Skip to content

Cara Klaim Asuransi Cat Mobil Full Body: Syarat dan Biaya Klaim

cara klaim asuransi cat mobiil full body

Klaim asuransi merupakan hak pemegang polis untuk bisa mendapatkan manfaat perlindungan sesuai dengan ketentuan yang tertulis di dalam polis asuransi. Untuk bisa mengajukan klaim atas kerusakan yang terjadi pada mobil, pemilik mobil harus memastikan bahwa kerusakan yang terjadi merupakan risiko yang dijamin atau ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Manfaat pertanggungan hanya bisa didapatkan melalui cara klaim asuransi yang tepat, sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Secara umum, cara klaim asuransi mobil melibatkan beberapa langkah, di antaranya adalah melengkapi dokumen persyaratan, menghubungi pihak perusahaan asuransi, dan melampirkan bukti kejadian yang menyebabkan risiko kerusakan atau kehilangan.

Apabila ingin mendapatkan pertanggungan atas kerusakan yang memerlukan pengecatan ulang full body mobil, pahami cara klaim asuransi cat mobil full body, termasuk persyaratan, biaya klaim, dan batasan jumlah klaim yang bisa diajukan.

Nah, informasi tersebut bisa kamu dapatkan melalui artikel Igloo satu ini.

Syarat Klaim Asuransi Mobil untuk Cat Full Body

syarat klaim asuransi mobil untuk cat full body
Sumber Foto: Getty Images via Unsplash

Selain mengetahui cara klaimnya, pemilik kendaraan juga harus tahu apa saja persyaratan klaim yang harus dipenuhi.

Pemilik mobil yang ingin mengajukan klaim asuransi harus memenuhi sejumlah persyaratan sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Adapun syarat klaim asuransi cat mobil full body adalah:

1. Polis Asuransi Harus dalam Keadaan Aktif

Apabila ingin mengajukan klaim asuransi atas kendaraan yang mengalami risiko, kamu harus memastikan bahwa polis asuransi masih dalam keadaan aktif. Kemudian, pastikan bahwa cat mobil menjadi salah satu tanggungan yang disebutkan di dalam polis asuransi. Jika perlindungan hanya mencakup kerusakan kecil atau tidak termasuk pengecatan full body, klaim yang diajukan mungkin akan ditolak. 

2. Dokumentasi Kerusakan Kendaraan yang Mengharuskan Mobil Dicat

Perusahaan asuransi biasanya memerlukan bukti kerusakan pada cat mobil, seperti foto atau video. Dokumentasi ini membantu memperjelas tingkat kerusakan yang terjadi. Pastikan dokumentasi diambil dengan jelas dan rinci, termasuk sudut-sudut mobil yang terdampak. Ini akan mempermudah proses verifikasi oleh pihak asuransi dan mengurangi potensi penolakan klaim.

3. Laporan dari Pihak Berwajib (Polisi)

Jika kerusakan pada cat mobil disebabkan oleh kecelakaan, tindakan vandalisme, atau bencana alam, laporan polisi mungkin diperlukan. Laporan ini membantu menguatkan klaim Anda dan memperjelas penyebab kerusakan. Tanpa laporan polisi, klaim bisa dianggap kurang valid dan berpotensi ditolak oleh pihak asuransi, terutama dalam kasus kerusakan akibat kejadian eksternal.

4. Formulir Klaim Asuransi

Agar bisa mengajukan klaim asuransi mobil, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah formulir klaim asuransi yang diisi secara lengkap dan benar. Kamu harus mengisi informasi yang berkaitan dengan kejadian yang menyebabkan risiko kerusakan lengkap dengan data mobil yang diasuransikan.

5. Melengkapi Dokumen Persyaratan

Selain formulir klaim asuransi, pemilik kendaraan juga harus melengkapi dokumen persyaratan klaim asuransi mobil. Dokumen tersebut biasanya berupa:

  • Fotokopi kartu identitas berupa KTP
  • SIM
  • STNK,
  • Dokumen lain sesuai ketentuan dari perusahaan asuransi

Dokumen-dokumen tersebut bukan hanya bagian dari persyaratan klaim saja tetapi juga menjadi salah satu tahapan dari cara klaim asuransi cat mobil full body yang harus dilakukan.

Biaya Klaim Asuransi Mobil untuk Cat Full Body

Biaya klaim asuransi merupakan biaya risiko yang akan menjadi tanggungan pemegang polis asuransi. Setiap mengajukan klaim atas kerugian yang terjadi, pemegang polis harus mengeluarkan sejumlah uang sebagai biaya klaim asuransi yang secara umum berlaku untuk asuransi mobil all risk.

Dengan biaya klaim tersebut, pemilik kendaraan bisa terhindari dari beban pengeluaran proses administrasi klaim asuransi mobil. Hal tersebut juga diharapkan bisa mendorong kesadaran agar para pemilik mobil selalu berhati-hati dalam berkendara. Dengan begitu, pengendara akan lebih waspada terhadap biaya kerusakan yang tidak bisa ditanggung seluruhnya oleh perusahaan asuransi.

Adapun besaran biaya klaim asuransi cat mobil full body biasanya bergantung pada jumlah premi yang nasabah bayarkan. Biasanya, biaya premi asuransi yang besar memungkinkan nasabah membayar biaya klaim yang tidak tergolong besar. 

Dengan mengacu pada peraturan pemerintah, besaran biaya klaim asuransi mobil mulai dari Rp 300 ribu. Mengacu pada Peraturan pemerintah melalui Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor tahun 2017, biaya premi asuransi adalah sebagai berikut:

Perusahaan asuransi dapat memberlakukan ketentuan biaya sendiri dengan perhitungan minimal 10 persen dari nilai klaim atau mengikuti biaya klaim minimum sebesar Rp 300 ribu untuk setiap kejadian.

Berapa Kali Bisa Klaim Asuransi Mobil

Sebagai pemegang polis asuransi mobil, kamu harus tahu berapa kali bisa klaim asuransi mobil. Pada dasarnya, jumlah klaim asuransi mobil tidak dibatasi, selama polis masih aktif dan nilai pertanggungan belum terlampaui. Dengan kata lain, pemegang polis asuransi bisa mengajukan klaim beberapa kali dalam setahun jika diperlukan. Namun, sering mengajukan klaim bisa berisiko bagi pemegang polis. Perusahaan asuransi mungkin menaikkan premi saat perpanjangan polis, atau bahkan menolak memperpanjang polis jika klaim diajukan terlalu sering. 

Selain itu, beberapa asuransi menerapkan no claim bonus, di mana premi akan lebih rendah jika tidak ada klaim dalam periode tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya klaim diajukan untuk kerugian yang signifikan agar premi tidak membengkak di masa mendatang. Selalu periksa ketentuan dalam polis untuk lebih memahami hak dan kewajiban pemegang polis asuransi.

Sebagai pemegang polis asuransi mobil, penting bagi kamu untuk mengetahui cara klaim asuransi, termasuk cara klaim asuransi cat mobil full body. Jadi, apabila terjadi risiko berupa kerusakan maupun kehilangan, kamu bisa segera mengajukan klaim dengan tingkat approval yang tinggi. Dengan kata lain, klaim yang kamu ajukan tidak berisiko ditolak oleh perusahaan asuransi.

Apabila ingin memperpanjang asuransi kendaraan atau hendak membeli proteksi untuk mobil lain yang belum kamu lindungi dengan asuransi, bisa segera mengakses website Igloo untuk membeli Asuransi Mobil dengan mudah, hanya melalui beberapa langkah berikut:

  • Akses website Igloo atau bisa langsung mengunjungi halaman “Asuransi Mobil“.
  • Kemudian, pilih asuransi sesuai kebutuhan, Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Setelah menentukan pilihan, lanjutkan dengan klik “Cari di Sini” di jenis asuransi yang akan dibeli.
  • Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diminta secara lengkap agar bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah memilih produk asuransi, segera lakukan pembayaran premi asuransi melalui metode pembayaran yang tersedia, baik transfer bank, virtual account, maupun dompet digital.
  • Polis asuransi akan diterbitkan setelah perusahaan asuransi mengonfirmasi adanya pembayaran premi yang diterima.

Selain membeli asuransi untuk kendaraan roda empat, kamu juga bisa mempercayakan Igloo untuk mendapatkan berbagai jenis proteksi lain, termasuk Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Kemudahan klaim yang ditawarkan membuat kamu selangkah lebih dekat dengan manfaat proteksi yang ditawarkan oleh asuransi.