Lebih Futuristik, Inilah Inovasi Terbaru dalam Sistem Keselamatan Mobil 2024

Inovasi Terbaru dalam Sistem Keselamatan Mobil
Table of Contents

Fitur keselamatan pada mobil terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Para ahli di industri otomotif bahkan berlomba menghadirkan sistem keamanan yang menunjang kebutuhan konsumen. Fungsi sistem keamanan mobil sendiri sangat penting untuk kamu pahami, terutama sebelum kamu memiliki atau mengendarai mobil. Tujuannya tentu saja untuk bisa berkendara dengan selamat dan dapat memaksimalkan penggunaan fitur keselamatan yang disediakan.

Nah di tahun 2024 ini, kira-kira inovasi terbaru dalam sistem keselamatan mobil seperti apa yang ditawarkan oleh industri otomotif? Sebelum memahaminya, kamu juga perlu memahami sistem keselamatan pada mobil secara general.

Sistem Keselamatan Aktif dan Pasif pada Mobil

Secara umum, fitur keselamatan pada mobil dibagi menjadi sistem keselamatan aktif dan sistem keselamatan pasir. Fungsinya secara umum untuk mengantisipasi potensi adanya kecelakaan saat berkendara. Sehingga saat kecelakaan terjadi fitur-fitur yang disediakan pada mobil dapat meminimalisir dampaknya.

  • Sistem keselamatan aktif

Pada sistem keselamatan aktif semua perangkat yang terpasang pada mobil yang dapat melindungi pengemudi maupun penumpang sehingga kecelakaan dapat dihindari. Nah apa saja sistem keselamatan aktif pada mobil?

Contoh sistem keselamatan aktif pada mobil adalah ABS atau rem anti blokir, ESC atau Electronic Stability Control, BSM atau Blind Spot Monitoring, HSA atau Hill Start Assist, DRLS atau Daytime Running Lights, dan AEB atau Automatic Emergency Braking.

  • Sistem keselamatan pasif

Sistem keselamatan pasir dibutuhkan untuk melindungi pengendara maupun penumpang saat dan setelah kecelakaan. Nah fitur-fitur dalam sistem keselamatan pasif semakin canggih dari tahun ke tahun. Contohnya Seat Belt, Airbag, TPMS atau Tire Pressure Monitoring System, ISOFIX, dan lain sebagainya.

Lalu inovasi sistem keselamatan mobil seperti apa yang ditawarkan di tahun 2024? Berikut rangkuman Igloo terkait perkembangan sistem keselamatan mobil.

Inovasi Terbaru dalam Sistem Keselamatan Mobil

Sistem keselamatan mobil terus mengalami perkembangan, selain berbagai fitur di atas kamu juga akan menemukan banyak inovasi baru yang dilahirkan baru-baru ini. Kamu bisa cek apakah mobil yang kamu kendarai sudah menggunakan teknologi berikut.

  1. Advanced Driver Assistance Systems

Advanced Driver Assistance Systems atau ADAS merupakan fitur keselamatan yang saat ini menjadi fokus utama banyak industri otomotif. Pada sistem ini kamu akan menemukan banyak rancangan fitur otomatis. Tujuannya untuk meminimalisir kesalahan penyebab kecelakaan yang disebabkan manusia.

Saat ini ada beberapa perkembangan terkait ADAS. Diantaranya terdapat Automatic Emergency Braking System atau AEBS yang merupakan sistem otomatis pengereman kendaraan. Biasanya akan aktif jika terdeteksi adanya potensi tabrakan. Terutama saat kamu tidak sempat memberikan respon. Kemudian Adaptive Cruise Control atau ACC yaitu sistem penyesuaian otomatis pada kecepatan kendaraan, sehingga tetap ada jarak aman dengan kendaraan di depanmu. Fitur ini sangat cocok ketika kamu sedang perjalanan di tol.

  1. Sensor Fusion

Teknologi ini akan mengkombinasikan input yang digunakan pada semua sensor ADAS yang ada pada mobil. Sehingga akan tercipta Gambaran yang komprehensif terkait lingkungan sekitar kendaraan.

Adanya fitur ini akan membuat performa keselamatan menjadi lebih detail dan akurat sehingga kamu sebagai pengendara dapat memberikan respin lebih cepat saat ada situasi yang mengharuskan kamu untuk berhati-hati.

  1. Teknologi yang berfungsi saat kamu mabuk

Pada perkembangan teknologi terbaru, terdapat fitur yang dapat mendeteksi apakah kamu mengemudi dalam kondisi mabuk atau tidak. Rancangan sistemnya menggunakan sensor infrared dan kamera. Dengan sistem tersebut nantinya akan mengukur seberapa tinggi tingkat alkohol yang kamu konsumsi melalui napas pengemudi dan sinyal pupil.

  1. Integrasi sinyal 5G dan kemampuan update secara kontinu

Mobil yang sudah terintegrasi sinyal 5G dapat update peralatan dan perangkat lunak dengan sistem jarak jauh. Hal ini tentu saja tidak hanya meningkatkan keamanan kendaraan, akan tetapi juga memperkuat keamanan siber kendaraan dan melindungi sistem dari berbagai ancaman eksternal yang didapatkan mobil.

  1. HMIs yang canggih

HMIs atau Human Machine Interfaces merupakan inovasi terbaru yang memungkinkan control bisa kamu lakukan dengan lebih mudah. Dalam integrasinya bisa kamu temukan pada teknologi layar sentuh, berbagai gerakan sapuan ataupun teknologi pengenalan suara. Teknologi ini secara keseluruhan akan mengurangi gangguan dan juga membuat kamu lebih fokus pada jalanan.

  1. Otomatis deteksi impairment

Selain mendeteksi mengemudi mabuk, inovasi teknologi keselamatan pengemudi dapat mendeteksi kelelahan dan gangguan yang kamu rasakan. Sensor sendiri akan dipasang pada kokpit dan akan mengukur gangguan diantaranya perubahan pola saat mengemudi dan reaksi yang kamu berikan. Nah sistem ini akan memberikan peringatan lebih awal sehingga kecelakaan dapat terhindarkan.

Baca Juga Artikel Lainnya : Jadi Kode Penting, Ini Isyarat lampu saat berkendara Mobil

Nah itulah tadi beberapa inovasi terbaru dalam sistem keselamatan mobil yang masih terus berkembang sesuai komitmen industri otomotif untuk menjaga keselamatan pengemudi dan menurunkan angka kecelakaan. Selain itu, pencegahan lain juga perlu kamu lakukan seperti melengkapi kendaraan dengan Asuransi Mobil dari Igloo. Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan saat di jalan raya, sehingga berkendara akan lebih nyaman dan aman.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu