Bahaya Kampas Rem Aus pada Kendaraan: Mengatasi Risiko dan Meminimalkan Dampaknya

kampas rem aus
Table of Contents

Kampas rem aus pada kendaraan merupakan sebuah kondisi yang harus kamu perhatikan dan segera membutuhkan penanganan. Jika tidak, maka kamu akan menghadapi kegagalan dalam pengereman yang menuai risiko. Karena laju kendaraan tidak akan bisa kamu kontrol dan dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang berakibat fatal.

Sebelum mengenal bahaya kampas rem aus pada kendaraan mobil, mari kita pahami komponen penting satu ini. Kampas rem merupakan bagian dari sistem pengereman yang penting, komponen ini bertanggung jawab untuk mengunci piringan cakram atau rumah tromol. Tujuannya untuk mengurangi kecepatan mobil saat berada di turunan, berada di tikungan, atau berguna saat berada di lalu lintas kendaraan yang padat.

Nah tugasnya yang cukup berat ini dapat membuat kampas rem aus sehingga bisa kamu kategorikan sebagai komponen fast moving. Seringkali saat ini terjadi di lapangan kamu lebih mengenalnya dengan peristiwa rem mobil blong. Oleh karena itu, penting untuk kamu belajar mengatasi risiko dan meminimalkan dampaknya sehingga kecelakaan dapat terhindarkan.

Berbagai Bahaya Kampas Rem Aus pada Kendaraan

Saat mengendarai mobil ada kalanya kamu akan mengerem kendaraan. Nah pada saat itu kamu lakukan pernahkah kamu merasakan rem mobil kurang berfungsi optimal? Jika kondisi ini kamu biarkan maka kamu akan menghadapi berbagai bahaya kampas rem aus pada kendaraan mobil, diantaranya:

  • Pengereman menjadi kurang optimal

Kampas rem pada mobil tidak selalu berfungsi optimal pada saat kamu gunakan, karena komponen ini selalu mengalami gesekan sehingga bisa menyebabkan komponennya aus atau menipis. Ketika ini terjadi maka pengereman menjadi kurang optimal atau tidak sempurna. Kamu bisa saja kehilangan keseimbangan saat ini terjadi.

  • Piringan cakram pada sistem pengereman baret

Kampas rem yang aus akan menyebabkan plat besi yang berada pada dudukan rem bergesekan dengan piringan cakram. Hal ini tentu saja membuat piringan baret, rusak, dan tampilannya kurang baik. Jika piringan cakram baret, maka kampas rem yang baru terpasang akan cepat habis.

  • Timbul percikan api

Jika kampas rem aus tidak segera kamu ganti maka akan menimbulkan percikan api. Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan antara dua plat besi. Pada akhirnya akan membuat mobil dalam kondisi bahaya, karena sistem pengereman yang tidak efektif. Lebih jauh akan membuat roda depan pada mobil bergetar ketika dikendarai.

  • Mobil jadi kurang nyaman dikendarai

Pada mobil yang kampas remnya aus, maka kendaraan tersebut akan kurang nyaman jika dikendarai. Karena kemudi akan mudah bergetar, tidak stabil dan tersendat saat pengereman kamu lakukan.

  • Merusak komponen lainnya

Rem mobil yang berjenis tromol, jika aus akan menyebabkan komponen lainnya ikut rusak. Tromol sendiri berfungsi sebagai dudukan kampas rem, jika termakan maka akan menyebabkan rusaknya komponen dan akhirnya perlu ganti dengan yang baru.

Untuk menghindari berbagai bahaya kampas rem aus di atas kamu bisa mengupayakan berbagai hal. Termasuk mengenali ciri-ciri kampas rem aus, diantaranya pijakan rem menjadi semakin dalam, rem akan bergetar saat kamu injak, memunculkan suara gesekan ketika kamu menginjak rem, minyak rem berkurang. Dan selain itu juga membuat rem tidak pakem sehingga pengereman menjadi kurang optimal.

Mengatasi Risiko Kampas Rem Aus

Nah untuk itu kamu harus mengetahui kapan kampas rem diganti. Dengan mengganti kampas rem, maka kamu bisa mengusahakan keselamatan selama berkendara dan menjaga keandalannya dalam pengereman.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa tahu kapan kampas rem aus dan perlu diganti:

  1. Bila ketebalannya sudah mencapai 1mm

Ingat, penggantian rem tidak berdasarkan seberapa jauh kamu berkendara. Akan tetapi jika ketebalannya sudah mencapai 1mm. Selain itu kampas rem akan lebih cepat aus jika mengalami medan yang sulit. Sehingga segeralah ganti kampas rem apabila ketebalannya sudah sangat minimum.

Kemudian pada mobil transmisi otomatis, sirkulasi pergantian kampas rem akan berlangsung lebih cepat karena menggunakan sistem rem mesin rendah sehingga akan lebih sering kamu gunakan. Di samping itu juga saat muatan mobil penuh dan melaju di jalanan pegunungan atau jalanan kota yang macet sehingga banyak stop and go.

  1. Saat rem rusak

Pada kondisi rem rusak karena kualitas produk yang rendah sehingga bantalan rem kurang. Atau karena jalur rem yang rusak, misalnya seal bocor akhirnya minyak rem tidak bisa mengunci kaliper rem secara maksimal.

  1. Ketika kamu menginjak rem terlalu dalam

Saat kamu menginjak rem terlalu dalam bisa jadi sistem pengereman mobil yang kamu kendarai berkurang. Penyebabnya bisa jadi kampas rem aus sehingga perlu diganti.

  1. Jumlah minyak rem mobil sedikit

Ini ditandai dengan kampas rem aus sehingga kamu perlu memperdalam tekanan bantalan rem. Sehingga volume minyak rem yang ada di dalam selang akan bertambah dan pada saat bersamaan minyak rem di tabung reservoir akan berkurang. Dan jangan lupa untuk periksa jalur dari tabung ke rem untuk memastikan kondisi sistem pengereman secara keseluruhan.

  1. Ketika bunyi rem mencicit

Bunyi rem yang mencicit menandakan bahwa kampas rem aus dan perlu pergantian. Jika kamu teruskan dan abaikan maka rem tidak akan bekerja secara optimal.

Baca Juga Artikel Lainnya : 10 Komponen Rem Cakram Motor dan Fungsinya

Cara Meminimalisir Dampak Kampas Rem Aus pada Kendaraan

Selain mengganti kampas rem aus, kamu juga bisa meminimalisir dampak kampas rem aus pada kendaraan mobil dengan cara berikut ini:

  • Gunakan kampas rem yang berkualitas.
  • Jangan hanya menggunakan rem untuk memperlambat kendaraan kamu bisa menggunakan engine brake untuk menjaga kampas rem tetap optimal.
  • Lakukan gaya berkendara yang stabil, tidak menekan rem terlalu dalam, tidak mengerem mendadak, dan sebagainya.

Jika memang ketebalannya sudah menipis, alangkah baiknya segera ganti kampas rem dengan yang baru dan berkualitas. Selain itu gunakan gaya berkendara yang stabil dan mengutamakan keselamatan. 

Dan untuk menambah keamanan selama berkendara perlu juga kamu lakukan seperti melengkapi kendaraan dengan Asuransi Mobil dari Igloo. Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan saat di jalan raya, sehingga berkendara akan lebih nyaman dan aman.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu