cara klaim asuransi mobil kredit

5 Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit yang Mudah Diikuti

Table of Contents

Ketika kamu membeli mobil secara kredit, biasanya sudah terdapat asuransi yang melindunginya. Oleh karena itu, jika kendaraan mengalami kerusakan akibat kecelakaan, kamu dapat mengajukan klaim asuransi. Cara klaim asuransi mobil kredit ini hampir sama dengan mobil yang sudah dibayar lunas.

Adanya asuransi pada mobil kredit ini bertujuan untuk menjaga keamanan kendaraan yang sedang diangsur dan memastikan bahwa kendaraan tersebut dapat segera diperbaiki atau diganti jika mengalami kerusakan atau kehilangan yang tidak diinginkan. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir terhadap kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraan yang masih dalam kredit. Meskipun begitu, penting untuk memahami cara klaim asuransi mobil kredit yng sudah Igloo rangkum berikut agar risiko terhadap kendaraan dapat ditangani dengan baik.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

1. Lapor Kejadian ke Pihak Asuransi

Jika mobil kamu mengalami kerusakan akibat situasi yang tidak terduga, cara klaim asuransi mobil kredit pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan laporan kepada perusahaan asuransi. Sampaikan rincian kejadian secara mendetail dan lampirkan foto kerusakan sebagai dokumentasi yang diperlukan.

Umumnya, batas waktu pelaporan pasca kejadian adalah 3 x 24 jam. Namun, beberapa asuransi mungkin mengharuskan pelaporan dilakukan dalam waktu maksimal 1 minggu setelah kejadian terjadi. 

Cara melaporkannya ada beberap cara, antara lain adalah dengan memberikan laporan secara verbal melalui panggilan telepon ke perusahaan asuransi atau melalui aplikasi resmi yang disediakan oleh perusahaan asuransi.

Dalam proses pembuatan laporan, kamu akan diminta untuk melampirkan bukti-bukti yang mendukung, seperti gambar kerusakan pada bodi mobil atau rekaman CCTV jika hilang karena pencurian.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Oli Mobil Terbaik, Bikin Mesin Optimal

2. Siapkan Dokumen Lengkap

Setelah melaporkan kejadian dan menyampaikan bukti yang diperlukan, pastikan untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan agar proses klaim oleh pihak asuransi dapat berlangsung dengan baik tanpa kendala.

Berikut adalah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi mobil kredit:

  • Fotokopi STNK  
  • Fotokopi SIM 
  • Fotokopi polis asuransi 
  • Formulir klaim asuransi yang sudah diisi secara lengkap 
  • Surat keterangan polisi jika mobil mengalami kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain ataupun dicuri 

3. Datang ke Cabang Terdekat

Setelah dokumen dan bukti-bukti sudah siap, kamu perlu mengikuti prosedur klaim asuransi mobil dengan teliti, termasuk mengisi laporan klaim dan mengunjungi cabang terdekat. Jika prosedur klaim dilakukan dengan benar, perusahaan asuransi akan mengevaluasi kelengkapan data dan mengirim surveyor untuk menilai kerusakan pada mobil.

4.  Jujur dalam Menjelaskan Rangkaian Peristiwa yang Terjadi

Setelah klaim diajukan, perusahaan asuransi akan melakukan survei untuk memverifikasi kejadian yang dilaporkan. Survei dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Mendatangi lokasi kendaraan untuk menilai kondisi secara langsung
  • Membawa kendaraan ke bengkel mitra asuransi untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim bengkel

Agar persetujuan klaim asuransi mobil lebih cepat, pastikan bahwa kronologi kejadian yang kamu sampaikan melalui formulir klaim sesuai dengan kejadian sebenarnya. Dengan cara ini, proses survei dan persetujuan dapat dilakukan dengan lebih efisien tanpa memakan waktu yang lama.

Jika klaim sudah disetujui, perusahaan asuransi akan mengeluarkan surat perintah kerja sebagai langkah awal untuk memberikan petunjuk kepada bengkel mitra mengenai perbaikan yang telah disetujui sesuai dengan kerusakan yang terjadi.

Apabila mobil kamu hilang akibat pencurian, tim survei akan meninjau dokumen-dokumen kejadian yang telah dikirimkan sebelum memberikan persetujuan terkait klaim penggantian.

Baca Juga: 7 Cara Melepas Aki Mobil dengan Tepat

4. Klaim Melalui Aplikasi

Jika perusahaan asuransi yang kamu pilih menyediakan aplikasi di smartphone, kamu tentu dapat dengan mudah mengajukan klaim melalui platform tersebut. Setelahnya, petugas asuransi akan menghubungi dan datang untuk melakukan pengecekan langsung terhadap kondisi kendaraan di lokasi yang telah ditentukan.

5. Pantau Progres Klaim

Setelah klaim disetujui, cara klaim asuransi mobil kredit selanjutnya adalah memantau kemajuan klaim yang diajukan melalui aplikasi, di mana status klaim akan diperbarui sesuai dengan tahap-tahap proses klaim yang sedang berlangsung.

Dengan memantau progres klaim, kamu dapat memperoleh perkiraan waktu kapan klaim akan disetujui dan uang pertanggungan akan dicairkan oleh perusahaan asuransi. Jadi, pastikan untuk rutin memeriksa perkembangan klaim agar tetap terinformasi.

Berapa Lama Proses Klaim Asuransi Mobil Kredit

Berapa lama proses klaim asuransi mobil kredit? Umumnya, proses klaim akan memakan waktu sekitar 3 sampai 5 hari kerja. Namun, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses klaim hingga mendapatkan persetujuan dapat bervariasi tergantung pada perusahaan asuransi yang kamu pilih.  

Adapun proses perbaikan mobil setelah kecelakaan sangat tergantung pada pilihan bengkel mitra yang dipilih. Jika diperlukan penggantian suku cadang, sejumlah bengkel mungkin akan menerapkan proses penantian. 

Beberapa bengkel juga dapat menerapkan sistem inden atau mengatur waktu tunggu jika suku cadang yang diperlukan tidak tersedia. Saat menunggu, biasanya bengkel akan mengizinkn kamu untuk menggunakan mobil. Dengan demikian, Anda tidak perlu menginapkan kendaraan di bengkel selama waktu tersebut.

Namun, jika kerusakan yang terjadi sangat parah, pihak engkel mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan proses perbaikan.

Itulah 5 cara klim asuransi mobil kredit yang perlu kamu ketahui dari Igloo. Secara keseluruhan,  asuransi mobil dapat berperan sebagai penyelamat finansial kamu. Melalui asuransi mobil, kamu dapat memperoleh penggantian biaya perbaikan kendaraan akibat risiko-risiko yang nggak terduga.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu