6 Cara Menyamarkan Lecet pada Mobil, Mudah & Bisa Dilakukan Sendiri

cara menyamarkan lecet pada mobil
Table of Contents

Tidak ada satupun pemilik mobil yang ingin melihat baret apalagi lecet pada kendaraan mereka. Masalah tersebut dapat mengganggu penampilan, sehingga perlu segera diatasi. Kamu bisa mencoba beberapa cara menyamarkan lecet pada mobil sesuai dengan jenis baretnya.

Intip selengkapnya di artikel Igloo satu ini ya agar kamu tahu tindakan apa yang harus dilakukan saat ada lecet pada kendaraan kesayangan melalui cara yang tepat.

Jenis Baret pada Mobil

jenis baret pada mobil
Sumber Foto: Getty Images via Unsplash

Seiring dengan penggunaan yang semakin lama, bukan tidak mungkin mobil berisiko mengalami baret atau lecet. Apabila ini adalah masalah yang kamu hadapi, sebaiknya segera cari cara menghilangkan baret pada mobil.

Untuk bisa menemukan cara yang tepat, sebaiknya pahami dahulu lecet seperti apa yang terjadi pada mobil kamu. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis lecet atau baret pada mobil:

1. Baret Halus

Meski terlihat sepele, tetapi baret atau lecet pada mobil bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan akan segera mengatasi masalah tersebut agar bodi mobil terlihat kembali mulus. 

Salah satu jenis baret yang bisa terjadi pada kendaraan roda empat kesayangan adalah baret halus berupa bentuk sarang laba-laba atau yang juga dikenal dengan istilah swirl mark. Penyebabnya bisa berupa goresan debut atau pasir.

Baret halus terjadi pada lapisan atas pernis, jadi bisa segera dihilangkan. Caranya adalah dengan poles, di mana kamu cukup membahasi bagian mobil yang terdapat baret menggunakan air. Kemudian, cuci bagian tersebut menggunakan shampo mobil.

2. Baret Ringan

Baret ringan pada kendaraan mungkin tidak begitu jelas terlihat. Akan tetapi, saat merabanya dengan kuku, kamu bisa merasa adanya baret. Seperti halnya baret halus, baret ringan juga bisa dengan mudah disamarkan, yaitu dengan memoles bagian bodi mobil yang terdapat baret.

3. Baret Dalam

Memiliki kendaraan roda empat berarti kamu harus siap dengan segala risiko yang mungkin terjadi, termasuk adanya lecet atau baret di bagian tertentu. Salah satu jenis baret yang harus kamu ketahui adalah baret dalam yang kondisinya lebih parah dari baret halus dan baret ringan.

Hal ini bisa terjadi saat goresan mengenai lapisan primer. Baret dalam membuat lapisan metal terbuka dan bisa menyebabkan besi mobil berkarat. Meski tidak bisa dihilangkan, tetapi pemilik mobil bisa menyamarkan bekasnya dengan cara mengecat ulang panel tempat baret berada.

Cara Menyamarkan Lecet Pada Mobil 

Saat menemukan lecet pada kendaraan kesayangan, hindarkan diri dari kepanikan. Terdapat beberapa cara menyamarkan lecet pada mobil, di antaranya:

1. Coba Gunakan Pasta Gigi

Tahukah kamu kalau pasta gigi memiliki sejumlah manfaat lain selain membersihkan gigi? Pasta gigi bisa kamu gunakan sebagai cara menyamarkan lecet pada mobil hitam berkat kandungan abrasif yang dapat mengikis goresan tipis pada cat bodi mobil.

Langkah pertama, kamu harus membersihkan bagian mobil yang terkena goresan dan keringkan. Pastikan mengoleskan pasta gigi di area yang hendak diperbaiki secara perlahan agar tidak tidak menyebabkan goresan lain di sekitar area goresan tadi. Pastikan hal tersebut dilakukan menggunakan lap bersih. Bersihkan sisa pasta gigi dan lap  hingga kering.

2. Manfaatkan Minyak Kayu Putih

Apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan lecet pada mobil? Minyak kayu putih bisa menjadi solusi dalam menghilangkan baret atau lecet pada mobil. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan minyak kayu putih serta lap microfiber.

Jika sudah, kamu bisa mulai mengoleskan minyak kayu putih secara perlahan di bagian mobil yang terdapat baret. Gunakan gerakan memutar untuk mengusap area tersebut. Lakukan secara berulang hingga baret tidak terlihat. Terakhir, pastikan kamu membersihkan bagian yang diolesi minyak kayu putih baik menggunakan kanebo, atau bisa juga dengan lap basah.

3. Menggunakan Minyak Rem

Untuk bisa menyamarkan lecet menggunakan bahan yang mudah ditemui di rumah, kamu bisa coba menggunakan minyak rem. Pada minyak rem, terdapat kandungan yang bisa membantu menghilangkan baret ringan.

Mulailah dengan menuangkan sedikit minyak rem pada kain berserat lembut dan gosokkan kain tersebut pada bagian mobil yang ada baretnya. Lakukan secara perlahan dengan gerakan melingkar. Terakhir, pastikan kamu membilas dengan air dan sabun mobil dan mengeringkannya menggunakan kain bersih.

4. Coba Cairan Ammonia

Cairan ammonia juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk menyamarkan lecet atau goresan pada mobil. Langkah pembersihannya dimulai dengan menuangkan sekitar 15 ml cairan ammonia dengan setengah liter air bersih. Aduk hingga tercampur merata dan celupkan kain pada campuran cairan ammonia dan air yang sudah tersedia.

Sebaiknya gunakan sarung tangan plastik terlebih dahulu agar tidak mengotori tangan. Jika sudah, kamu bisa mulai menggosokkan kain yang sudah dibasahi dengan larutan cairan tadi secara perlahan. Biarkan cairan meresap selama beberapa saat dan bersihkan dengan lap bersih.

5. Melakukan Pengecatan Ulang Mobil

Melakukan pengecatan ulang kendaraan merupakan cara menyamarkan lecet dalam pada mobil. Cara ini cocok untuk jenis baret dalam yang sangat mengganggu. Cat baru pada mobil akan membuat tampilan seperti baru dan tentu lebih kinclong. 

Dalam hal ini, mengecat ulang mobil bertujuan untuk menutupi goresan pada mobil. Nah, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah atau dengan mengandalkan sang ahli dengan membawa mobil ke bengkel terpercaya.

Jika punya asuransi, kamu bisa menanyakan kepada pihak bengkel apakah cat ulang mobil bisa dicover oleh asuransi mobil.

6. Menggunakan Kompon

Bagi yang merasa tidak perlu mengecat ulang mobil akibat baret dalam, jadikan kompon sebagai solusi cara menyamarkan lecet pada mobil tanpa ke bengkel. Kompon adalah bahan yang dapat membantu menghilangkan baret. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan terlebih dahulu membersihkan mobil yang terkena baret. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkan bagian mobil tadi dengan menggunakan kain lap bersih.

Proses selanjutnya adalah mengoleskan kompon di permukaan mobil yang terkena baret. Gunakan poles atau kain microfiber untuk menggosok kompon cara memutar dan cepat agar kompon tidak cepat mengering.

Apabila baret masih terlihat, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas hingga baret tidak lagi tampak pada mobil. Satu hal yang harus diingat adalah kamu harus berhati-hati dalam mengoleskan bahan penghilang baret tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal serta merata.

Itulah beberapa cara menyamarkan lecet pada mobil berdasarkan jenis baretnya. Apabila tidak ingin repot mengatasi masalah lecet, kamu harus memiliki asuransi. Asuransi Mobil dikenal sebagai produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko yang terjadi, mulai dari kerusakan ringan hingga berat.

Untuk mendapatkan produk asuransi tersebut, caranya cukup mudah, yaitu  dengan membeli Asuransi Mobil di Igloo melalui beberapa langkah berikut:

  • Kunjungi website Igloo dari smartphone atau perangkat yang biasa kamu gunakan dan temukan halaman Asuransi Mobil
  • Di halaman tersebut, pilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif sesuai preferensi dan kebutuhan
  • Lanjutkan dengan klik Cari di Sini pada pilihan asuransi yang tersedia
  • Pastikan mengisi semua informasi dengan lengkap dan benar dan pilih produk asuransi terbaikmu
  • Bayar asuransi dengan memilih metode pembayaran transfer bank, dompet digital, atau virtual accounts
  • Setelah melakukan pembayaran, tunggu hingga mendapatkan polis asuransi

Selain mengasuransikan kendaraan roda empat, kamu juga bisa mengasuransikan kendaraan roda dua dengan membeli Asuransi Motor di Igloo. Bisa juga memilih jenis asuransi lain sesuai kebutuhan dan proteksi yang diharapkan, misalnya membeli Asuransi Hewan Peliharaan sebagai bukti cinta pada anabul kesayangan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu