5 Cara Pasang Aki Mobil dengan Mudah

cara pasang aki mobil
Table of Contents

Aki adalah salah satu komponen dalam mobil yang berfungsi untuk menyediakan daya awal yang diperlukan untuk menghidupkan mesin kendaraan. Sebagai pengendara, penting untuk mengetahui cara pasang aki mobil yang baik dan benar.

Bagi kamu yang sering berpegian menggunakan mobil, mengetahui cara pasang aki mobil yang baik dan benar merupakan keuntungan tersendiri. Kamu jika suatu hari mobil kamu diketahui perlu ganti aki, kamu jadi tidak perlu pergi ke bengkel untuk memasangnya.

Penasaran dengan bagaimana cara pasang aki mobil? Simak artikel berikut.

Cara Pasang Aki Mobil yang Mudah

1. Lepas Aki Lama

cara pasang aki mobil

Cara memasang aki mobil yang pertama adalah dengan melepas aki yang lama. Kamu bisa memulainya dengan cara-cara seperti berikut:

  1. Matikan mesin mobil
  2. Lepas aki dengan cara buka kap mobil
  3. Lepas kabel, klem, serta baut yang ada di kutub negatif,
  4. Lepas baut di kutub positif
  5. Angkat aki secara tegak lurus agar cairan dalam aki tidak tumpah
  6. Kemudian, perhatikan kabel dan klem aki. Jika terlihat berkarat, sebaiknya bersihkan dulu menggunakan cairan khusus agar karat tersebut tidak akan menghalangi masuknya aliran listrik.

2. Posisikan Aki Tegak Lurus

Cara pasang aki mobil selanjutnya adalahletakkan aki dengan posisi aki tegak lurus dan pasang kabel positif ke terminal positif. Setelah itu, pasang kabel negatif ke terminal negatif. Cara ini dilakukan untuk menghindari percikan api di kutup positif.

3. Pasang Kabel Positif dan Negatif

cara pasang aki mobil

Untuk menghindari percikan api di kutup positif, kamu harus memasang kabel positif terlebih dahulu sebelum kabel negatif. Hal ini dikarenakan kabel positif terhubung dengan sistem listrik mobil yang memiliki potensial listrik lebih besar. Jika salah dalam memasangnya, ada kemungkinan muncul percikan api.

4. Cek Dulu Kabel dan Klem

Jika semua komponen ke aki yang baru sudah terpasang, cara pasang aki mobil selanjutnya adalah dengan mengecek kabel dan klem. Kabel dan klem yang kendor atau tidak terkunci dengan baik akan menimbulkan percikan api yang berbahaya.

5. Nyalakan Mesin Mobil

Terakhir, coba untuk menyalakan mesin mobil. Jika mesin mobil menyala normal, maka proses pemasangan aki sudah dilakukan dengan benar. Jika mobil belum menyala, mungkin ada kesalahan dalam pemasangannya.

Cara cek pemasangan sudah benar atau belum juga bisa dilihat pada dashboard mobil. Jika indikator aki menunjukkan warna hijau, artinya aki dalam keadaan baik dan siap digunakan. Namun, jika lampu indikatornya berwarna merah atau kuning, artinya ada kesalahan dalem pemasangan aki.

Itulah 5 cara pasang aki mobil yang dapat kamu ikuti. Pasang aki mobil secara mandiri tidak begitu sulit, bukan? Agar aki mobil selalu dalam kondisi yang prima, jangan lupa untuk selalu memeriksa tingkat cairan dan tegangan, serta membersihkan terminal dan klem aki. 

Namun, kesalahan cara pasang aki mobil dapat menyebabkan kerusakan pada sistem listrik mobil atau bahkan kebakaran. Jadi, jika kamu merasa belum yakin untuk melakukan pemasangan aki sendiri, ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Untuk memberikan perlindungan lebih untuk mobil kesayangan kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu