Jangan Panik! Tips Ini Bisa Jadi Solusi Kunci Motor Hilang

kunci motor hilang
Table of Contents

Kehilangan kunci motor adalah hal yang sangat menyebalkan bagi setiap pengendara. Terlebih jika kunci hilang di situasi genting atau saat sedang beraktivitas di luar rumah. Tentu saja ini akan menyebabkan pemilik motor merasa panik.

Tidak hanya terjadi pada motor konvensional saja. Kunci motor hilang keyless juga kerap terjadi saat ini. Biasanya hal ini terjadi karena pemilik motor ceroboh dalam meletakkan atau menyimpan kunci. Selain itu, terkadang pemilik lupa setelah mereka memikirkan motor setelah sibuk seharian sehingga tanpa sadar menjatuhkan kunci motor keyless di lokasi tertentu selama beraktivitas.

Sebagian besar orang pasti mengira bahwa motor dengan fitur keyless memiliki keamanan yang tinggi. Terutama dari risiko kehilangan kunci. Hal itu karena pemilik dapat menyimpannya di dalam tas atau saku saat berkendara. Akan tetapi justru hal inilah yang membuat pemilik berpotensi lupa atau tidak menyadari letak kunci motor.

Meskipun kunci motor keyless sangat canggih dengan memanfaatkan sistem kontrol dari jarak jauh, namun risiko kehilangannya masih sama dengan kunci motor biasa. Oleh sebab itu setiap pemilik motor sangat disarankan untuk lebih teliti dalam menyimpan kunci.

Jika pemilik motor sedang mengalami situasi ini, jangan terburu – buru terbawa emosi hingga menyebabkan kepanikan. Ada beberapa tips yang bisa menjadi solusi kunci motor yang hilang. Pemilik motor bisa mengikuti tips dan solusi berikut.

Solusi Kunci Motor yang Hilang

solusi kunci motor yang hilang
Sumber Foto: Roihan Haidar via Unsplash

1. Tetap Tenang dan Cari Perlahan

Penting bagi pemilik motor untuk tetap tenang sembari mencari secara perlahan – lahan. Cara ini menjadi solusi kunci motor hilang yang bisa dilakukan pertama kali setelah pemilik menyadari bahwa kunci motor tidak ada di dalam saku atau tas. Dengan pikiran yang tenang, pemilik dapat mengingat kembali dimana terakhir kali menyimpan kunci.

Pemilik motor juga bisa mencari kunci dengan menelusuri kembali jalur dari lokasi parkir hingga lokasi terakhir. Barangkali kunci tanpa sengaja jatuh saat menuju ke tempat tujuan. Cari juga di bagian – bagian yang tersembunyi seperti lipatan pada tas, atau sofa.

Apabila masih belum ketemu, sebaiknya pemilik menanyakannya kepada penjaga parkir. Biasanya penjaga parkir akan menyimpan barang – barang penting yang jatuh di area parkir. 

2. Ambil Kunci Cadangan

Setiap kali membeli unit motor pasti pemilik akan mendapatkan dua buah kunci motor dari dealer resmi. Hal ini berlaku saat pemilik membeli motor keyless. Satu kunci biasanya dijadikan sebagai cadangan untuk menghadapi kondisi darurat atau hilang.

Pastikan pemilik motor masih memiliki kunci cadangan tersebut. Saat kunci utama hilang dan tidak ditemukan, pemilik dapat mengambil kunci cadangan agar motor bisa dikemudikan kembali. Ini berlaku juga saat kunci motor hilang keyless. Berlaku juga kunci motor hilang dan stang terkunci. Tentu membutuhkan kunci untuk membuka stang yang terkunci.

Agar tetap aman, sebaiknya jangan membawa kedua kunci sekaligus saat bepergian. Gunakan satu sebagai kunci utama dan kunci yang lain sebagai cadangan saat terjadi kehilangan.

3. Bongkar Kunci Sendiri

Beberapa jenis motor memungkinkan untuk dihidupkan tanpa menggunakan kunci. Cara ini bisa dilakukan dengan membongkar kuncinya. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa cara ini memiliki risiko sehingga sebaiknya pemilik motor menggunakannya disaat kondisi terdesak atau sedang terburu – buru.

Apabila pemilik motor ingin mencoba bisa dengan memutus kabel yang mengarah ke kunci. Setelah itu sambung kembali kedua ujung kabelnya maka motor akan hidup. Jika sudah demikian, pemilik dapat segera membawa motor ke bengkel atau dealer resmi.

4. Buat Kunci Baru

Solusi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kunci baru. Umumnya pemilik motor akan membuat kunci baru jika tidak ada harapan bagi kunci lama untuk ditemukan.

Cara bikin kunci motor yang hilang bisa dilakukan dengan memanggil ahli kunci. Biasanya mereka membuka lapak jasa di pinggir jalan. Mereka mampu membongkar kunci motor dan membuat baru. Dalam waktu singkat motor bisa kembali menyala. Hal ini biasanya dilakukan pada motor yang masih menggunakan kontak kunci.

Sementara itu untuk kunci motor hilang keyless, biasanya pihak dealer akan menawarkan layanan buat kunci motor baru. Setelah motor dihidupkan kembali menggunakan kunci cadangan, pemilik dapat segera pergi ke dealer resmi agar dibuatkan kunci remote baru. 

Jika kunci motor hilang tidak ada duplikat, pemilik bisa membuat kunci baru melalui barcode atau ID tag pendaftaran kunci sebelumnya. Sebaiknya simpan atau dokumentasikan barcode ini sesaat setelah motor baru sampai. Jika barcode hilang, maka pemilik harus mengganti SCU dan ECM yang sepaket dengan kunci motor baru. Ini hanya bisa dilakukan di dealer resmi.

Baca juga: Manfaat dan tantangan motor sebagai alat transportasi

Tips Mencegah Kunci Motor Hilang

Kehilangan kunci motor dapat berakibat fatal dan merugikan pemilik. Meskipun pemilik bisa mendapatkan kunci yang baru, namun kehilangan kunci akan menghambat segala aktivitas yang melibatkan motor.

Jika hal itu tidak ingin terjadi, sebaiknya pemilik perlu melakukan tindakan untuk mencegah kunci motor hilang. Bahkan pemilik juga bisa bersiap seandainya kunci motor tidak dapat ditemukan nantinya. Berikut adalah tips untuk mencegah kunci motor hilang.

1. Simpan di Tempat yang Aman dan Mudah Diingat

Salah satu penyebab kunci motor hilang adalah karena kecerobohan pemilik dalam menyimpan kunci. Untuk mencegah kehilangan kunci, sebaiknya pemilik motor menyimpan kunci di tempat yang aman dan mudah diingat. Ini berlaku juga bagi kunci motor keyless.

Jika perlu, pemilik bisa membuatkan tempat penyimpanan khusus misalnya tempat kunci yang menggantung di tembok atau tempat lain yang mudah dijangkau. Jika sedang berada di luar rumah, pastikan untuk menyimpan kunci di tempat yang tidak mudah jatuh. Taruh di dalam tas atau saku yang memiliki ruang cukup dalam.

2. Beri Gantungan Kunci

Biasanya orang – orang menggunakan gantungan kunci untuk mencegah kehilangan. Gantungan kunci memiliki peran sebagai penanda yang cukup identik dan cenderung mudah diingat sehingga kunci motor keyless dapat dikenali dengan mudah oleh pemiliknya. Selain itu, gantungan kunci juga akan membuat kunci terasa semakin besar sehingga masih bisa dirasakan ketika disimpan di dalam saku.

3. Sediakan Kunci Duplikat

Untuk berjaga – jaga jika kunci motor utama hilang, sebaiknya pemilik motor menyimpan kunci duplikat dengan baik. Biasanya pemilik akan diberikan dua kunci dari dealer resmi saat pembelian unit. Simpan satu kunci untuk dijadikan sebagai cadangan.

Namun jika pemilik hanya memiliki satu kunci saja, sebaiknya segera membuat duplikatnya. Pemilik bisa memanfaatkan jasa ahli kunci ataupun pergi ke dealer resmi. Biasanya tarif yang harus dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan biaya ganti kunci motor hilang. Kunci motor biasa umumnya dikenai tarif sekitar Rp20 ribu – Rp30 ribu. Sementara untuk kunci keyless bisa di kisaran Rp300 ribu atau lebih.

4. Hindari Meletakkan Kunci Sembarangan

Terkadang pemilik motor suka meletakkan kunci motor sembarangan dan sekedarnya saja baik di atas meja, kasur, dan lain sebagainya. Padahal justru kebiasaan ini yang membuat mereka lupa terakhir kali meletakkan kunci.

Tips mencegah agar kunci tetap aman adalah jangan membiarkan kunci motor tergeletak di sembarang tempat. Apabila tidak mempunyai tempat penyimpanan khusus, pemilik bisa menaruhnya di dalam tas atau laci. Dengan begitu kunci tidak akan berserakan atau terselip.

5. Klaim Garansi

Untuk motor yang masih memiliki garansi, bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kunci baru jika kedua kunci yang lama hilang. Oleh karena itu pastikan dealer memberikan garansi tersebut saat melakukan pembelian unit.

Perlu diketahui bahwa dealer tertentu mungkin akan membebankan biaya tambahan untuk membuat kunci baru. Namun bagaimanapun ini merupakan tips yang bisa dilakukan agar kunci motor kembali.

Dengan asuransi dari Igloo, selain bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman kamu juga tidak akan khawatir dengan kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menjamin kehilangan motor tersebut, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor konvensional dan motor listrik.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena Kami menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo, Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu