asuransi mobil bulanan

Asuransi Mobil Bulanan: Pengertian, Jenis Produk, dan Contohnya

Table of Contents

Biasanya, masyarakat mengaitkan asuransi mobil dengan pembayaran premi tahunan. Namun, perlu diketahui bahwa ada juga asuransi mobil bulanan yang memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran premi secara bulanan.

Jika dibandingkan dengan asuransi mobil tahunan, asuransi mobil bulanan memiliki sejumlah keunggulan yang dapat disesuaikan dengan lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Lantas, apa saja keunggulan tersebut, pahami lebih lanjut dalam artikel Blog Igloo berikut ini, ya.

Pengertian Asuransi Mobil Bulanan

Pengertian Asuransi Mobil Bulanan

Di Indonesia, premi asuransi mobil dapat dibayar secara bulanan atau tahunan. Nah, 

asuransi mobil bulanan memiliki keunggulan dimana opsi pembayaran dapat dilakukan secara bulanan. 

Dengan adanya asuransi mobil bulanan ini, semakin banyak orang yang tertarik dan merasa yakin untuk mengamankan kendaraannya melalui perlindungan asuransi. Terutama untuk masyarakat kelas menengah.

Asuransi mobil bulanan pada dasarnya mirip dengan asuransi mobil konvensional. Perbedaannya terletak pada pola pembayaran premi yang dapat dilakukan secara bulanan sesuai dengan namanya.

Proteksi yang disediakan oleh asuransi mobil bulanan tidak berbeda jauh dengan asuransi mobil konvensional. Baik itu melibatkan perlindungan terhadap risiko tabrakan, kerusakan, pencurian, kebakaran, maupun kehilangan sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih dan ketentuan polisnya.

Jenis Produk Asuransi Mobil Bulanan

Ada dua jenis asuransi mobil yang dijual di Indonesia, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

Asuransi mobil TLO hanya menanggung kerugian akibat kerusakan mobil yang nilai kerugiannya mencapai 75% atau lebih dari harga mobil saat itu. Jika pengemudi mengalami kerusakan ringan, maka kemungkinan proses klaim asuransi akan ditolak.

Sementara asuransi All-Risk memberikan perlindungan kendaraan mulai dari kerusakan ringan sampai kerusakan berat seperti kecelakaan atau kehilangan.

Harga asuransi mobil dari dua jenis itupun berbeda. Untuk harga asuransi TLO lebih murah jika dibandingkan jenis All Risk. Premi asuransi mobil All Risk biayanya sekitar empat juta rupiah.

Baca Juga: Penjelasan Mengenai Perluasan Jaminan Asuransi Mobil

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Bulanan

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Bulanan

Secara umum, premi asuransi mobil dihitung berdasarkan tarif yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, yang dikalikan dengan nilai harga kendaraan. Tarif ini dapat bervariasi tergantung pada tipe atau jenis mobil, tahun produksi, dan lokasi pelat kendaraan. 

Faktor-faktor lain yang menjadi dasar dalam menentukan besaran premi asuransi mobil meliputi usia pengemudi, skor kredit, dan faktor-faktor lainnya. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan panduan mengenai perhitungan premi asuransi mobil bulanan atau tahunan melalui Surat Edaran No 6/SEOJK.05/2017.

Dalam surat edaran tersebut, terdapat penentuan kategori kisaran harga mobil dan persentase per wilayah sebagai dasar perhitungan premi asuransi. 

Berikut adalah tabel tarif premi asuransi mobil bulanan dan tahunan yang ditetapkan oleh OJK:

Kategori WilayahHarga MobilWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
1Maksimal Rp125 juta3,82% – 4, 20%3,26% – 3,59%2,53% – 2,78%
2Rp125 – 200 juta2,67% – 2,94%2,47% – 2,72%2,69% – 2,96%
3Rp200 – 400 juta2,18% – 2,40%2,08% – 2,29%1,79% – 1,97%
4Rp400 – 800 juta1,20% – 1,32%1,20% – 1,32%1,14% – 1,25%
5Lebih dari Rp 800 juta1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%

Keterangan:

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2

Contoh Perhitungan Premi Asuransi Mobil Bulanan

Setelah mengetahui tarifnya, berikut adalah rumus yang telah ditetapkan untuk menentukan jumlah premi asuransi:

Persentase Premi (sesuai dengan jenis asuransi mobil, wilayah, dan kategori harga mobil) x Harga Mobil = Biaya Premi 

Contoh kasus, jika Bruce memiliki mobil Toyota Avanza dengan harga Rp150 juta dengan plat BG (Palembang), maka premi yang harus dibayar adalah:

2,67% x Rp150.000.000 = Rp4.005.000 per tahun. 

Untuk memungkinkan pembayaran bulanan, jumlah premi dapat dibagi menjadi 12 bagian sesuai dengan jumlah bulan dalam setahun. 

Rp4.005.000 : 12 = Rp333.750 per bulan.

Baca Juga: Asuransi Kehilangan Mobil: Pengertian dan Manfaatnya

Manfaat Asuransi Mobil Bulanan

Manfaat Asuransi Mobil Bulanan

Pada dasarnya asuransi mobil bulanan memberikan perlindungan terhadap kendaraan, tetapi ada juga berbagai manfaat tambahan yang akan kamu dapatkan. Berikut adalah empat manfaat dari asuransi mobil yang menjadikannya suatu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan.

1. Memberikan Rasa Aman dan Tenang

Asuransi mobil memberikan rasa aman dan ketenangan kepada pemiliknya, menghindarkan mereka dari beban biaya yang mungkin timbul di masa depan akibat risiko, baik itu risiko kecil maupun besar.

2. Memberikan Perlindungan Terhadap Risiko Kecelakaan

Asuransi mobil memberikan perlindungan dengan menyediakan penggantian biaya perbaikan kendaraan setelah mengalami kecelakaan, seperti tabrakan, tergelincir, terperosok, dan insiden lainnya.

3. Mengganti Biaya Perbaikan Mobil

Sejumlah perusahaan asuransi mobil menyediakan manfaat tambahan berupa biaya perbaikan kendaraan, baik dalam skala kecil maupun besar, di bengkel-bengkel mitra yang telah ditentukan.

4. Berkontribusi dalam Perencanaan Keuangan

Sebagaimana kita pahami, risiko terkait kecelakaan atau kehilangan dapat memiliki dampak finansial yang signifikan. Nah, asuransi mobil dapat membantu pemilik kendaraan dalam menyusun perencanaan keuangan yang lebih matang. Dengan adanya asuransi kendaraan, semua risiko akan ditangani oleh perusahaan asuransi.

Itulah penjelasan mengenai asuransi mobil bulanan dari Igloo yang bisa kamu jadikan referensi. Saat kamu memutuskan untuk memiliki mobil, kamu juga perlu memikirkan pengeluaran tambahan seperti biaya bensin, perawatan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah asuransi mobil.

Jika kamu merasa membayar premi asuransi setiap tahun terasa memberatkan, asuransi mobil bulanan bisa menjadi alternatif. Sistem pembayaran premi per bulan ini tentu akan membuat beban biaya terasa lebih terjangkau.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu