Ketok Magic: Kekurangan dan Kelebihan

Table of Contents

Apakah mobil kamu mengalami penyok karena kecelakaan atau terkena benturan kecil saat mengemudi? Ketok magic bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya. Lantas, apa itu ketok magic?

Ketok magic merupakan metode perbaikan bodi kendaraan yang mengalami kerusakan atau penyok dengan menggunakan teknik pukulan atau ketukan pada bagian yang rusak. Metode ini sangat populer di kalangan pemilik mobil era 2000-an ke bawah.

Dari pada membeli bodi baru atau memperbaikinya di bengkel resmi, biaya perbaikan bodi di ketok magic relatif lebih murah. Penasaran dengan cara kerjanya? Simak penjelasan apa itu ketok magic yang telah dirangkum Igloo di bawah ini.

Apa Itu Ketok Magic dan Bagaimana Prosesnya?

Berikut adalah proses perbaikan bodi mobil yang biasa dilakukan oleh ahli ketok magic yang terampil dan berpengalaman.

1. Menganalisis Bagian yang Penyok

apa itu ketok magic

Pada tahap pertama, ahli ketok magic akan melihat bagian mobil mana yang penyok atau tergores. Setelah itu, mereka akan menentukan penanganan apa saja yang dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula.

2. Penentuan Lokasi Perbaikan Kendaraan

Biasanya, bengkel ketok magic selalu tertutup dan prosesnya tidak bisa dilihat secara umum. Hal ini dikarenakan mobil yang akan diperbaiki dimasukkan ke dalam tempat khusus untuk dikerjakan. Proses perbaikan bengkel ketok magic cukup mengganggu telinga orang sekitar, inilah mengapa bengkel ketok magic selalu tertutup.

3. Proses Perbaikan

apa itu ketok magic

Ketik memasuki proses perbaikan, biasanya ahli ketok magic akan mempersiapkan alat-alat seperti plat besi khusus, palu, las, pencapit khusus, hair dryer, paintless dent removal, dan lain-lain.Berikut cara pengerjaannya.

  • Bagian yang terkena penyok tingkat rendah akan dipanaskan dengan hair dryer untuk melenturkan bagian tersebut.
  • Di saat yang bersamaan, ahli bengkel akan mengetuk-ngetuk plat besi ke bagian yang penyok sampai rata.
  • Jika bagian yang penyok cukup dalam, ahli ketok magic akan menggunakan perekat yang ditempelkan ke bagian mobil. Setelah itu, perekat dipasang tali atau ditarik menggunakan alat khusus.
  • Kemudian, ahli bengkel akan menariknya hingga bodi mobil kembali seperti semula
  • Jika masih terdapat sedikit penyok, bagian tersebut dipanaskan dan diketuk-ketuk menggunakan bantuan plat sampai rata

4. Proses Pengecatan

Ketika bagian bodi yang penyok sudah diperbaiki, tahap selanjutnya biasanya adalah proses pengecatan. Proses pengecatan diawali dengan pendempulan agar permukaan yang dihasilkan benar-benar halus. Setelah itu, proses pengecatan bisa dilakukan.

5. Melakukan Finishing Akhir

Setelah proses pengecatan selesai, tahap akhir adalah proses finishing. Mobil akan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dipoles menggunakan cairan khusus, seperti nano coating atau insta sparkling body mobil untuk membuat permukaan mobil mengkilap seperti halnya membeli mobil baru.

Berapa Lama Waktu Pengerjaan dan Biaya Perbaikan di Bengkel Ketok Magic

Waktu proses perbaikan menggunakan ketok magic tergantung tingkat kerusakannya. Biasanya bisa ditunggu dengan waktu hanya sekitar 30-45 menit saja. Namun, jika ada banyak bagian mobil yang mengalami penyok parah akan membutuhkan waktu lebih lama. 

Berikut adalah kisaran harga bengkel ketok magic yang bisa kamu jadikan referensi.

  • Perbaikan penyok ringan: Mulai dari Rp100.000 – Rp300.000
  • Penyok halus di panel bodi: Rp300.000 – Rp500.000
  • Perbaikan dengan cat mobil: Rp400.000 – Rp600.000  

Kelebihan dan Kekurangan Ketok Magic

Setelah memahami apa itu ketok magic dan prosesnya, perlu kamu ketahui bahwa bengkel ketok magic memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan Ketok Magic

  • Harga yang lebih murah dibandingkan bengkel resmi.
  • Pengerjaan bodi yang rusak dilakukan sesuai dengan permintaan dari pelanggan.
  • Proses pengerjaan yang cepat. 
  • Bisa request menggunakan parts terbaru atau bekas.

Kekurangan Ketok Magic

  • Tempat pengerjaan kurang steril. Hal ini membuat hasil pengerjaan tidak sesempurna di bengkel resmi.
  • Pengecatan hanya dilakukan pada bagian yang diperbaiki saja atau tidak satu panel.
  • Hasilnya pengecatan yang kurang maksimal karena menggunakan bahan cat yang tidak resmi.
  • Jika ada banyak pelanggan yang datang secara bersamaan, mobil kamu mungkin harus menunggu antrian untuk diperbaiki.

Itulah penjelasan seputar apa itu ketok magic yang perlu kamu ketahui. Penting untuk diingat bahwa tidak semua kerusakan bodi kendaraan dapat diperbaiki dengan ketok magic, dan dalam beberapa kasus, penggantian atau perbaikan panel bodi mungkin tetap diperlukan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki asuransi kendaraan. Memiliki asuransi kendaraan akan melindungi kamu dari kerugian finansial akibat kerusakan kendaraan. Jika kendaraan kamu mengalami kecelakaan, perbaikan dan penggantian biaya dapat ditanggung sesuai dengan ketentuan polis yang berlaku.

Selain dapat meng-cover biaya perbaikan akibat kerusakan, asuransi kendaraan juga melindungi kendaraan kamu dari pencurian atau kerusakan yang disebabkan oleh tindakan kriminal seperti perampokan, vandalisme, atau tindakan yang disengaja oleh pihak ketiga.

Beberapa polis asuransi kendaraan juga menyediakan manfaat tambahan seperti layanan derek 24 jam, mobil pengganti, layanan darurat, atau perlindungan terhadap peralatan tambahan yang dipasang pada kendaraan. 

Jadi, dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu tidak usah pusing memikirkan biaya reparasi untuk memperbaiki kendaraan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu