Skip to content

Tantangan Industri Motor Listrik untuk Kendaraan Masa Depan

Dunia sedang menghadapi krisis lingkungan yang luar biasa dan kamu tidak bisa berdiam diri tanpa memberikan sumbangsih. Karena untuk mengembalikan bumi sebagai tempat yang layak huni perlu adanya kerjasama dengan berbagai sektor kehidupan. Salah satunya dengan mengalihkan industri motor konvensional ke era kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Berdasarkan keterangan Deloitte dan Foundry, di Indonesia kendaraan listrik baru mencapai 2.176 unit di tahun 2020, 7.498 unit di tahun 2021 dan di tahun 2022 meningkat menjadi 33.461 unit. Peningkatan ini tentu menjadi angin segar bagi seluruh warga Indonesia, meskipun jumlahnya masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah yaitu 15,7 juta di tahun 2030.

Bukan hanya di Indonesia, kendaraan listrik juga populer di berbagai negara karena dapat menjadi solusi mengembalikan lingkungan menjadi lebih sehat dan menurunkan emisi karbon yang tersebar. Meskipun di Indonesia perkembangannya belum signifikan, akan tetapi apakah hal tersebut dapat menjadi kesempatan atau malah jadi tantangan baru di Indonesia?

Baca Juga Artikel Lainnya : Ketahui Apa Itu Motor Listrik dan Kelebihannya

Menilik Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Tahun lalu Presiden Joko Widodo berkunjung ke Tiongkok untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan beberapa pemimpin perusahaan. Tujuannya untuk membahas seberapa besar peluang investasi di Indonesia termasuk membahas investasi kendaraan listrik di Indonesia. Presiden Jokowi juga menjelaskan terkait investasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sekarang ini menjadi pokok fokusan pemerintah. Dimana pemerintah Indonesia optimis untuk memproduksi kendaraan listrik sejak dari bahan baku yaitu baterai electric vehicles hingga produk jadi.

Inilah Kesempatan untuk Industri Motor di Era Kendaraan Listrik

Berdasarkan kesepakatan berbagai negara di dunia, tujuan net zero emission harus tercapai di tahun 2060. Dengan tujuan tersebut semua negara berlomba untuk mencari solusi dan mewujudkan tantangan tersebut.

Salah satunya dengan mempercepat peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan yang berbasis listrik. Nah inilah kesempatan untuk industri motor di era kendaraan listrik. Yaitu memanfaatkan kesempatan untuk bisa menjadi negara maju dan beranjak dari anggapan negara berkembang.

Adapun beberapa strategi yang dilakukan pemerintah bersama industri motor untuk mewujudkan kesempatan tersebut:

  1. Berusaha menciptakan sebuah ekosistem kendaraan listrik dan baterainya (electric vehicles). Pemerintah pun sudah membuat regulasi yang tertuang dalam Peraturan Presiden di nomor 55 Tahun 2019 yaitu terkait Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (BEV) yang siap menjadi salah satu pilihan moda transportasi.
  2. Pemerintah mengharapkan nantinya ada negara lain yang ketergantungan dengan Indonesia. Melihat negara Indonesia mempunyai potensi besar untuk membuat ekosistem kendaraan listrik. Khususnya dalam memproduksi baterai untuk mensuplai kendaraan listrik di Indonesia maupun negara lain.
  3. Indonesia mempunyai cadangan bahan baku nikel dan termasuk nomor satu di dunia yaitu sejumlah 21 miliar ton. Selain itu juga memiliki timah, bauksit, dan tembaga dalam jumlah yang banyak. Sumber daya ini dapat dimanfaatkan industri baterai untuk memproduksi EV baterai dan baterai lithium hingga nanti menjadi kendaraan listrik lewat program hilirisasi. Mengingat baterai adalah komponen kunci dari kendaraan listrik.

Apabila rencana pembangunan kendaraan listrik dari hulu ke hilir sudah terbentuk secara otomatis negara lain yang merupakan produsen otomotif akan memperhatikan Indonesia. Baik untuk berinvestasi maupun untuk mendapatkan produk baterai atau kendaraan listrik produksi Indonesia.

Beberapa Tantangan Pengembangan Kendaraan Listrik dan Komponennya

Meskipun potensi Indonesia begitu besar, Indonesia dan industri motor harus menghadapi beberapa tantangan agar dapat berkembang. Diantaranya pajak yang akhirnya menyebabkan harga kendaraan listrik sangat tinggi, terutama jika kendaraan listrik yang kamu beli statusnya impor impor completely built up. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah akhirnya memberikan insentif untuk 35.900 unit kendaraan listrik khususnya mobil listrik merek Hyundai Ioniq 5 dan juga Wuling Air EV.

Adanya insentif di atas sangatlah membantu masyarakat karena akhirnya pajak bisa terpotong hingga 10%. Di samping itu juga masih ada insentif fiskal dan nonfiskal untuk konsumen Indonesia. Dengan tujuan agar aktivitas industrialisasi semakin masif terjadi di Indonesia. Selain pajak Indonesia juga harus menangani pergantian pemerintahan yang terjadi di tahun ini. Hal tersebut menjadi masalah jika tidak ada undang-undang yang menjamin kepastian hukum terkait kendaraan listrik. 

Nah untuk mencegah pemberhentian pengembangan kendaraan listrik di Indonesia akhirnya muncul aturan pemerintah dalam Peraturan Pemerintah di nomor 74 tahun 2021 yang berkaitan dengan aturan Presiden nomor 73 tahun 2019. Dimana dalam undang-undang tersebut dibahas tentang Barang Kena Pajak yang masuk barang mewah dalam hal ini kendaraan listrik. Di samping itu juga masih banyak regulasi lain yang mengatur pengembangan kendaraan listrik di Indonesia demi mensukseskan ekosistem kendaraan listrik di negara ini.

Itulah tantangan dan kesempatan untuk industri motor di era kendaraan listrik yang harus kamu pahami. Sebagai masyarakat yang baik tentunya kamu harus mendukung hal baik seperti ini dengan segera beralih ke kendaraan listrik dan melengkapinya dengan Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.