Skip to content

Wisata Kuliner di Destinasi Terkenal Indonesia, Halal!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah, tak heran dari rempah-rempahan yang tumbuh besar di Indonesia hadir berbagai kuliner lokal yang khas dan menggugah selera. Berbeda daerah berbeda pula aroma dan rasa lokal yang menjadi ciri khas.

Nah kali ini Igloo akan membahas wisata kuliner di destinasi terkenal, terutama di Medan dan Makassar. Dua kota besar di Indonesia ini selain mempunyai keindahan alam yang memanjakan mata, mereka juga punya kekayaan aroma dan rasa lokal khas Indonesia. Mulai dari hidangan laut Indonesia hingga beragam makanan tradisional yang kaya rempah. Yuk menjelajahi aroma dan rasa lokal bersama Igloo.

Wisata Kuliner di Destinasi Terkenal: Menjelajahi Aroma dan Rasa Lokal

Saat liburan selain fokus pada wisata yang kamu datangi biasanya kamu akan mencari rekomendasi wisata kuliner di destinasi terkenal tersebut. Nah pada kesempatan ini Igloo akan mengenalkan beragam kuliner khas yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Medan maupun Makassar.

  1. Coto Makassar

Pertama coto Makassar, hidangan khas Makassar ini telah menjadi ikon kota tersebut dan terkenal di Indonesia. Sajiannya terdiri dari potongan-potongan daging sapi yang sudah dimasak bersama kuah kental. Racikan kuahnya terdiri dari berbagai rempah-rempahan, bahkan untuk menghadirkan rasa yang otentik proses memasaknya membutuhkan waktu yang lama hingga daging empuk dan bumbunya meresap secara sempurna.

Biasanya saat penyajian coto Makassar akan diberi taburan bawang goreng, kemudian daun bawang hingga kerupuk. Dan jangan lupa ada sambal yang pedas ditambah gurihnya kuah yang menggugah selera.

  1. Konro Bakar

Konro bakar merupakan menu khas dari Makassar yang harus kamu coba. Masih seputar olahan daging sapi namun bagian iga. Yang mana dipanggang dengan saus khas Makassar yang terbuat dari bumbu rempah yang melimpah.

Setelah dibakar sampai empuk dan kecoklatan, konro bakar akan disajikan lagi dengan saus khas Makassar. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih ataupun nasi jagung. Selain itu bisa kamu tambahkan irisan bawang goreng sebagai garnish.

Untuk rasa akan sangat otentik karena bercampur dari mulai rasa gurih, manis dan pedas. Inilah yang membuat banyak wisatawan selalu nagih untuk kembali ke Makassar.

  1. Pallubasa

Selanjutnya ada pallubasa yang merupakan sup daging sapi dan jeroannya yang dimasak menggunakan rempah-rempah yang berlimpah. Untuk proses pemasakannya membutuhkan waktu yang lama, tujuannya untuk memastikan bahwa bumbunya meresap sempurna. Untuk kuahnya berwarna kuning dan kental, bisa kamu makan dengan nasi putih dan bawang goreng.

  1. Mie Kering

Kalau ke Makassar jangan lupa mencoba mie kering yang dipanggang sehingga teksturnya lebih renyah dan berbeda dengan mi biasa yang kamu makan. Bisa kamu santap dengan kuah panas dengan topping ayam, udang, bakso dan juga sawi.

Baca Juga Artikel Lainnya : 6 Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga di Bandung yang Paling Hits

  1. Pisang Epe

Ini adalah jajanan khas Makassar yang melegenda. Terbuat dari pisang yang dipipihkan, lalu dipanggang dengan arang. Saat matang teksturnya akan lembut dan biasanya saat menghidangkan akan disajikan bersamaan dengan saus gula merah.

  1. Kampung Kuliner Medan

Lanjut di kota Medan, pertama kamu bisa berwisata ke kampung kuliner Medan. Disana kamu akan menemukan hidangan tradisional Medan. Diantaranya mie ayam, nasi goreng, sate padang dan sebagainya. Semuanya bisa kamu nikmati dalam suasana yang nyaman dan tempat yang bersih.

  1. Soto Medan Bang Haji

Jika Makassar punya Coto Makassar, maka Meda ada soto Medan bang aji. Soto ini menggunakan daging sapi yang empuk ditambah kuah berempah.

  1. Mie Aceh Titi Bobrok

Berikutnya ada hidangan terkenal yang disebut mie Aceh titi bobrok. Cita rasa masakan ini pedas dan lezat dengan topping irisan daging dan kerupuk khas dari Aceh.

  1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi goreng kambing satu ini mempunyai cita rasa rempah Medan yang sangat khas. Kamu bisa menikmatinya dengan daging kambing yang sudah dimasak hingga empuk dan rempahnya meresap ke dalam.

  1.  Sate Padang Mak Syukur

Karena sedang di Medan jangan lupa untuk mencoba sate padang mak Syukur, sensasi satenya empuk dengan bumbu kacang yang khas dari Padang. Kuliner satu ini tentu harus masuk ke wishlist kuliner yang patut kamu coba langsung di Medan.

Baca Juga Artikel Lainnya : Petualangan Outdoor: Mendaki Gunung Tertinggi atau Meresapi Keindahan Lautan

Itulah wisata kuliner di destinasi terkenal Indonesia, dengan menjelajahi aroma dan rasa lokal kamu akan tahu bahwasanya Indonesia punya hidangan yang menggugah selera. Nah nanti agar perjalanan berburu kuliner semakin nyaman dan aman kamu bisa melengkapi diri dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Kamu bisa mendapatkan asuransi tersebut di Igloo dengan pilihan Asuransi Perjalanan domestik dan internasional. Dengan asuransi yang sesuai kamu jadi tidak perlu khawatir dan bisa melakukan exploring hidden gems dengan lebih nyaman dan aman.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, virtual accounts, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.