Perjalanan Melintasi Jalur Terpencil Indonesia dengan Motor Trail

Jalur Terpencil Indonesia
Table of Contents

Mencoba menjelajahi destinasi tidak biasa di alam terbuka merupakan sebuah pengalaman yang cukup menarik. Dimana jalurnya terpencil dan hanya bisa kamu lewati dengan motor trail. Jalur-jalur ini menawarkan tantangan dan keindahan alam terbuka yang mengagumkan yang tidak bisa kamu temukan jika lewat jalur konvensional.

Motor trail adalah rajanya jalur terpencil, sehingga sebelum melakukan touring dan menjelajahi alam terbuka kamu wajib mencari jalur yang bisa kamu lewati. Nah di Indonesia ada banyak jalur terpencil yang bisa kamu lewati dengan motor trail, dimana sajakah itu?

Perjalanan Melintasi Jalur Terpencil: Menjelajahi Destinasi Tidak Biasa dengan Motor

Indonesia merupakan negara kepulauan yang datarannya mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Sehingga bentang alam ini memuat berbagai macam tumbuhan dengan segala ukuran yang kebanyakan menutupi pemandangan yang indah dibaliknya. Untuk melihat pemandangan tersebut, kamu hanya bisa menjangkaunya dengan motor trail.

Nah berikut ini destinasi tidak biasa yang hanya bisa kamu tempuh dengan motor trail:

  1. Jalur terpencil di pegunungan Bali

Bali mempunyai keindahan yang tidak hanya bisa kamu jangkau lewat jalur konvensional, ada pula destinasi yang tersembunyi dibalik pegunungan Bali yang bisa kamu jangkau dengan motor trail.

Salah satu destinasi favorit untuk petualangan di Bali adalah daerah yang ada di sekitar Kintamani. Termasuk daerah Gunung Batur yang memang sering dilewati komunitas off-road.

Pegunungan Kintamani adanya di dataran tinggi yang ada di kawasan pegunungan Bali. Medan yang akan kamu lewati berupa hutan, jalan setapak, pegunungan, jalur berbatu, tanah liat dan berbagai medan off-road lainnya.

Nah selama perjalanan kamu akan menikmati berbagai pemandangan alam yang membentang luas. Seperti keindahan Gunung Batur, danaunya dan keindahan alam hijau sekitarnya yang menjadi latar belakang perjalananmu.

Kamu nanti juga akan melewati desa-desa tradisional Bali yang cantik, kamu bisa menyempatkan berinteraksi dengan masyarakat Bali, merasakan budaya lokal mereka dan melihat berbagai arsitektur yang tersaji. Di samping perjalanan di jalur terpencil, kamu juga bisa melipir untuk sekedar tracking, mengendarai sepeda gunung atau mengendarai tour jeep safari di daerah ini.

  1. Jalur terpencil hutan Kalimantan

Seperti yang kamu tahu, sebagian besar wilayah Kalimantan adalah hutan. Bahkan antar desa berbatasan dengan hutan. Meskipun begitu, di pulau ini banyak keindahan alam yang patut untuk dijelajahi.

Misalnya Hutan Lindung Bukit Raya, letaknya di Kalimantan Tengah, mempunyai jalur off-road yang membentang di hutan hujan tropis sehingga kamu bisa menikmati keanekaragaman flora dan fauna di sekitarnya. Bukit Raya ini juga merupakan puncak tertinggi di Kalimantan.

Kemudian kamu juga bisa berkunjung ke Taman Nasional Kutai yang ada di Kalimantan Timur. Wilayah ini adalah hunian bagi populasi orangutan dan banyak satwa liar lainnya. Nah kamu bisa menjelajahi alam disekitarnya yang berupa hutan dan danau dengan mengendarai motor trail.

Tidak sampai disitu, kamu juga bisa ke Hutan Wisata Kerangas yang ada di Kalimantan Barat. Di wisata ini kamu akan menemukan jalur off-road yang menantang bermedan bebatuaan. Lanjut ke Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah, wilayah ini adalah area konservasi lahan gambut dan kehidupan liar di sekitarnya. Atau ke pegunungan Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, dimana kamu bisa melintasi jalur off road berupa pegunungan dan lembah hijau. Jangan lupa kamu juga bisa mencari sungai dan air terjunnya yang populer.

  1. Jalur terpencil pulau Jawa

Di pulau Jawa juga ada jalur terpencil yang hanya bisa dijangkau dengan motor, jalur ini menawarkan medan off-road yang cukup menantang. Diantaranya Gunung Bromo dengan lautan pasirnya, kawasan Tangkuban Perahu Jawa Barat yang terkenal dengan kawah aktifnya. Di jalur ini memungkinkan kamu untuk menjelajahi lereng-lereng dan hutan yang ada di sekitarnya.

Lanjut, kamu juga bisa menjelajahi Gunung Merapi, terutama di jalur off-roadnya yang menawarkan lereng gunung dan hutan yang cantik. Atau Karimun Jawa, terdiri dari berbagai pulau kecil yang menyuguhkan berbagai destinasi seperti pantai, hutan, dan desa tradisional di Karimun Jawa.

Nah itulah berbagai destinasi tidak biasa yang hanya bisa dijangkau dengan motor trail. Namun tentunya sebelum memulai perjalanan melintasi jalur terpencil, ada baiknya kamu menyiapkan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan. Terutama kemampuan mengendarai motor trail di jalur-jalur ekstrem Indonesia.

Selain itu, selama perjalan ada baiknya selalu menghormati lingkungan yang kamu lewati, mengikuti aturan keselamatan yang berlaku dan gunakan pemandu lokal agar perjalanan lancar dan aman. Di samping keselamatan diri, kamu juga wajib melengkapi kendaraan off-road dengan Asuransi Motor dari Igloo. 

Dengan asuransi yang kamu miliki tersebut, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Baca Juga : Mengintip Dunia Subkultur Motor: Fenomena Unik yang Membentuk Komunitas Motor di Semarang

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu