Mengintip Dunia Subkultur Motor: Fenomena Unik yang Membentuk Komunitas Motor di Semarang

Mengintip Dunia Subkultur Motor: Fenomena Unik yang Membentuk Komunitas
Table of Contents

Komunitas motor merupakan sekumpulan orang yang mempunyai hobi mengendarai sepeda motor dengan model yang sama, entah untuk tujuan konvoi ataupun touring. Di samping itu komunitas motor yang terbentuk adalah bagian dari sebuah subkultur masyarakat yang biasanya terdiri dari remaja putra. Ada yang terdiri dari siswa putra sebuah sekolah, latar belakang sosial remaja, daerah tinggal mereka dan sebagainya. Nah mereka mengasosiasikan diri dengan aktivitas motoran bersama sebagai wujud ekspresi.

Meskipun seringkali komunitas motor dianggap tidak mempunyai manfaat positif. Akan tetapi nyatanya ada banyak manfaat positif bagi kehidupan masyarakat yang bisa kamu rasakan.

Dampak Positif Bergabung di Komunitas Semarang

Adapun berikut ini beberapa manfaat positif terbentuknya dan bergabungnya seseorang ke sebuah komunitas motor di daerahnya.

  1. Dengan bergabung di komunitas motor, kamu dapat memperluas pergaulan ke arah positif dan pada akhirnya dapat menambah relasi.
  2. Sebagai sarana kamu menyalurkan hobi, khususnya kamu yang mempunyai hobi dan ketertarikan pada dunia otomotif.
  3. Komunitas motor juga bisa menjadi media forum diskusi untuk berbagi ilmu dan menambah pengalaman dari anggotanya, terutama dalam bidang otomotif.
  4. Sebagai wadah belajar otomotif yang cukup efektif dan menyenangkan bagi anggotanya karena dapat belajar sekaligus praktik.
  5. Sebagai sarana untuk anggotanya menuangkan kreativitasnya memodifikasi motor yang sedang dikendarai. Karena seringkali kita lihat mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas akan merubah motor mereka menjadi seunik mungkin. Nah hal tersebut tentu saja melatif kreativitas dan kemampuannya untuk menemukan solusi atas hambatan saat modifikasi.
  6. Mereka yang tergabung dengan komunitas motor lebih mengenal rute jalan di berbagai daerah. Karena mereka sering touring sebagai agenda rutin sebuah komunitas.
  7. Meningkatkan rasa solidaritas seseorang, selain kreativitas mereka yang tergabung dalam komunitas motor akan suka rela membantu anggotanya yang mengalami kesulitas. Bahkan hal ini tidak terbatas pada anggotanya saja yang dibantu, akan tetapi solidaritasnya juga ditunjukkan pada komunitas motor lain.
  8. Atas nama komunitas motor, mereka juga sering mengadakan kegiatan sosial seperti gathering, galang dana untuk bencana dan pembagian sembako untuk orang yang membutuhkan.

Namun sayangnya, dampak positif ini tertutupi dengan dampak negatif komunitas motor yang tersebar di masyarakat. Karena komunitas motor sering terlibat dalam kriminalitas saat di jalan raya, kebut-kebutan, balap liar dan berbagai tindakan yang meresahkan masyarakat.

Fenomena Unik yang Membentuk Komunitas Motor di Semarang

Komunitas motor di Semarang terdiri dari remaja usia awal hingga dewasa. Mereka menggunakan klub tersebut untuk berkumpul, berkomunikasi, bermain, dan berinteraksi antar anggota. Namun tahukah kamu bahwa komunitas tersebut terdiri dari mereka yang mempunyai gaya hidup dan latar belakang yang berbeda-beda?

  • Dinamika bergabung kegiatan komunitas motor

Ada banyak alasan yang menjadikan remaja di Semarang bergabung komunitas motor. Dimana secara umum, gabungnya seseorang dalam komunitas motor adalah sebuah kebutuhan subjek untuk menjalin hubungan dengan lingkungan sosial di sekitar mereka. Apalagi di usia remaja awal, ego yang ada di dalam diri aktif mencari dan penasaran dengan berbagai pengalaman baru. Hingga nantinya terbentuk sosok dengan gaya hidup pribadi yang unik daripada remaja pada umumnya.

Di dalam komunitas juga terdapat banyak kegiatan rutin yang dilakukan, dimana kegiatan ini secara massif dapat membuat semua anggotanya terikat. Akhirnya komunitas ini mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi kehidupan anggota komunitas.

Nah hal ini tentunya harus diarahkan pada manfaat yang positif yang bisa dirasakan bukan hanya oleh anggotanya tetapi masyarakat sekitar komunitas tersebut. Misalnya meminta kontribusi mereka dalam penanggulangan masalah sosial seperti kenakalan remaja dan ketertiban lalu lintas. Jika hal tersebut bisa mereka lakukan tentu, citra komunitas motor di mata masyarakat akan baik dan tidak dianggap meresahkan.

  • Memaknai kehidupan sehari-hari

Remaja dalam usia awal merupakan periode dimana terjadi penyesuaian diri terhadap berbagai pola kehidupan baru dan keinginan mereka terhadap hubungan sosial yang baru. Oleh karena itu, individu yang sudah dewasa diharapkan punya peran penting dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan di komunitas motor tersebut.

Misalnya dalam sebuah komunitas motor terdiri dari individu dengan berbagai usia, pekerjaan, dan pendidikan. Mereka bergabung karena kesamaan hobi, sehingga mereka tetap mempunyai kehidupan harian yang harus dijalani setiap harinya.

Nah dengan adanya komunitas motor ini, mereka yang sudah mempunyai pengalaman hidup membagikan cara mereka dalam memaknai kehidupan. Selain itu mereka juga punya peran dalam mengarahkan remaja usia awal ke berbagai hal yang baik dan positif yang berdampak untuk masa depan mereka. Sehingga lebih dari sekedar hobi yang sama, tetapi komunitas motor dapat menjadi ladang mereka berbagi pengalaman, nilai kehidupan dan dukungan dalam menjalani hari sebagai remaja.

  • Kehidupan dewasa awal

Kehidupan dewasa awal terdiri dari mahasiswa tingkat akhir, individu yang baru menikah, individu yang memikirkan pekerjaan dan sebagainya. Hadirnya komunitas motor akan membuat mereka merasakan dukungan antar satu sama lain dalam menjalani kehidupan. Selain itu juga sebagai sarana relasi yang dapat saling membantu jika anggotanya membutuhkan bantuan atau dukungan baik dana maupun tenaga.

Itulah fenomena unik komunitas motor di Semarang yang tidak banyak orang tahu. Ingat, di samping dampak negatif yang diakibatkannya, masih banyak dampak positif yang bisa dirasakan. Dan apabila kamu menemukan salah seorang di sekitarmu atau kamu adalah anggota komunitas motor, jangan lupa demi keselamatan mereka saat berkendara dan motor yang mereka kendarai anjurkan untuk memiliki Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi yang kamu miliki, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Baca Juga : Ini Cara Memilih Motor yang Cocok untuk Perjalanan Mudik Lebaran!

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu