11 Cara Membasmi Kutu Kucing agar Merasa Nyaman

cara membasmi kutu kucing
Table of Contents

Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan dengan segala tingkah lakunya. Namun, saat kutu menyebar di seluruh tubuhnya, anabul akan merasa tidak nyaman hingga tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Jika hal tersebut terjadi pada hewan berbulu yang kamu rawat, segera temukan cara membasmi kutu kucing.

Kutu pada kucing memerlukan perawatan dan pengobatan yang tepat. Meski tampak sederhana, tetapi cara membasmi kutu bisa sangat menguras tenaga, waktu, dan uang. Oleh sebab itu, pastikan kamu melakukan tindakan tepat dalam membasmi kutu sekaligus mencegah kutu menyebar dan kembali menyerang anabul.

Artikel Igloo kali ini bisa turut membantu pemilik kucing untuk bisa menangani serta membasmi kutu kucing dengan tepat agar kutu tidak muncul kembali di kemudian hari. Jadi, kucing bisa tetap ceria, aktif, dan merasa nyaman.

Cara Membasmi Kutu Kucing

cara mengobati kutu kucing
Sumber Foto: Getty Images via Unsplash

Saat menemukan anabul tidak nyaman karena adanya kutu di tubuhnya, segera cari cara untuk menghilangkannya. Untuk bisa membasmi kutu pada kucing, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara berikut sebelum akhirnya membawa kucing ke dokter hewan:

1. Memandikan Kucing Menggunakan Sampo Khusus

Sebagai hewan peliharaan yang kerap beraktivitas, kucing perlu dimandikan. Akan tetapi, hindari memandikan kucing menggunakan produk perawatan kulit manusia, terutama jika terdapat kutu pada kucing.

Gunakan sampo khusus yang diformulasikan untuk membersihkan kulit dan bulu kucing dari kutu dan telur kutu. Bilas kucing dengan air hangat supaya kutu lebih cepat mati. Lankutkan dengan mengeringkan tubuh kucing dengan benar.

2. Memberikan Obat Tetes Anti Kutu

Memberikan obat tetes kutu merupakan cara membasmi kutu kucing dan telurnya. Kandungan pada produk tersebut bekerja untuk menghilangkan kutu kucing dengan mengaplikasikannya di bagian kulit belakang tengkuk kucing. Biarkan obat meresap hingga mengering.

Melalui penggunaan obat tetes kutu, kucing bisa terlindungi hingga 28 hari ke depan.Kamu bisa mencoba menggunakan Broadline, Proline Plus, atau merek obat tetes kutu lainnya.

3. Memanfaatkan Lidah Buaya

Apabila ingin menggunakan cara membasmi kutu kucing secara alami, coba oleskan gel lidah buaya pada bulu kucing. Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menghaluskan lidah buaya dan mengambil airnya. Kemudian, semprotkan air lidah buaya secara langsung ke bagian bulu kucing.

4. Memandikan Kucing dengan Air Garam

Garam dapur merupakan bahan yang bisa membantu dalam membasmi kutu kucing. Cara menghilangkan kutu kucing kecil ini terbilang mudah. Kamu cukup melarutkan garam ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk merendam dan membilas kucing yang terkena kutu.

5. Menyemprotkan Cuka Apel ke Bulu Kucing

Cuka apel adalah salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan kutu pada kucing karena memiliki sifat anti bakteri. Untuk menghilangkan kutu kucing menggunakan cuka apel, lakukan beberapa langkah mudah berikut:

  • Siapkan cuka apel dan air bersih
  • Campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan satu banding dua, misalnya jika menggunakan satu sendok cuka apel, tambahkan dua sendok air untuk mencampurnya
  • gunakan cuka apel yang dicampur dengan air dengan perbandingan satu banding dua. Siapkan botol semprot yang akan membantu proses penyemprotan campuran cuka apel dan air ke bulu kucing.

6. Membawa Kucing ke Dokter Hewan

Apabila semua cara di atas belum bekerja secara maksimal, kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan. Dengan begitu, kucing akan mendapatkan perawatan dan obat kutu kucing yang tepat sesuai dosis dan anjuran dokter.

Cara Membasmi Kutu Kucing yang Sudah Menyebar di Rumah

Kutu kucing merupakan masalah yang kerap terjadi pada anabul kesayangan di rumah. Hewan kecil tersebut harus segera dibasmi dengan cara yang tepat. Penyebaran kutu kucing mengharuskan kamu segera melakukan tindakan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran kutu kucing ke kucing lain yang tinggal di tempat yang sama.

Nah, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai cara membasmi kutu kucing yang menyebar di rumah:

1. Melakukan Identifikasi Infestasi Kutu Kucing

Salah satu hal yang perlu dilakukan dan menjadi langkah pertama dalam membasmi kutu kucing adalah melakukan identifikasi kutu kucing. Tujuannya adalah memastikan bahwa kucing kesayangan benar-benar terinfeksi kutu.

Temukan beberapa tandanya seperti gatal berlebihan yang dirasakan kucing dan adanya telur kutu pada bulu kucing. Kamu juga bisa mengecek apakah ada kotoran kutu di sekitar bulu kucu, biasanya berwarna hitam kecoklatan.

2. Isolasi Kucing yang Terinfeksi Kutu dan Periksa Kucing Lain (Jika Aada)

Langkah selanjutnya setelah mengetahui adanya kutu pada anabul adalah dengan memisahkan kucing dari kucing lain. Kemudian, kamu bisa mengecek apakah terjadi penyebaran kutu pada kucing lain. Lakukan hal yang sama, yaitu mengisolasi kucing apabila ada kucing lain yang juga terkesan kutu.

3. Melakukan Perawatan dengan Menyisir Kutu Menggunakan Sirit Kutu Kucing

Sisir kutu berbeda dengan sisir lain pada umumnya karena memiliki gigi yang lebih rapat yang didesain untuk mengangkat kutu dan telur kutu. Sisir rambut kucing secara menyeluruh dimulai dari bagian kepala hingga ekor kucing.

Untuk menangani kutu yang terperangkap di sisir, hindari membunuh kutu secara langsung menggunakan tangan kamu. Sebaiknya rendam sisir di dalam wadah berisi campuran air hangat dengan deterjen. Hal tersebut akan mematikan kutu dan mengurangi penyebaran serta dampak kutu kucing yang tidak diinginkan.

4. Membersihkan Perlengkapan Kucing dan Lingkungan Rumah

Lanjutkan upaya kamu dalam membasmi kutu kucing yang menyebar di rumah dengan membersihkan perlengkapan kucing. Cuci bersih semua perlengkapan mulai dari tempat tidur, kandang, mainan, hingga tempat makan kucing. Pastikan kamu membersihkannya dengan menggunakan deterjen khusus pembasmi kutu dan air panas. 

Juga bersihkan lingkungan rumah, terutama di area tempat tinggal kucing. Sapu, vakum, dan pel lantai serta bersihkan area lain yang seringkali dijangkau kucing, termasuk atas dan belakang lemari.

Bila Perlu, kamu juga bisa membersihkan perabotan dan furniture rumah apabila khawatir akan penyebaran kutu dan telur kutu yang bisa terjadi namun tidak terlihat mata.

5. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Untuk mengontrol populasi kutu di rumah, gunakan produk yang ramah lingkungan. Kamu bisa memilih produk berupa cairan yang bisa disemprotkan atau berbentuk bubuk. Gunakan produk tersebut di area yang sering dijangkau kucing, termasuk karpet, sofa, tempat tidur, lemari, hingga celah-celah di semua sudut rumah.

Pertanyaan Seputar Kutu Kucing

Bagi pecinta kucing, kebersihan dan kesehatan anabul menjadi hal penting yang harus selalu diperhatikan. Tidak heran jika banyak pertanyaan yang muncul seputar kucu kucing yang dikhawatirkan akan membuat anabul tidak nyaman hingga mengganggu kesehatan anabul.

Berbicara tentang kutu kucing, ada banyak pertanyaan yang seringkali ditanyakan pemilik kucing maupun mereka yang berencana memelihara hewan berbulu lucu ini, di antaranya:

1. Apakah Sunlight Bisa Membunuh Kutu pada Kucing?

Sunlight adalah bahan pembasmi kutu kucing yang bisa ditemukan dengan mudah. Diperuntukkan sebagai sabun pembersih, Sunlight memiliki kandungan zat yang dapat membunuh kuman dan bakteri di permukaan benda. Itulah mengapa kamu bisa mencobanya untuk membunuh kutu kucing hingga ke akar-akarnya tanpa meninggalkan efek bahaya pada kulit kucing.

2. Apakah Bahaya Jika Terkena Kutu Kucing?

Gigitan kutu kucing bisa berbahaya pada manusia karena bisa menimbulkan beberapa kondisi seperti reaksi alergi, infeksi cacing pita atau cacing hati, tertular penyakit seperti tifus, dan infeksi akibat cakaran kucing.

3. Berapa Lama Kutu Kucing Akan Hilang?

Kutu kucing mengalami proses siklus hidup sekitar 2-3 minggu atau lebih. Hal tersebut bergantung pada beberapa hal, termasuk suhu dan tingkat kelembapan tempat tinggal kucing. Dengan perawatan dan pengobatan yang tepat, seperti penggunaan produk khusus kutu kucing dan membersihkan lingkungan tempat tinggal kucing, kutu kucing bisa hilang dalam waktu 2 hingga 4 minggu.

Namun, untuk bisa memberantas kutu kucing secara menyeluruh, kamu mungkin perlu waktu yang lebih lama, yaitu hingga 3 bulan dalam kondisi tertentu. Sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari sang ahli.

Membasmi kucing melalui langkah tepat adalah salah satu bentuk kasih sayang terhadap anabul. Untuk memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan, kamu bisa melengkapinya dengan membeli asuransi hewan peliharaan dari Igloo. Asuransi tersebut akan memberikan jaminan perlindungan apabila terjadi hal buruk pada kucing.

Meski belum sepopuler produk asuransi lainnya, kamu bisa dengan mudah membeli Asuransi Hewan Peliharaan di Igloo dengan beberapa langkah berikut:

  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet untuk dapat mengunjungi website Igloo atau bisa langsung mengakses halaman “Asuransi Hewan Peliharaan
  • Pilih polis asuransi yang dibutuhkan, apakan asuransi untuk anjing atau kucing
  • Lanjutkan dengan memilih “Cari di Sini untuk menemukan produk asuransi yang tepat
  • Isi detail informasi hewan peliharaan dengan benar dan teliti
  • Lakukan pembayaran untuk bisa mendapatkan polis asuransi yang merupakan bukti anabul bisa merasakan manfaat asuransi apabila terjadi klaim 

Selain melindungi hewan peliharaan, kamu juga bisa melakukan proteksi terbaik untuk kendaraan kesayangan melalui Asuransi Mobil dan Asuransi Motor yang tersedia di Igloo. Dengan begitu, kamu bisa memastikan rencana finansial tidak akan terganggu ketika terjadi risiko atau hal yang dapat memengaruhi kondisi keuangan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu