cara menghilangkan baret mobil

6 Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Mudah

Table of Contents

Dalam beberapa kasus, mungkin kamu pernah mengalami baret atau goresan di sekitar body mobil yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Jika iya, penting untuk mengetahui cara menghilangkan baret mobil untuk mengembalikan penampilannya seperti semula.

Seperti yang kita ketahui, warna adalah salah satu hal pertama yang dilihat oleh orang ketika mereka melihat mobil kamu. Cat yang bersih dan berkilau menciptakan kesan yang positif dan mencerminkan perawatan yang baik. 

Namun, jika body mobil terlihat ada baret atau goresan, tentu saja mobil akan terlihat jelek dan memberikan kesan tidak dirawat. Umumnya, goresan pada body mobil terjadi karena benturan ringan saat parkir atau saat keluar-masuk kendaraan lain.

Nah, jika kamu menemukan body mobil yang tergores, yuk, ketahui cara menghilangkan baret mobil yang mudah dilakukan berikut.

Cara Menghilangkan Baret Mobil

1. Pasta Gigi

cara menghilangkan baret mobil

Tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan gigi, pasta gigi ternyata juga dapat menghilangkan baret mobil. Pasta gigi dapat menghilangkan baret ringan dan hanya mengenai lapisan cat luar.

Cara menghilangkan baret mobil dengan pasta gigi bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Basahi kain menggunakan air
  • Tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebarnya goresan yang ada
  • Gosok bagian mobil yang tergores dengan gerakan melingkar hingga merata

Pastikan kamu menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung pemutih, karena bahan kimia dalam pasta gigi pemutih dapat merusak cat mobil.

2. Obat Nyamuk

Cara menghilangkan baret mobil yang kedua adalah dengan menggunakan obat nyamuk. Percaya atau tidak, kandungan dalam obat nyamuk dapat menghilangkan lapisan baret pada mobil, lho.

Berikut adalah cara menghilangkan baret mobil menggunakan obat nyamuk:

  • Siapkan lotion anti nyamuk, dua buah lap kering atau kanebo
  • Tuangkan obat nyamuk ke lap kering atau kanebo kering
  • Kemudian, usap bagian yang baret secara perlahan dan memutar secara merata.
  • Tunggu selama 15 sampai 20 detik sebelum membilasnya dengan air dan mengeringkan dengan lap kering

3. Minyak Rem

cara menghilangkan baret mobil

Selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak rem. Untuk melakukannya, kamu bisa menuangkan minyak rem pada kanebo kering, lalu mengoles permukaan mobil yang tergores secara merata.

4. Wax

Cara menghilangkan baret mobil dengan wax, kamu bisa memilih tipe wax padat atau cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif, tetapi kamu harus menggosoknya secara lembut. Sementara itu, penggunaan wax padat cenderung lebih aman untuk digunakan menghilangkan baret mobil.

5. Kompon

cara menghilangkan baret mobil

Kompon memiliki bahan kimia yang terbukti ampuh untuk menghilangkan baret pada mobil. Cara kerjanya adalah dengan mengikis baret hingga bagian goresan menjadi tidak terlihat lagi. Pastikan untuk memilih kompon yang sesuai dengan tingkat baret dan keausan pada cat.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan bagian goresan dengan air yang bersih
  • Keringkan bagian baret yang akan dibersihkan menggunakan lap
  • Terakhir, oleskan kompon ke bagian mobil yang baret secara cepat, agar komponenya tidak keburu kering

6. Melakukan Cat Ulang

Jika goresan sudah dalam atau parah, cara menghilangkan baret mobil selanjutnya adalah dengan melakukan cat ulang. Cara ini bisa dilakukan di bengkel, ketok magic, atau di rumah. Namun, jika melakukan di rumah, kamu harus melakukannya secara akurat agar penampilan mobil kembali seperti semula.

Itulah 6 cara menghilangkan baret mobil yang bisa kamu lakukan. Ingat, goresan atau baret pada mobil bisa mengurangi kilau dan keindahan dari cat mobil. Hal ini tentu dapat mengurangi nilai estetika kendaraan. Jadi, penting untuk merawat dan menjaga cat mobil kamu dengan baik, serta mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari goresan.

Untuk memberikan perlindungan lebih untuk mobil kesayangan kamu, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu