Menyelam di Dunia Bawah Laut: Destinasi Terbaik untuk Diving dan Snorkeling di Jawa Timur

Menyelam di Dunia Bawah Laut: Destinasi Terbaik untuk Diving dan Snorkeling
Table of Contents

Indonesia kaya akan spot-spot diving dan snorkeling yang cantik dan mempesona. Bukan hanya di ujung Indonesia saja yang punya spot cantik, akan tetapi Jawa Timur juga punya banyak destinasi terbaik untuk diving dan snorkeling.

Seperti yang kamu tahu, Jawa Timur punya kekayaan alam yang beragam, mulai dari dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah hingga bawah lautnya pun bisa kamu eksplor. Mulai dari teluknya, area pantai hingga perairan dangkal di Jawa Timur sudah menyajikan keindahan yang menarik untuk kamu jelajahi.

Nah dimana destinasi terbaik untuk diving dan snorkeling di Jawa Timur yang wajib ekplor? Igloo telah merangkum berbagai spot yang bisa kamu kunjungi di musim liburan nanti, jadi list aja dulu.

Menyelam di Dunia Bawah Laut: Destinasi Terbaik untuk Diving dan Snorkeling

Buat kamu yang sedang di Jawa Timur atau tinggal disana, kamu tidak perlu cari destinasi terbaik untuk diving dan snorkeling ke luar pulau. Karena di Jawa Timur banyak spot-spot cantik yang bisa kamu kunjungi. Bahkan diantaranya masih sepi pengunjung, padahal keindahan bawah lautnya tidak diragukan.

Inilah beberapa destinasi terbaik untuk diving dan snorkeling di Jawa Timur:

  • Gili Ketapang – Probolinggo

Gili Ketapang mempunyai arus air yang tidak terlalu kencang sehingga memungkinkan kamu untuk beraktivitas di bawah laut, baik itu diving maupun sekedar snorkeling.

Disini banyak biota laut yang cantik, mulai dari ikan warna-warni hingga terumbu karang yang masih terjaga kecantikannya. Kalau kamu berkunjung ke Gili Ketapang kamu bisa pilih spot diving atau snorkelingnya, ada dua spot yaitu sisi barat dan sisi timur.

Bagi kamu yang ingin snorkeling dengan kondisi yang tenang dan nyaman kamu bisa pilih barat yang menjadi favorit wisatawan.

  • Pantai Bolu Bolu – Malang

Pantai Bolu Bolu juga mempunyai arus air yang tenang dengan biota laut yang cantik. Untuk kedalamannya kurang lebih sampai 7 meter sehingga selain snorkeling kamu juga bisa melakukan diving di pantai ini.

Selain arus airnya yang tenang dan biota laut yang beragam, pantai ini juga masih bersih sehingga lebih nyaman buat kamu yang mencari tenang di daerah pantai.

  • Pantai Bangsring – Banyuwangi

Dari pelabuhan penyebrangan Ketapang sejauh 12 km kamu bisa menemukan pantai Bangsring. Pantai tersebut sudah masuk wilayah Banyuwangi. Seperti yang kita tahu Banyuwangi punya banyak spot diving dan snorkeling yang patut kita eksplor. Di pantai ini saja kamu bisa menemukan berbagai macam terumbu karang dan ikan laut yang cantik. Bahkan dalam perjalanan menuju ke pantai ini kamu bisa sambil memberi makan ikan, menarik bukan?

  • Gili Noko – Bawean

Bawean Jawa Timur juga punya spot yang cantik untuk snorkeling, untuk sampai di lokasi ini kamu butuh naik kapal feri dari pelabuhan Gresik.

Disana kamu akan menemukan pantai pasir putih dengan air laut yang jernih. Gili Noko juga mempunyai terumbu karang yang sangat alami, mengingat belum banyak wisatawan yang menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi liburan.

  • Gili Labak – Sumenep, Madura

Di Sumenep, Madura, jangan lupa menyempatkan waktu untuk ke Gili Labak yang merupakan destinasi unggulan di kabupaten ini.

Meskipun luasnya hanya 5 hektar, di Gili Labak kamu akan menemukan keindahan laut yang masih asri. Nah untuk bisa sampai disini kamu butuh naik kapal cepat karena perjalanan sekitar 12 km dari pelabuhan.

  • Teluk Banyu Biru – Banyuwangi

Selain pantainya yang cantik, Banyuwangi juga punya teluk Banyu Biru yang indah dan menjadi favorit wisatawan yang ingin diving atau snorkeling.

Di sini kamu juga bisa melihat penangkaran mutiara selain aktivitas bawah laut yang kamu pilih. Hanya untuk sampai di teluk Banyu Biru kamu harus memulai perjalanan dari pukul 05.00 WIB dari pelabuhan Muncar. Perjalanan membutuhkan waktu kira-kira 3 jam, hal tersebut penting untuk diperhatikan untuk menghindari ombak tinggi di perjalanan pulang.

  • Pantai Tiga Warna – Malang

Selain Banyuwangi, Malang juga punya spot snorkeling yang cantik. Tepatnya ada di pantai Tiga Warna yang berbatasan langsung dengan pantai Sendangbiru, Goa, dan Bajulmati.

Ciri khas dari pantai ini adalah ada tiga degradasi warna air lautnya, keindahan tersebut bisa kamu nikmati bersamaan dengan keindahan terumbu karang dan biota laut yang memanjakan mata.

  • Pulau Tabuhan – Banyuwangi

Masih di Banyuwangi, ada pulau Tabuhan yang bisa kamu kunjungi untuk diving dan snorkeling. Arusnya cukup kondusif, untuk mendapatkan spot terbaik kamu bisa ke tengah perairan. Hanya saja kamu tetap perlu hati-hati, gunakan peralatan snorkeling lengkap untuk terhindar dari bulu baik atau karang yang tajam.

  • Pulau Menyawakan – Karimun Jawa

Karimun Jawa juga punya spot menarik untuk diving dan snorkeling, tepatnya di pulau Menyawakan. Arusnya yang tenang cocok buat kamu yang masih pemula tapi ingin menyaksikan keindahan laut Karimun Jawa.

  • Pantai Pulau Kapulogo – Trenggalek

Pantai Pulau Kapulogo Trenggalek merupakan salah satu pantai indah yang masih sepi pengunjung. Sehingga cocok bagi kamu yang ingin mencoba snorkeling dan menyaksikan keindahan bawah laut dari pantai Pulau Kapulogo.

Hanya saja untuk mencapainya kamu harus melalui perjalanan darat yang ekstrem, perjuangan tersebut akan terbayar dengan susunan batu karang, pulau kecil dan keindahan bawah lautnya. Untuk ke lokasi kamu juga perlu menyiapkan peralatan snorkeling sendiri karena pantai ini masih dalam tahap pengembangan pemerintah setempat.

Artikel Lainnya : 11 Tips Aman dan Nyaman untuk Backpacking di Luar Negeri Bagi Kamu yang Clueless

Nah itulah tadi berbagai destinasi terbaik untuk diving dan snorkeling di Jawa Timur yang bisa kamu masukkan ke wishlist liburanmu nanti. Dan agar aktivitas bawah lautmu semakin nyaman dan aman kamu harus melengkapi diri dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo yang punya perlindungan tambahan untuk keselamatan diving dan snorkeling.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu