Skip to content

10 Destinasi Wisata Sumatera Barat, Wajib Dikunjungi!

destinasi wisata sumatera barat

Dengan pesona alam yang luar biasa dan kekayaan budaya yang unik, destinasi wisata sumatera barat menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Mulai dari keindahan lembah dan ngarai yang memukau sampai pantai-pantai yang eksotis, setiap sudut daerah ini menyimpan daya tarik tersendiri.

Untuk kamu yang ingin menjelajahi lebih dari sekedar keindahan alam, Sumatera Barat juga menawarkan wisata budaya dan sejarah yang penuh makna. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi tempat wisata di sumbar yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur.

Destinasi Wisata Sumatera Barat

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Sumbar. Berikut ini sudah kami rangkum beberapa tempat wisata sumbar yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi ketika datang ke Sumatera Barat:

1. Jam Gadang

destinasi wisata sumatera barat

Jam Gadang adalah ikon wisata paling terkenal di Bukittinggi. Menara jam ini sudah berusia lebih dari 90 tahun dan tetap mempertahankan bentuk aslinya. Dikelilingi oleh taman yang indah, Jam Gadang merupakan spot foto favorit wisatawan.

Menurut sejarah, jam ini dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek lokal bernama Yazin dan Sutan Gigi Ameh.

Lokasi: Taman Sabai Nan Aluih, pusat kota Bukittinggi

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp 10.000

2. Istano Basa Pagaruyung

Rekomendasi destinasi wisata Sumatera Barat berikutnya adalah Istano Basa Pagaruyung. Istana ini dulunya merupakan pusat Kerajaan Pagaruyung ini sekarang menjadi objek wisata sejarah di Tanah Datar.

Meskipun bangunan aslinya sudah terbakar, replika istana ini tetap menarik dengan arsitektur Minang yang khas.

Lokasi: Tanah Datar, Sumatera Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp 15.000 – Rp 25.000

3. Danau Singkarak

Jika kamu sedang mencari wisata alam Sumatera Barat, maka wajib datang ke tempat ini. Danau Singkarak adalah danau terbesar di Sumatera Barat dan menjadi habitat ikan bilih yang hanya bisa ditemukan di sini.

Kamu dapat menikmati keindahan danau sambil berperahu atau sekadar bersantai di pinggirnya.

Lokasi: Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Rp 10.000 

4. Jembatan Akar Bayang

Rekomendasi destinasi wisata Sumatera Barat yang berikutnya adalah Jembatan Akar Bayang. Jembatan ini terbuat dari akar pohon beringin yang saling melilit dan menghubungkan dua desa.

Jembatan unik ini juga berada di atas aliran sungai yang jernih, tempat anak-anak sering bermain dan berenang.

Lokasi: Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp 5.000

5. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan salah satu destinasi wisata Sumatera Barat 2024 yang wajib untuk dikunjungi. Taman ini merupakan kawasan pelestarian alam yang menampung berbagai flora dan fauna. Salah satu atraksi utama di sini adalah Air Terjun Lumpo, dengan suasana alam yang masih asri dan tantangan trekking yang memikat.

Lokasi: Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 07.30 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp 50.000

6. Kota Sawahlunto

Salah satu tempat yang menarik di sini adalah Danau Biru, bekas tambang batu bara dengan air yang berwarna biru pekat, cocok sebagai latar foto.

Selain itu, Puncak Cemara City View dan Puncak Polan adalah tempat sempurna untuk menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Untuk yang suka petualangan, paralayang bisa menjadi aktivitas seru di sini.

Lokasi: Sawahlunto, Sumatera Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket: Rp 15.000 – Rp 20.000

7. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana terkenal akan pemandangan laut yang menakjubkan, terutama saat senja, cocok untuk kamu yang sedang mencari destinasi wisata alam Sumatera Barat.

Kapal-kapal yang berlabuh dan berlayar di pelabuhan terlihat indah, terutama saat lampu-lampu mulai menyala di malam hari. Pantai ini juga menjadi tempat favorit untuk menikmati angin di tepi pantai.

Lokasi: Padang, Sumatera Barat

Operasional: 06.00 – 18.00 WIB (Setiap hari)

Harga Tiket: Rp 20.000

8. Angsa Duo

Pulau Angso Duo adalah destinasi wisata populer yang terletak di lepas pantai Pariaman. Perjalanan menuju pulau ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan perahu. Pulau ini menawarkan banyak aktivitas menarik, seperti snorkeling, berenang, atau hanya bermain di pasir sambil menikmati pemandangan nelayan yang sibuk di sekitar pantai.

Lokasi: Pariaman, Sumatera Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket: Rp 20.000 – Rp 50.000 (tiket perahu)

9. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok sering disebut sebagai “Grand Canyon-nya Bukittinggi” karena panorama alamnya yang luar biasa. Kamu bisa menikmati pemandangan ngarai dari atas di Taman Panorama, atau bermain air di sungai yang mengalir di dasar ngarai.

Sinoak menjadi salah satu destinasi tempat wisata Sumbar 2024 terbaik bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Bukittinggi, Sumatera Barat

Operasional: 08.00 – 17.00 WIB (Setiap hari)

Harga Tiket: Rp 10.000 – Rp 15.000

10. Pulau Mentawai

Pulau Mentawai adalah surga tersembunyi bagi para pecinta pantai dan penggemar olahraga surfing. Terdiri dari beberapa pulau kecil, kawasan ini menawarkan pantai yang masih alami dan spot selancar bertaraf internasional.

Meskipun belum terlalu populer di kalangan wisatawan domestik, Pulau Mentawai menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara, terutama untuk berselancar.

Lokasi: Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Bervariasi sesuai transportasi menuju pulau

Tips jalan-jalan ke Sumatera Barat

Supaya perjalanan liburan kamu ke Sumatera Barat berjalan dengan aman dan nyaman, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Berikut sudah kami rangkum beberapa tips jalan-jalan ke Sumatera Barat yang harus kamu ketahui:

1. Beli Asuransi Perjalanan

Hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum berlibur, apalagi ke tempat yang jauh seperti Sumatera Barat, adalah asuransi perjalanan. Asuransi ini sangat penting namun seringkali dilupakan oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa alasan kenapa asuransi perjalanan ini penting:

  • Perlindungan Medis: Saat liburan, hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit bisa saja terjadi. Dengan memiliki asuransi, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya pengobatan yang mahal karena sudah ditanggung oleh asuransi.
  • Ketidaknyamanan: Pihak asuransi juga akan melindungi kamu dari berbagai ketidaknyamanan. Contohnya, perlindungan atas kerusakan atau kehilangan bagasi, uang, dan dokumen perjalanan yang mungkin hilang atau rusak selama perjalanan.
  • Bantuan Darurat: Di mana pun kamu berada, asuransi akan memberikan bantuan darurat, seperti evakuasi medis, hotline 24 jam, dan bahkan pemulangan jenazah jika diperlukan.
  • Kecelakaan: Jika terjadi kecelakaan, asuransi akan memberikan santunan kecelakaan diri, cacat permanen, santunan tunai, dan bahkan biaya untuk perjalanan kunjungan kematian.

Dengan banyaknya manfaat tersebut, memilih asuransi perjalanan yang tepat sangatlah penting. Salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan adalah Asuransi Perjalanan di Igloo, yang menawarkan perlindungan lengkap untuk segala kebutuhan perjalananmu. 

Dengan layanan yang mudah diakses dan perlindungan yang luas, kamu bisa berlibur dengan lebih tenang, karena tahu bahwa kamu sudah terlindungi dari berbagai risiko tak terduga.

2. Rencanakan Itinerary dengan Baik

Sumatera Barat memiliki banyak tempat wisata menarik, tetapi lokasi antar-destinasi biasanya berjauhan. Susun itinerary yang efektif, dengan memprioritaskan tempat-tempat terdekat dari penginapan. Hal ini membantu menghemat waktu dan tenaga, serta menghindari bolak-balik yang tidak perlu.

3. Hindari Liburan di Hari-Hari Sibuk

Seperti halnya tempat wisata populer lainnya, Sumatera Barat akan dipenuhi wisatawan saat musim liburan. Jalan-jalan ramai, penginapan penuh, dan tempat wisata padat bisa membuat pengalamanmu kurang nyaman. Lebih baik datang saat hari-hari kerja untuk menikmati suasana yang lebih tenang dan leluasa.

4. Gunakan Sunblock

Matahari di Sumatera Barat bisa cukup terik, terutama saat siang hari. Meskipun ada banyak pepohonan yang rimbun di bukit-bukit, perlindungan ekstra diperlukan untuk kulit. Gunakan sunblock atau tabir surya agar kulitmu terlindungi dari paparan sinar matahari.

5. Sesuaikan Pakaian dengan Lingkungan Lokal

Sumatera Barat dikenal dengan masyarakatnya yang religius. Sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya lokal, terutama di kota seperti Bukittinggi, sebaiknya pilih pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka saat berkunjung ke tempat-tempat umum.

6. Belanja di Hari Pasar

Salah satu cara menarik untuk merasakan kehidupan lokal di Sumbar adalah dengan mengunjungi pasar tradisional pada hari pasar. Setiap kampung atau kota biasanya memiliki hari pasar tertentu. Misalnya, di Kota Solok hari pasar jatuh pada Senin dan Rabu, sedangkan di Bukittinggi dan Sawahlunto pada Rabu dan Sabtu.

7. Coba Tawar dengan Bahasa Minang

Penduduk Sumbar umumnya ramah, terutama jika kamu mencoba berbicara menggunakan bahasa Minang saat berbelanja. Walaupun terdengar tegas, cara ini bisa membantu mendapatkan harga yang lebih murah, bahkan kamu mungkin mendapatkan bonus dari penjual.

Liburan ke Sumatera Barat Aman dan Nyaman

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi destinasi wisata baru di Sumatera Barat. Tempat-tempat ini tidak hanya menawarkan panorama alam yang menakjubkan, tetapi juga pengalaman wisata yang kaya akan budaya dan sejarah. Dari lembah hijau yang sejuk hingga bangunan bersejarah yang megah.

Agar perjalanan kamu semakin aman dan nyaman, penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk perlindungan perjalanan. Salah satu langkah penting yang sering dilupakan adalah memiliki asuransi perjalanan. 

Dengan Asuransi Perjalanan, kamu bisa menikmati liburan tanpa khawatir dengan perlindungan atas berbagai risiko seperti ketidaknyamanan perjalanan, gangguan medis, hingga kecelakaan. Pastikan liburan ke Sumatera Barat jadi petualangan yang tak hanya tak terlupakan, tetapi juga terlindungi dengan baik.

Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan bagi diri kamu dan aset berharga lainnya yang kamu miliki.

Jika kamu tertarik dengan produk asuransi kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman website Igloo.
  • Disana kamu bisa memilih produk asuransi apa saja yang kamu butuhkan.
  • Kemudian, klik produk yang diinginkan.
  • Lalu cek asuransi yang kamu butuhkan dan masukkan keterangan yang diperlukan untuk melihat preminya.
  • Kamu akan melihat beberapa produk yang ditawarkan beserta informasi cakupan perlindungan yang akan kamu dapatkan.
  • Jika tertarik dan ingin membelinya, segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, kamu bisa memiliki asuransi sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Mobil, Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.