Inilah Kenangan Tradisional yang Dirindukan Dalam Perjalanan Mudik Lebaran di Kampung Halaman

Cara Membawa Kembali Kenangan Tradisional dalam Perjalanan Mudik
Table of Contents

Tahukah kamu bahwa sebagian besar orang memilih untuk berada dalam kemacetan selama berjam-jam saat perjalanan mudik? Untuk kamu yang berada dalam perantauan momen merayakan lebaran di kampung halaman pasti sangat dinantikan.

Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing ketika lebaran. Kenangan tradisional di dalamnya tentu berbeda dengan perayaan yang ada di kota metropolitan. Sehingga perjalanan jauh rela mereka tempuh sebagai cara membawa kembali kenangan tradisiomal dalam perjalanan mudik.

Lebih dari berkumpul bersama keluarga, saat lebaran kamu akan mengulang masa dimana tetangga-tetangga bersilaturahmi dari satu rumah ke rumah lainnya. Nah kira-kira bagi kamu kenangan trandisional apa yang ingin kenang kembali?

Berbagai Kenangan Tradisional yang Dirindukan Selama Perjalanan Mudik Hingga Lebaran

Ada banyak cara membawa kembali kenangan tradisional dalam perjalanan mudik. Diantaranya dengan mengingat momen-momen yang akan dijumpai selama perjalanan mudik hingga lebaran tiba.

Nah diantara momen tersebut, inilah kenangan tradisional dari perjalanan mudik hingga lebaran yang susah dilupakan:

  • Buka Puasa di Pinggir Jalan Saat Perjalanan Mudik

Dalam perjalanan mudik biasanya kamu akan melewati momen buka puasa di pinggir jalan. Momen berbuka dengan makanan sederhana bersama keluarga tentu tidak akan terlupakan. Bahkan rasa lelah yang dirasakan setelah perjalanan jauh pun menjadi hilang seketika.

  • Berhari-Hari Ada di Jalanan Rute Mudik

Perjalanan mudik ke luar kota hingga luar pulau bisa memakan waktu berhari-hari. Dan selama berhari-hari itu pula kamu melewatinya di kendaraan bersama anggota keluargamu yang lain.

Rasa capeknya tentu akan tergantikan dengan rasa bahagia ketika mendapat sambutan hangat di kampung halaman nantinya. 

  • Mengejar Buka Puasa Bersama di Hari Terakhir Ramadhan

Setiap orang yang melakukan perjalanan mudik pasti mengusahakan untuk bisa mengejar buka puasa bersama di hari terakhir Ramadhan. Kenangan tradisional inilah yang pasti kamu nantikan bersama anggota keluarga yang lain, sekedar duduk bersama dan berbuka dengan hidangan yang sudah disiapkan.

Apalagi jika kamu biasanya berbuka sendirian, rasa kesepian itu pasti menerpa. Dan momen berkumpul kembali dengan keluarga menjadi kenangan spesial yang kamu nantikan.

  • Gema Takbir yang Bersautan di Kampung Halaman

Di malam terakhir Ramadhan biasanya di kampung akan mengadakan tradisi takbir keliling. Selain takbir keliling biasanya kamu juga akan mendengar gema takbir dari setiap masjid.

Momen seperti ini tentu jarang kamu temukan di kota-kota besar. Di kota kamu sudah tidak bisa melakukan takbir keliling, bahkan gema takbir hanya akan kamu dengan samar-samar.

Sehingga mudik lebaran menjadi momen yang sudah pasti dinanti banyak orang, meskipun hanya sebentar mereka yang ada diperantauan pasti ingin pulang dan merasakan kembali kenangan tradisional ini.

  • Makanan Khas Lebaran

Makanan juga menjadi kenangan yang tak terlupakan saat lebaran. Bahkan setiap daerah mempunyai ciri khas makanan lebaran masing-masing.

Dengan memakan makanan khas lebaran kamu akan mengingat kembali rasa yang dulu pernah kamu rasakan saat kecil di kampung halaman.

  • Sholat Idul Fitri

Jika gema takbir sudah dikumandangkan maka esok paginya kamu akan melaksanakan sholat Idul Fitri. Sholat Idul Fitri bersama keluarga dan masyarakat sekitar menjadi kepingan kenangan yang pasti kamu nantikan kehadirannya setiap tahun.

  • Sungkeman dengan Orang Tua

Kenangan tradisional dalam perjalanan mudik akan bermuara saat sholat Idul Fitri dan momen sungkeman dengan orang tua. Dimana kamu bersimpuh sambil mencium tangan orang yang lebih tua untuk meminta maaf akan kesalahan yang pernah diperbuat.

Momen haru saat sungkem menjadi memori yang terus melekat dan bahkan menjadi momen yang ditunggu sejak dalam perjalanan mudik.

  • Berbagi Cerita Dengan Keluarga yang Sudah Lama Tidak Bertemu

Saat berkumpul kembali bersama keluarga besar tentu masing-masing dari kamu akan menceritakan berbagai momen kehidupan yang dialami. Sekedar berbagi tawa, pengalaman, dan jokes lucu menjadi momen yang bisa menghangatkan hati.

  • Keliling Mengunjungi Sanak Saudara

Setelah dengan keluarga besar, saat lebaran di kampung halaman kamu akan mengulang masa keliling mengunjungi sanak saudara untuk silaturahmi setelah lama tidak bertemu.

Biasanya kenangan tradisional ini juga identik dengan THR, dimana kamu yang pulang dari rantauan berbagi rezeki kepada sanak saudara. Selain berbagi THR, berkeliling mengunjungi sanak saudara adalah kesempatan untuk mengenalkan anggota keluarga yang baru. Entah itu anak atau saudara yang baru menikah dan kamu belum mengenal mereka karena ada di rantauan.

  • Mencicipi Suguhan dari Orang yang Dikunjungi

Selain bersilaturahmi biasanya kamu juga akan dipersilahkan untuk mencicipi suguhan dari orang yang kamu kunjungi. Sambil bercerita dan mengenang masa dahulu menjadikan momen ini sangat dinantikan saat mudik lebaran.

Nah itulah tadi beberapa kenangan yang pasti kamu nantikan saat lebaran tiba dan mengenangnya pada saat perjalanan mudik adalah cara membawa kembali kenangan tradisional di dalamnya. Sambil mengenang masa dahulu, agar perjalanan mudik lebaran semakin aman dan nyaman kamu seharusnya melengkapi diri sendiri dan keluarga dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo. Igloo menyediakan asuransi yang bisa memberikan jaminan selama perjalanan mudik tahun ini, baik itu perlindungan bagi pengendara hingga kendaraan yang kamu gunakan.

Artikel Lainnya : 7 Etika dan Kode Etik Berkendara Saat Perjalanan Mudik

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu