Panduan Menangani Kecelakaan Mobil: Langkah-Langkah Pertolongan Pertama dan Tindakan Lanjutan

pertolongan pertama kecelakaan mobil
Table of Contents

Saat ini kendaraan di jalan raya begitu banyak, diantaranya ada pengendara yang paham akan rambu-rambu lalu lintas dan ada pula yang tidak memperhatikannya. Sehingga risiko kecelakaan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun jika kamu tidak berhati-hati. Oleh karena itu, setiap pengendara ada baiknya paham panduan menangani kecelakaan mobil. Sehingga bisa mengalami langkah tepat dalam memberikan pertolongan.

Saat kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan tepat pada kecelakaan, maka kamu bisa mencegah terjadinya cedera dan pendarahan yang parah. Bahkan dengan pertolongan pertama kamu bisa menyelamatkan nyawa korban.

Namun, sayangnya banyak pengendara yang masih bingung bagaimana melakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Untuk itu, Igloo akan memberikan panduan menangani kecelakaan mobil serta langkah-langkah pertolongan pertama dan tindakan lanjutan yang bisa kamu lakukan.

Langkah-Langkah Pertolongan Pertama dan Tindakan Lanjutan saat Kecelakaan Mobil

Pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan harus berfokus pada proses penyelamatan nyawa korban. Namun sebelum itu, kamu harus memastikan keadaan korban cukup aman untuk kamu bisa memberikan pertolongan.

Nah berikut ini langkah-langkah pertolongan pertama dan tindakan lanjutan yang bisa kamu lakukan pada korban kecelakaan lalu lintas:

  1. Usahakan tetap tenang

Saat terjadi kecelakaan di sekitarmu, usahakan kamu segera menenangkan diri. Karena tidak bisa dipungkiri kamu sebagai saksi mata juga akan terkejut akan situasi tersebut. Jika kamu sudah tenang maka cobalah berpikir jernih dan tentukan apa yang bisa kamu lakukan untuk menolong korban.

Jangan tergesa-gesa menuju lokasi dan tidak memperhatikan situasi aman atau tidak untuk melakukan pertolongan. Hal tersebut akan membahayakan kamu sendiri dan merupakan perbuatan yang kurang bijak.

  1. Hubungi nomor darurat saat melihat kecelakaan lalu lintas

Jika kamu sudah tenang, maka kamu bisa menghubungi nomor darurat saat terjadi kecelakaan yaitu di 119. Usahakan tidak berasumsi bahwasannya orang lain telah menghubungi pihak berwajib. Apabila pada saat itu kamu tidak memegang ponsel, maka mintalah orang lain untuk segera menghubungi nomor darurat.

Saat menghubungi nomor darurat perhatikan plat nomor mobil, jenis kendaraan, tipe dan mereknya, warna dan berbagai keterangan lain yang berguna untuk penyelidikan pihak berwajib. Pada situasi tabrak lari kamu juga perlu memperhatikan ciri-ciri kendaraan pengemudi yang menabrak korban.

  1. Pastikan lokasi kecelakaan aman

Untuk bisa melakukan pertolongan pertama kamu harus pastikan lokasi kecelakaan aman. Jangan terburu-buru mendekati korban untuk memberikan pertolongan jika situasi lokasi kecelakaan masih belum aman.

  1. Cek keadaan korban kecelakaan

Langkah berikutnya dekati mobil yang kecelakaan dan periksa kondisi korban untuk memastikan bagaimana kondisi korban, apakah masih hidup atau meninggal di tempat. Kamu bisa mendengarkan hembusan napas korban atau pergerakan dadanya. Apabila kamu melihat korban mengalami kesulitas berpanas, maka segeralah melepaskan beban yang mengikat di tubuh korban.

Jika situasi terkendali, kamu bisa menarik korban dari lokasi, terutama jika paramedis yang sudah dihubungi belum sampai. Namun pastikan jika memindahkan korban kamu tetap berhati-hati, mengingat korban kecelakaan yang bisa saja cedera, patah tulang dan kondisi lain yang tidak memungkinkan berpindah tempat.

WHO menyarankan saat terjadi kecelakaan dan kamu ingin memindahkan korban maka pastikan kamu menopang bagian tulang belakang dan leher mereka. Memindahkan korban dari lokasi kejadian hanya bisa kamu lakukan jika situasi mendesak saja. Lakukan pertolongan pertama guna mencegah risiko fatal seperti cedera leher.

  1. Hentikan pendarahan bila ada

Apabila kamu melihat ada pendarahan pada korban, maka sebaiknya cobalah untuk menghentikannya. Posisikan tubuh korban lebih tinggi dari jantungnya dan balut luka sebaik mungkin sambil menunggu paramedis datang.

Jika memungkinkan periksa pula tanda-tanda patah tulang. Apabila ada tulang yang patah maka segera berikan alas dari bahan yang keras untuk menopang bagian tubuh korban yang patah.

  1. Berikan bantuan pernapasan pada korban

Kemudian jika korban tidak sadarkan diri dan tidak memberikan respon, bahkan mengalami henti napas. Maka segera lakukan CPR, jika kamu belum pernah melakukannya maka tunggu para medis yang datang.

  1. Pastikan korban tidak dikerumuni banyak orang

Kamu juga harus memastikan bahwa korban kecelakaan tidak dikerumuni banyak orang, karena hal tersebut dapat membuat korban kurang nyaman dan susah napas.

  1. Cek jalur pernapasan

Sebelum melakukan CPR, pastikan kamu mengecek jalur pernapasan korban. Dengan cara mendekatkan jari pada lubang hidung korban guna mendeteksi korban masih bernapas atau tidak.

  1. Berikan kesaksian dan amankan barang bukti yang ada

Jika situasi sekitar cukup parah, maka sebaiknya kamu mengamankan barang-barang milik korban. Kamu juga bisa mengamankan barang bukti kecelakaan untuk memudahkan proses penyelidikan nantinya.

Apabila barang sudah kamu amankan dan sudah menghubungi nomor darurat, segeralah untuk menghubungi keluarga korban untuk mengabarkan kondisi korban dan agar korban mendapatkan wali yang bertanggung jawab akan kondisinya nanti.

  1. Atasi shock pasca-kecelakaan

Apabila kecelakaan yang terjadi masuk dalam kategori ringan, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan mengatasi shock pada korban pasca-kecelakaan. Caranya dengan melonggarkan ikat pinggang, terlentangkan korban dengan posisi kaki yang lebih tinggi. Jika korban sadar berikan minuman secara pelan untuk menurunkan efek shock.

Nah itulah tadi panduan menangani kecelakaan mobil serta langkah-langkah pertolongan pertama dan tindakan lanjutan yang bisa kamu lakukan pada korban. Untuk mencegah kerugian yang terlalu besar, kamu bisa meminta keluarga korban untuk mengurus mobil yang mengalami kecelakaan. 

Baca Juga : Jangan Sepelekan, 10 Tips Penting dalam Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

Dalam kondisi tersebut akan sangat menguntungkan bila mobil yang dikendarai korban sudah memiliki Asuransi Mobil dari Igloo. Dengan asuransi, maka kerugian yang dialami pasca-kecelakaan bisa diminimalisir. Begitupun sebaliknya jika tidak ada asuransi maka biaya pertanggungan akan korban dan kerusakan yang dialami akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi.

Oleh karena itu bagi kamu yang mempunyai mobil sebaiknya melengkapinya dengan Asuransi Mobil dari Igloo.

Nah di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat e-wallet, QRIS, dan virtual accounts lainnya.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu