persiapan mudik dengan mobil

8 Tips Penting Persiapan Mudik dengan Mobil

Table of Contents

Dalam beberapa kasus, mengendarai mobil dapat lebih aman daripada menggunakan transportasi umum atau sepeda motor, terutama saat bepergian pada jarak yang lebih jauh atau di daerah yang kurang aman.

Mengendarai mobil dapat memberikan kenyamanan dalam perjalanan. Seperti adanya sistem pendingin udara, hingga sistem audio yang baik. Kamu juga dapat membawa barang bawaan kamu tanpa batasan yang ketat.

Jika kamu memutuskan untuk pulang mudik menggunakan mobil,  ikuti delapan tips persiapan mudik dengan mobil berikut agar kamu semakin nyaman dalam mengemudi selama perjalanan.

Tips Persiapan Mudik dengan Mobil

1. Lakukan Perawatan Rutin Kendaraan Sebelum Berangkat

persiapan mudik dengan mobil

Persiapan mudik dengan mobil yang pertama adalah melakukan perawatan rutin. Ini merupakan hal krusial yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, perawatan rutin dapat memastikan bahwa mobil kamu berfungsi dengan baik dan aman untuk dikendarai. 

Kamu setidaknya harus melakukan pengecekan rutin pada rem, ban, mesin, suspensi, sistem pendinginan, sistem pembakaran, hingga dan sistem kemudi untuk mengidentifikasi masalah potensial sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. 

Penggantian oli dan filter udara, juga dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil kamu. Mobil yang dirawat dengan baik dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan menghemat uang dalam jangka panjang.

2. Persiapkan Dokumen Kendaraan 

Membawa dokumen kendaraan sangat penting ketika kamu mengemudi, terutama saat perjalanan jauh seperti mudik. Hal ini dikarenakan dokumen tersebut dapat membantu kamu menghindari masalah hukum dan administratif. 

Dokumen kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), merupakan bukti bahwa kamu adalah pemilik sah kendaraan. Di beberapa titik mungkin akan ada pengecekan surat-surat kendaraan yang tidak terduga. Di saat itu juga, kamu harus dapat menunjukkan dokumen ini jika diminta oleh petugas kepolisian.

3. Pastikan Kamu Memiliki GPS

Persiapan mudik dengan mobil lainnya adalah pastikan kamu memiliki GPS yang sudah tertanam di dalam smartphone. Penggunaan GPS dapat membantu kamu menemukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan.

Kamu dapat memasukkan alamat tujuan ke dalam GPS, dan GPS akan menunjukkan rute tercepat dan terbaik untuk sampai ke tujuan. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze sudah cukup akurat, sehingga dapat meminimalkan risiko tersesat atau salah arah ketika melakukan perjalanan mudik.

4. Pastikan Membawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Ketika kamu melakukan perjalanan jarak jauh, kamu mungkin tidak memiliki akses ke tempat makan atau minum. Oleh karena itu, membawa makanan dan minuman di mobil dapat menjadi hal yang sangat penting. 

Selain dapat menghindari kelaparan dan dehidrasi, membawa makanan dan minuman di mobil juga dapat membantu kamu menghemat biaya.Membawa makanan dan minuman sebelum perjalanan mudik memungkinkan kamu untuk tidak membeli makanan di rest area atau tempat makan di sepanjang jalan.

5. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang Bawaan

Tidak membawa barang terlalu banyak juga termasuk dalam persiapan mudik dengan mobil yang kamu harus perhatikan. Membawa barang berlebihan di mobil dapat mempengaruhi stabilitas mobil dan mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

Jika kamu membawa keluarga pulang mudik dengan mobil, pastikan untuk membawa barang yang cukup dan tidak berlebihan.  Jika kamu membawa terlalu banyak barang di mobil, maka berat mobil akan bertambah. 

Efisiensi Bahan Bakar juga tidak baik. Semakin berat mobil, semakin banyak bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkannya. Jadi, jika mobil terasa terlalu berat karena kelebihan barang bawaan, kemungkinan kamu akan lebih sering mengisi bahan bakar.

6. Selalu Perhatikan Kondisi Cuaca 

Memperhatikan kondisi cuaca merupakan persiapan mudik dengan mobil yang penting untuk diperhatikan. Cuaca dapat mempengaruhi kondisi jalan dan kemampuan mobil untuk dikendalikan. Tidak memperhatikan cuaca saat mengemudi dapat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Di Indonesia, cuaca hujan dan kabut tebal kerap terjadi. Kondisi cuaca ini mungkin akan membuat kamu tidak dapat melihat jalan dengan jelas. Jika kamu menghadapi cuaca seperti ini selama perjalanan, pastikan untuk mengurangi kecepatan dan meningkatkan jarak antara mobil kamu dan mobil lain.

7. Ketahui Titik Rest Area

Mengemudi terus-menerus dalam jarak yang lama dapat menyebabkan kelelahan, mengantuk, atau bahkan kejadian microsleep yang berbahaya saat berkendara. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui titik rest area dalam rute perjalanan kamu.

Dengan berhenti di rest area, kamu dapat beristirahat dan kembali memulai perjalanan dengan kondisi tubuh dan pikiran yang segar. Rest area juga memungkinkan kamu untuk membeli makanan dan minuman.

8. Bawa Bantal dan Selimut

Membawa bantal dan selimut di mobil dapat menjadi sangat berguna dalam perjalanan mudik kamu. Persiapan mudik dengan mobil yang satu ini dapat digunakan untuk istirahat di jalan, tidur di dalam mobil saat perjalanan, atau untuk menghadapi cuaca dingin di jalan.

Kamu juga mungkin terjebak dalam keadaan tak terduga di jalan, seperti terjebak di jalan yang macet. Dalam situasi seperti ini, bantal dan selimut dapat membuat kamu lebih nyaman saat menunggu jalanan lancar kembali.

Itulah delapan tips persiapan mudik dengan mobil jika yang perlu kamu perhatikan agar perjalanan aman dan nyaman. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan membuat perjalanan kamu menjadi menyenangkan serta aman.

Jangan lupa untuk memiliki asuransi perjalanan dari Igloo agar perjalanan saat kamu mudik semakin terlindungi. Dengan memilik asuransi perjalanan, kamu akan diberi perlindungan finansial dan bantuan layanan dalam berbagai situasi yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu