Healthy Lifestyle: Manfaat dan Tips Menjalaninya

Healthy lifestyle adalah
Table of Contents

Healthy lifestyle adalah pola hidup yang mengutamakan kesehatan fisik, mental, dan emosional dengan melakukan berbagai kebiasaan positif yang mendukung keseimbangan dan kesejahteraan seseorang. 

Namun, menjalani gaya hidup sehat tidaklah mudah. Kamu harus berkomitmen untuk menjalaninya dan menjaga konsistensinya dalam jangka waktu yang panjang. Itulah yang membuat mayoritas orang menyerah ditengah jalan dan kembali menjalankan gaya hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, kali ini Igloo akan berbagai beberapa tips untuk menjalankan healthy lifestyle sebagai panduan kamu.

Baca Juga: 6 Jenis Rider dalam Asuransi dan Manfaat Memilikinya

Manfaat Menjalani Healthy Lifestyle

Sebelum mengetahui tipsnya, menjalankan healthy lifestyle memiliki banyak manfaat positif yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat gaya hidup sehat:

1. Peningkatan Kesehatan Fisik

Mengadopsi healthy lifestyle atau gaya hidup sehat yang meliputi pola makan sehat dan aktif secara fisik dapat meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan fisik, menjaga berat badan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Emosional

Gaya hidup sehat yang mencakup tidur cukup, mengelola stres, dan memiliki hubungan sosial yang positif dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Hal ini dapat mengurangi risiko stress, kecemasan, dan depresi.

3. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Gaya hidup sehat membantu kamu menjaga berat badan yang sehat. Selain membuat tubuh terlihat ideal, berat badan yang sehat berkontribusi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satunya adalah dapat mengurangi risiko obesitas.

4. Peningkatan Energi dan Produktivitas 

Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan tingkat energi dan daya tahan tubuh. Hal ini akan membantu kamu merasa lebih bugar dan meningkatkan produktivitas dalam aktivitas sehari-hari.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang cukup mendukung pemulihan tubuh dan kesehatan mental. Jika kamu merasa kesulitan untuk tidur cobalah untuk melakukan aktivitas relaksasi sebelum tidur, seperti meditasi, pernapasan dalam, atau membaca buku yang menenangkan. 

Tips Menjalani Healthy Lifestyle

1. Konsumsi Makan Sehat dan Bergizi

Untuk menjalani healthy lifestyle, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.  Berikut adalah beberapa jenis makanan sehat yang sebaiknya dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Biji-bijian dan Sereal Utuh
  • Protein Tanpa Lemak
  • Susu Rendah Lemak atau Alternatif Nabati
  • Lemak Sehat
  • Telur

2. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih adalah salah satu kebiasaan yang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Setidaknya kamu harus minum 8 gelas (2 liter) air putih dalam sehari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa minum air putih sangat penting untuk kesehatan:

  • Mencegah Dehidrasi
  • Meningkatkan Fungsi Organ
  • Mendukung Fungsi Pencernaan
  • Membantu Membuang Racun
  • Menjaga Kesehatan Kulit
  • Menjaga Keseimbangan Elektrolit
  • Membantu Pengaturan Suhu Tubuh
  • Membantu Pemulihan Setelah Olahraga
  • Membantu Menjaga Berat Badan yang Sehat
  • Mendukung Kinerja Otak

3. Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental. Selain dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, hipertensi, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

Ada banyak jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Beberapa rekomendasi dari Igloo antara lain adalah angkat beban di gym, kardio, hingga mengikuti kelas bela diri. Jika tidak memungkinkan untuk pergi keluar, kamu juga bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti gerakan-gerakan yang bisa kamu tonton di media sosial seperti YouTube.

4. Istirahat yang Cukup

Mendapatkan istirahat yang cukup adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan hidup yang sehat atau healthy lifestyle. Hal ini membuat tubuh untuk memiliki kesempatan untuk memulihkan dan meregenerasi diri setelah beraktivitas sepanjang hari.

5. Kelola Stress

Tidak hanya fisik, kamu juga harus memperhatikan kondisi mental kamu. Stres yang berlebihan dapat berdampak negatif pada tubuh dan pikiran, tetapi dengan mengadopsi strategi yang tepat, kamu dapat mengurangi dampaknya.

Pastikan untuk mendapatkan waktu untuk beristirahat dan relaksasi setiap hari. Kamu bisa melakukan aktivitas yang kamu nikmati, seperti meditasi, yoga, membaca buku, atau berjalan-jalan. Relaksasi membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

6. Rutin Memeriksakan Kesehatan

Jangan lupa untuk rutin memeriksa kesehatan setiap beberapa bulan atau tahun sekali. Rutin memeriksakan kesehatan adalah praktik yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah masalah kesehatan yang lebih serius. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang mungkin tidak terasa atau terdeteksi. 

Selain itu, pemeriksaan kesehatan rutin membantu mengukur kesehatan kamu secara keseluruhan, termasuk berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol, dan fungsi organ. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi faktor risiko yang mungkin perlu dikelola lebih baik.

Gaya hidup sehat adalah investasi bagi kesehatan jangka panjang dan kualitas hidup yang lebih baik. Mengadopsi gaya hidup sehat dapat meningkatkan energi, fisik, dan tingkat kebahagiaan secara keseluruhan. 

Untuk memberikan kesejahteraan lebih lanjut, pastikan untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik dari Igloo, dan dapatkan berbagai macam macam keuntungan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kesehatan kamu.

Baca Juga: Rincian Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

Untuk melakukan pembelian asuransi kesehatan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kesehatan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kesehatan
  2. Pilih jenis asuransi kesehatan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Keluarga dan Asuransi Individu
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis asuransi perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi keluarga/personal kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Selain asuransi kesehatan, Igloo juga menawarkan berbagai produk asuransi lain yang dapat memberikan ketenangan pikiran yang sama. Jika kamu berencana untuk bepergian, pertimbangkan asuransi perjalanan Igloo untuk melindungi perjalanan kamu dari kemungkinan gangguan. Untuk kendaraan berharga, Igloo menyediakan asuransi kendaraan yang akan melindungi investasi kamu baik asuransi motor hingga asuransi mobil. Bahkan teman berbulu kamu bisa mendapatkan perlindungan terbaik dengan asuransi hewan peliharaan Igloo.

Jadilah bagian dari keluarga Igloo dengan kunjungi situs web Igloo hari ini dan dapatkan penawaran serta informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Igloo. Yuk, lindungi kesehatan dan masa depan kamu bersama Igloo!

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu