Cara Menemukan Hikmah dan Ketenangan di Tengah Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran

Cara Menemukan Hikmah dan Ketenangan di Tengah Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran
Table of Contents

Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Setiap muslim harus berlomba untuk meraih banyak keberkahan dan menjemput hikmah, hingga nanti menjelang lebaran.

Ada banyak ibadah yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan, bahkan diantara kamu pasti sudah punya kurikulum Ramadhan tersendiri hingga tiba Hari Raya Idul Fitri nanti. Salah satunya yang tidak boleh terlewat adalah memaksimalkan ibadah di 10 malam terakhir Ramadhan. Yaitu dengan memperbaiki sholat, memperbanyak membaca Al-Qur’an, berdoa, berdzikir dan bersedekah. Namun bagaimana jika di hari-hari tersebut kamu harus mudik lebaran?

Adakah cara menemukan hikmah dan ketenangan di tengah lalu lintas saat mudik lebaran? Sehingga nantinya ibadah bisa tetap maksimal hingga akhir Ramadhan.

Tips Mendapat Hikmah dan Ketengan Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Dari banyak referensi Igloo telah mengumpulkan berbagai cara menemukan hikmah dan ketenangan di tengah lalu lintas saat mudik lebaran. Dengan cara ini harapannya kamu dan keluarga tetap bisa maksimal beribadah meskipun dalam perjalanan panjang menuju kampung halaman.

  • Membaca Doa Perjalanan Jauh

Saat memulai perjalanan mudik lebaran kamu dan keluarga tidak boleh lupa membaca doa perjalanan jauh. Berdasarkan keterangan Abdullah bin Sarjis yang dikutip dari buku Doa & Dzikir Mustajab, Rasulullah SAW akan memulai safar dengan doa berikut:

Bahasa Latin: Allaahumma antash shaahibu fissafari wal khaliifiati fii fil safarinaa ahli. Allahummashhabnaa wakhlufnaa fii ahlinaa. Allahumma innii a’uudzu bika min wa’tsaais safari wa ka’aabatil munqalabi waminal hauri ba’dal kauni wa min da’watil mazhluumi wa min suu’il manzhari fil ahli wal maal.

Kemudian saat menaiki kendaraan yang kamu gunakan untuk mudik lebaran kamu bisa menggunakan doa yang sering dilantunkan Rasulullah SAW berikut ini:

Bahasa Latin: Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin. Wa innaa ilaa Rabbinaa lamun-qalibuun. Allahumma innaa nas-alika fii safarinaa haadzal-birra wat-taqwaa, wa minal-‘amali maa tardhaa. Allahumma hawwin ‘alaynaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu.

Allahumma antash-shaahibu fis-safari, wal-khaliifatu fil-ahli, Allahumma innii a’uudzubika min wa-tsaa-is-safari, wa kaabatil-man-zhari, wa suu-‘il-munqalabi fil-maali wal-ahli.

  • Mengusahakan Sholat Tepat Waktu Meskipun di Perjalanan Mudik

Kunci dari sebuah ketenangan hadir dari sisi Allah, oleh karena itu lakukan perintah-Nya yaitu sholat wajib tepat waktu. Agar selama perjalanan hati tetap tenang meskipun dalam lalu lintas yang macet.

Kamu bisa cek waktu sholat di lokasi terdekatmu nanti di Gmaps, lalu luangkan waktu untuk menepi dan sholat bersama keluarga. Selain mendapat ketenangan kamu juga bisa sembari istirahat dari perjalanan panjang yang sudah kamu lakukan.

  • Mendengarkan Kajian Islam Selama Perjalanan

Di samping mendengarkan music, di bulan puasa alangkah baiknya kamu mengganti playlist-nya dengan kajian-kajian Islam dari Ustadz favoritmu. Mendengarkan kajian Islam saat perjalanan sangat ampuh untuk mendatangkan hikmah dan ketenangan, bahkan keimanan kita bisa semakin meningkat dengan banyak mendengarkan kajian Islam.

Jadi jangan lupa buat playlist kajian Islam yang ingin kamu dengarkan selama perjalanan mudik lebaran. Kamu bisa diskusikan bersama keluarga terkait tema kajian Islam yang ingin didengarkan selama berada di kemacetan.

  • Belajar Tadabbur Al-Quran Selama Perjalanan

Selain kajian Islam, kamu juga bisa menambah ilmu dan mencapai ketenangan dengan belajar tadabbur Al-Quran. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Youtube, Spotify dan platform lain untuk mendapatkan kajian Al-Quran yang bisa mendatangkan ketenangan.

Ada baiknya playlist-nya juga sudah kamu siapkan sebelum memulai perjalanan sehingga akan lebih mudah jika ingin mendengarkannya nanti. Karena kamu sudah tidak perlu lagi mencari channel yang menyediakan pembahasan tadabbur Al-Quran.

  • Tetap Puasa

Selama perjalanan mudik kamu tetap harus mengusahakan puasa jika tidak ada halangan. Dengan puasa kamu bisa lebih mudah mendapatkan keberkahan dan hikmah Ramadhan bersama keluarga.

Walaupun nantinya secara fisik kamu akan lebih cepat lelah, akan tetapi kamu akan lebih bisa memaknai ibadah yang sedang kamu jalani. Berpuasa saat safar tentu juga akan mendapat lebih banyak pahala dari Allah SWT, karena effort yang kamu lakukan lebih banyak. Seperti bersabar di tengah kemacetan tanpa amarah yang bisa membatalkan puasa.

  • Memperbanyak Doa dan Dzikir

Di tengah lalu lintas yang padat saat mudik lebaran kamu bisa melakukan hal baik seperti memperbanyak doa dan dzikir. Ingat, Allah suka sekali dengan kamu yang suka berdoa apalagi di tengah safar yang kamu lakukan di bulan puasa.

Selain berdoa yang baik kamu juga bisa memperbanyak dzikir, dengan dzikir kamu akan lebih banyak mengingat Allah SWT. Semakin banyak kamu mengingat Allah maka akan semakin mudah kamu mencapai ketenangan hati selama perjalanan.

Hal ini juga bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi anak-anak, kebiasaan yang baik seperti berdoa dan berdzikir akan membuat mereka tumbuh dekat dengan Allah SWT.

  • Melengkapi Keluarga Dengan Asuransi Perjalanan

Selain cara-cara di atas kamu juga harus melengkapi perjalanan mudik dengan Asuransi Perjalanan untuk keluarga. Dengan asuransi kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Salah satu diantara adalah cepat mendapatkan bantuan evakuasi di kondisi darurat.

Artikel Lainnya : Tips Menemukan Tempat Bersantai Yang Asik di Jalur Mudik Pantura

Kamu akan lebih tenang dan aman jika memiliki asuransi perjalanan, karena secara finansial akan lebih terjaga dari berbagai hal yang tidak diinginkan saat mudik lebaran. Adanya Asuransi Perjalanan juga dapat membuat kamu bisa lebih fokus beribadah meskipun dalam perjalanan mudik. 

Nah itulah tadi cara menemukan hikmah dan ketenangan di tengah lalu lintas saat mudik lebaran. Namun apabila kamu belum mempunyai Asuransi Perjalanan untuk mengcover keadaan darurat selama perjalanan mudik lebaran, kamu bisa membelinya di Igloo.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu