Intip 5 Tips Solo Travelling, Pemula & Wanita Wajib Tahu!

tips solo travelling untuk pemula
Table of Contents

Melakukan perjalanan ke destinasi tertentu bisa menjadi salah satu cara menjaga kewarasan di tengah kesibukan. Kamu bisa meluangkan beberapa hari untuk menikmati kehidupan lain, yaitu dengan melakukan solo travelling. Ini mungkin adalah pengalaman pertama yang tidak boleh terlupakan.

Agar perjalanan kamu meninggalkan pengalaman dan kesan yang membekas, siapkan segalanya dengan baik, termasuk mencari tips solo travelling dari berbagai sumber, mulai dari orang sekitar, hingga referensi dari internet.

Kali ini, Igloo akan memberikan kamu tips sekaligus manfaat yang bisa didapatkan dari solo travelling. Sudah siap? Simak selengkapnya di artikel ini ya!

Trip Solo Travelling untuk Pemula

tips solo travelling
Sumber Foto: Getty Images via Unsplash

Travelling tidak harus menunggu teman-teman punya waktu untuk pergi bersama. Kamu bisa mencoba solo travelling dengan memilih destinasi yang sangat ingin dikunjungi. Apabila ini adalah kali pertama, kamu bisa melakukan trip dengan berbekal tips solo travelling untuk pemula:

1. Lakukan Riset untuk Mengumpulkan Informasi yang Diperlukan

Salah satu tips solo travelling yang cocok bagi pemula adalah melakukan riset agar bisa mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang diperlukan. Melalui riset tersebut, kamu bisa memilih destinasi, transportasi, hingga kisaran biaya travelling.

Riset inilah yang akan membantu kamu mendapatkan solusi dan pilihan terbaik saat mempersiapkan diri untuk pergi solo travelling. Kamu bisa mengandalkan internet dan meminta pendapat serta rekomendasi dari orang-orang terdekat yang pernah melakukan travelling ke destinasi tujuanmu.

Dalam melakukan riset, kamu juga bisa mengumpulkan informasi seputar tips foto saat solo travelling. Foto adalah bukti akan momen yang kamu lalui selama travelling, sehingga perlu diambil dengan tepat, dari sudut yang tepat dan dengan angle yang pas.

2. Buat Anggaran Perjalanan di Awal

Salah satu tips solo travelling yang cocok bagi pemula adalah membuat anggaran jika sudah menentukan destinasi yang tepat. Menghitung anggaran sangatlah penting agar kamu tetap bisa menikmati momen travelling tanpa cemas akan kekurangan uang.

Jadi, mulailah untuk menghitung biaya yang diperlukan, termasuk biaya transportasi, penginapan, tiket masuk destinasi, makan, asuransi perjalanan, dan lainnya.

3. Beritahu Orang Terdekat Perihal Rencana Travelling

Jika kamu adalah wanita yang akan melakukan solo travelling, kamu harus lebih berhati-hati dalam merencanakan solo travelling. Selain memilih destinasi dan segala hal yang pasti aman untuk wanita, kamu juga harus memberitahu orang terdekat perihal rencana kepergianmu untuk solo travelling.

Travelling bisa menjadi cara untuk melepaskan kepenatan dan stres. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat orang-orang terdekat merasa cemas. Oleh sebab itu, pastikan orang tua, pasangan, atau sahabat tahu akan rencana kamu.

Selama perjalanan, tetap berkabar dengan mereka agar komunikasi tetap terjaga. Ini akan membuat orang terdekat merasa tenang, terlebih jika ini adalah pengalaman pertama kamu pergi solo travelling.

4. Berbaur dengan Orang Ramai

Untuk wanita yang ingin melakukan perjalanan sendirian, sebaiknya lakukan tips solo travelling satu ini. Pergi solo travelling bukan berarti kamu akan sendirian selama di perjalanan maupun saat berada di destinasi.

Pastikan kamu berbaur dengan orang sekitar dan hindari tempat-tempat yang berisiko, misalnya jalanan sepi atau jalan pintas.

Meski tidak mengenal orang sekitar, namun kamu tidak boleh tampak sedang pergi sendirian. Agar bisa memantau situasi sekitar dengan mudah, kamu bisa memilih tempat duduk dekat jendela, baik saat menggunakan transportasi maupun saat berada di restoran.

5. Bawa Barang Seperlunya

Travelling adalah momen yang harus kamu nikmati, mulai dari berangkat hingga kembali pulang. Oleh karena itu, sebaiknya bawa barang-barang seperlunya saja.

Hal ini memungkinkan kamu merasa nyaman dan tidak repot akan barang bawaaan. Dengan begitu, kamu bisa menikmati setiap momen tanpa terlewatkan, terlebih saat memilih untuk travelling ke luar negeri.

Manfaat Solo Travelling

Melakukan perjalanan sendirian adalah tantangan sekaligus peluang untuk melihat dunia luar dengan lebih jelas. Bahkan, kamu mempunyai kesempatan untuk merasakan berbagai manfaat, di antaranya adalah:

1. Melatih Diri agar Menjadi Lebih Bertanggung Jawab dan Mandiri

Dengan berbekal tips yang sudah didapatkan, kamu bisa melakukan solo travelling. Perjalanan seorang diri tanpa mengajak kerabat akan memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah kesempatan untuk bisa melatih diri agar menjadi lebih bertanggung jawab dan mandiri.

Solo travelling kamu pergi sendirian, tanpa pendampingan dari keluarga atau sahabat terdekat. Ini tentu menjadi momen agar kamu mandiri karena tidak bisa bergantung kepada siapapun.

Kebutuhan selama perjalanan menjadi tanggung jawab sendiri. Dengan begitu, kamu akan lebih siap untuk melakukan segalanya sendiri, termasuk mengambil kesimpulan dan menerima segala yang terjadi selama travelling.

2. Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatur Keuangan

Manfaat solo travelling lain yang bisa dirasakan adalah adanya peluang untuk meningkatkan kemampuan dalam mengatur keuangan. Jika biasanya kamu pergi bersama orang-orang terdekat, mungkin kamu tidak begitu peduli terhadap pengeluaran selama travelling karena ada orang yang ditentukan untuk mengelola keuangan.

Namun, saat pergi sendiri, kamu hanya bisa  mengandalkan diri sendiri, termasuk dalam mengatur keuangan untuk keperluan selama travelling sendirian.

Ini tentu bisa menjadi pengalaman sekaligus guru. Jadi, untuk travelling selanjutnya, kamu sudah tahu bagaimana caranya mengatur keuangan termasuk menentukan budget serta memilih setiap kebutuhan dengan lebih bijak.

Misalnya, mencari tiket perjalanan dan sewa hotel yang terjangkau agar tidak melebihi budget. Ini kemudian bisa menjadi kebiasaan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kamu akan lebih terarah dalam hal keuangan.

3. Mendapatkan Inspirasi

Saat mulai merasa penat dengan kehidupan berulang yang dilakukan setiap hari, kamu bisa pergi sejenak meninggalkan kehidupan tersebut. Misalnya dengan pergi melakukan solo travelling. Ada banyak destinasi solo travelling untuk wanita yang bisa kamu pilih.

Dengan memilih destinasi yang tepat, kamu bisa merasakan bahwa travelling sendirian akan memberikan banyak manfaat, termasuk mendapatkan inspirasi. Berada di tempat baru memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dan mengenal orang-orang baru. Di sana, kamu bisa melihat dan melakukan apa yang mungkin tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat kamu mendapatkan inspirasi, sehingga memiliki pemikiran yang lebih fresh dan pandangan yang lebih luas terhadap kehidupan.

Berbekal tips solo travelling, kamu bisa merencanakan perjalanan ke destinasi yang kamu impian. Akan tetapi, sebaiknya lengkapi perjalananmu dengan membeli Asuransi Perjalanan dari Igloo. Asuransi perjalanan menawarkan banyak manfaat yang akan membuat perjalanamu lebih aman dan nyaman.

Membeli Asuransi Perjalanan di Igloo tergolong mudah, cukup dengan beberapa langkah mudah berikut:

  • Buka website Igloo dan pilih “Asuransi Perjalanan
  • Tentukan perjalananmu dan pilih asuransi yang sesuai, apakah Asuransi Perjalanan Domestik atau Asuransi Perjalanan Internasional.
  • Lanjutkan dengan klik “Cari di Sini” di pilihan asuransi perjalanan yang kamu tentukan tadi.
  • Isi detail informasi seputar perjalanan kamu dan lanjutkan dengan klik “Cari Produk”.
  • Setelah menemukan produk yang dirasa tepat dan sesuai kebutuhan proteksi yang diharapkan, segera lakukan pembayaran premi asuransi melalui metode pembayaran yang mudah.
  • Polis asuransi akan diterbitkan setelah pembayaran diterima, itu artinya kamu bisa segera mendapatkan manfaat asuransi perjalanan yang dipilih.

Momen solo travelling kamu menjadi lebih lengkap berkat Asuransi Perjalanan dengan segudang manfaatnya. Apabila perlu asuransi lainnya, kamu juga bisa membeli Asuransi Motor, Asuransi Mobil, atau Asuransi Hewan Peliharaan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu