobil yang komponen sparepart tidak asli atau sudah aus karena mobil seperti ini pasti membutuhkan banyak perbaikan setelahnya. Selain itu, kilometer yang terlalu besar menandakan bahwa mobil tersebut masuk dalam kategori capek sehingga sudah pasti performanya tidak bisa optimal.

Jika kamu sebagai tangan pertama dan kondisi mobil adalah tahun baru, maka sebaiknya cek garansi resmi servisnya. Mobil bekas dengan garansi servis yang masih ada tentu mempunyai kelebihan tersendiri.

  1. Cek interior dan eksterior mobil

Pengecekan bagian interior dan eksterior mobil juga sangat penting untuk dilakukan. Termasuk diantaranya pengecekan headunit, lampu, pergerakan steering wheel, perpindahan transmisi dan sebagainya. Pastikan kondisinya masih bagus dan berfungsi optimal. Karena jika tidak, akan memerlukan biaya yang besar untuk perbaikannya.

Selain interior, kamu juga wajib cek eksterior mobil. Eksterior mobil meliputi body mobil, mesin mobil, aki dan berbagai pelumas yang dibutuhkan mobil. Dari kondisi eksterior kamu juga harus mengenali jika ada indikasi unit mobil bekas bekas kecelakaan.

Kamudian lanjutkan ke pengecekan suspensi, ketebalan ban mobil, kampas rem mobil dan keseluruhan bagian rem yang ada pada mobil. Jika kondisinya parah sebaiknya kamu pertimbangkan kembali untuk membeli unit tersebut. 

  1. Lihat catatan servis mobil

Lihatlah catatan servis mobil untuk mengetahui apakah mobil bekas tersebut mendapatkan perawatan secara berkala. Dengan deteksi lebih awak kamu akan meminimasir risiko perbaikan saat servis kedepannya.

  1. Cari mobil yang bebas banjir

Mobil bekas bekas banjir sudah bisa dipastikan bahwa akan ada penurunan performa. Jika kamu membelinya maka akan banyak perbaikan yang harus kamu lakukan dan pasti menghabiskan biaya dengan nominal yang tidak murah. Oleh karena itu sebaiknya dari awal pastikan mobil bekas yang kamu beli tersebut bukan bekas banjir untuk meminimalisir risiko kedepannya.

  1. Teliti lagi jika mendapat harga miring

Ada baiknya kamu jangan tergiur dengan tawaran harga miring untuk mobil impianmu. Karena harga miring bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut adalah unit bekas banjir atau mobil bekas kecelakaan yang cukup parah. Sehingga teliti lagi sebelum membeli agar kamu bisa mendapatkan mobil yang berkualitas.

  1. Coba dengan test drive

Cobalah untuk melakukan test drive, agar kamu tahu performa mobil sebelum membeli dan agar kamu tidak tertipu. Saat test drive, rasakan bagaimana fungsi dari steering mobil, kondisi transmisi, persneling, cek rpm mobil dan sebagainya.

Selain itu dengarkan bunyi mesin secara saksama, pastikan bunyinya “renyah” di telinga kamu. Dan saat mengerem perhatikan kondisi kelistrikannya.

  1. Cek mobil dengan ditemani ahli mekanik

Agar tidak ragu-ragu dalam memutuskan kamu bisa menggunakan jasa ahli mekanik untuk menilai kondisi mobil. Mintalah pendapatnya terkait mobil bekas yang disurvey. Bandingkan kondisi mobil dengan penawaran harga yang diberikan

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Kenali Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil yang Tepat saat Mudik Lebaran

Itulah tadi 10 tips penting dalam memilih mobil bekas yang berkualitas. Jangan ragu untuk bertanya pada ahli mekanik agar kamu tidak tertipu dengan kondisi luar mobil yang bagus. Jika nanti kamu sudah mendapatkan mobil bekas yang berkualitas, jangan lupa membawanya ke bengkel untuk pengecekan kondisi mobil secara keseluruhan. Bila perlu lengkapi mobil bekasmu dengan Asuransi mobil dari Igloo untuk mendapatkan berbagai jaminan perlindungan yang dibutuhkan.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu akan lebih percaya diri saat mengendarai mobil untuk perjalanan jauh. Karena sudah pasti aman dan nyaman untuk semua anggota keluargamu.

Di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat e-wallet, QRIS, dan virtual accounts lainnya.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu