8 Jenis Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui

types of travel insurance
Table of Contents

Bagi kamu yang memiliki hobi untuk melakukan perjalanan wisata atau sering melakukan perjalanan dengan berbagai keperluan lainnya seperti perjalanan bisnis, maka salah satu cara untuk melindungi diri kamu adalah dengan menggunakan asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan ini tidak kalah pentingnya dengan berbagai keperluan perjalanan lainnya seperti agenda perjalanan atau itinerary, pemesanan tiket dan penginapan. Dengan adanya asuransi perjalanan ini, maka perjalananmu akan lebih tenang.

Ada berbagai manfaat dari asuransi perjalanan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan asuransi ini. Beberapa manfaat tersebut adalah seperti berikut ini.

  1. Memberikan bantuan finansial jika terjadi kecelakaan.
  2. Memberikan kemudahan untuk melakukan perawatan yang dibutuhkan di berbagai rumah sakit di dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Memberikan ganti rugi apabila barang bawaan kamu rusak atau hilang.
  4. Memberikan ganti rugi jika terjadi keterlambatan atau pembatalan penerbangan.
  5. Memberikan bantuan jika menghadapi masalah selama melakukan perjalanan.
  6. Melindungi kamu dari tindakan terorisme.
  7. Melindungi rumah kamu selama kamu melakukan perjalanan.

Dengan berbagai manfaat tersebut, maka tentu sudah saatnya kamu mendapatkan asuransi perjalanan yang terbaik.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari asuransi perjalanan ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis asuransi perjalanan. Kali ini Igloo akan memberikan informasi tentang beberapa jenis asuransi perjalanan yang perlu kamu ketahui.

Jenis-jenis asuransi perjalanan

Untuk mempermudah kamu mengenali berbagai jenis asuransi perjalanan dan mendapatkan asuransi perjalanan wisata yang terbaik, berikut ini adalah informasi selengkapnya dari Igloo.

1. Asuransi Perjalanan dengan Tujuan Wisata

Jenis asuransi yang pertama dan kedua adalah jenis asuransi perjalanan yang terbagi berdasarkan tujuan perjalannya. Berdasarkan tujuan perjalanannya, asuransi perjalanan terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi perjalanan dengan tujuan wisata dan bisnis.

Untuk jenis asuransi yang pertama yaitu asuransi perjalanan dengan tujuan wisata adalah asuransi yang diperuntukan bagi orang-orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan berwisata. 

Jika dibandingkan dengan jenis asuransi perjalanan dengan tujuan bisnis, asuransi perjalanan dengan tujuan wisata memiliki harga premi yang lebih rendah karena tingkat resikonya lebih kecil.

Selain itu juga, jenis asuransi ini sering juga digunakan oleh beberapa perusahaan yang menjalankan bisnis dibidang jasa perjalanan wisata atau travel.

2. Asuransi Perjalanan dengan Tujuan Bisnis

Asuransi Perjalanan dengan Tujuan Bisnis

Jenis asuransi perjalanan yang kedua adalah asuransi dengan tujuan bisnis. Asuransi perjalanan dengan tujuan bisnis ini memiliki harga premi yang lebih tinggi jika membandingkannya dengan asuransi perjalanan dengan tujuan wisata.

Hal tersebut karena melakukan perjalanan bisnis memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi jika membandingkannya dengan melakukan perjalanan wisata untuk tujuan wisata.

3. Asuransi Perjalanan dengan Tujuan Dalam Negeri

Jenis asuransi perjalanan berikutnya terbagi berdasarkan tujuan perjalannya, yaitu dengan tujuan dalam atau luar negeri.

Untuk jenis asuransi perjalanan dengan tujuan dalam negeri, adalah asuransi perjalanan yang diperuntukan bagi kamu yang melakukan perjalanan dalam negeri. Untuk jenis asuransi perjalanan dalam negeri akan memiliki harga premi yang lebih rendah jika membandingkannya dengan asuransi perjalanan luar negeri.

4. Asuransi Perjalanan dengan Tujuan Luar Negeri

Jenis asuransi perjalanan yang selanjutnya adalah asuransi dengan tujuan perjalanan luar negeri. Jenis asuransi ini tentunya akan memberikan maaf bagi kamu yang akan melakukan perjalanan luar negeri.

Karena hal tersebut, untuk premi asuransi perjalanan luar negeri ini akan memiliki lebih tinggi jika membandingkannya dengan asuransi perjalanan dalam negeri.

Selain itu juga beberapa perjalanan luar negeri khusus seperti perjalanan umroh atau haji akan memiliki harga premi yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga: Apa itu Asuransi Perjalanan Wisata? Pengertian Hingga Manfaatnya

5. Individual Travel Insurance

Individual Travel Insurance

Jenis asuransi perjalanan berikutnya terbagi berdasarkan jumlah yang tertanggung atau jumlah orang yang dilindungi oleh perusahaan asuransi. Berdasarkan jumlah yang tertanggung, jenis asuransi terbagi menjadi dua, yaitu individual travel insurance dan group travel insurance.

Untuk individual travel insurance akan memberikan manfaat bagi satu individu yang menggunakan produk asuransi perjalanan. Jenis asuransi ini sangat cocok untuk kamu yang lebih sering melakukan perjalanan sendiri dan jenis asuransi ini hanya berlaku untuk satu kali perjalanan saja.

6. Group Travel Insurance

Jenis asuransi perjalanan berdasarkan jumlah tertanggung selanjutnya adalah group travel insurance. Jenis asuransi perjalanan ini adalah asuransi perjalanan yang diperuntukan untuk beberapa orang dalam satu polis asuransi.

Karena hal tersebut, group travel insurance ini sering dimanfaatkan oleh para pengusaha perjalanan wisata, termasuk beberapa instansi yang melakukan perjalanan wisata untuk beberapa orang sekaligus seperti sekolah, kampus sampai instansi lainnya untuk pergi berlibur.

7. Single Trip Insurance

Jenis asuransi perjalanan ternyata juga terbagi berdasarkan seberapa sering seseorang melakukan perjalanan. Untuk asuransi perjalanan dengan satu kali perjalanan disebut single trip insurance, dan untuk asuransi perjalanan dengan beberapa kali perjalanan disebut dengan annual trip insurance.

Single trip insurance adalah jenis asuransi yang cocok untuk kamu yang mencari asuransi dalam jangka waktu singkat dan tentunya sangat cocok bagi kamu yang tidak sering melakukan perjalanan dalam jangka waktu satu tahun.

Baca Juga: 10 Pertanyaan Tentang Asuransi dan Jawabannya

8. Annual Trip Insurance

Jenis asuransi perjalanan yang terakhir adalah annual trip insurance. Jenis asuransi perjalanan ini adalah jenis asuransi perjalanan yang akan melindungi konsumennya untuk beberapa kali perjalanan dalam jangka waktu tertentu.

Jenis asuransi perjalanan ini sangat cocok bagi kamu yang melakukan perjalanan dalam jangka waktu tertentu.

Itulah beberapa jenis asuransi perjalanan yang perlu kamu ketahui dari Igloo. Asuransi perjalanan adalah satu hal yang harus segera kamu miliki. Untuk mendapatkan yang terbaik, kamu dapat memilih asuransi perjalanan terbaik dari Igloo.

Semoga informasi dari Igloo tentang jenis asuransi perjalanan kali ini dapat membantu kamu mendapatkan asuransi yang terbaik.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu