Petualangan Solo: Temukan Kebebasan saat Perjalanan Sendiri

Table of Contents

Saat ini tren petualangan solo sedang menjadi topik yang hangat di kalangan anak muda. Terutama generasi milenial dan Gen Z. Saat kamu masukkan kata kunci petualangan solo di Google, maka kamu akan menemukan bahwasannya ditemukan lebih dari dua kali lipat bahasan dibandingkan dengan 5 tahun yang lalu. Selain itu di platform yang berbeda, seperti TikTok kamu akan menemukan kata kunci #solotravel video pendeknya meningkat sampai 10 kali lipat selam 3 tahun.

Sebenarnya ada banyak alasan yang membuat orang lebih memilih petualangan solo. Diantaranya ada yang alasan sebagai momen me time, ajang mengenal diri sendiri, melepas ras jenuh dan sebagainya. Kalau kamu tertarik untuk melakukan petualangan solo untuk menemukan kebebasan dalam perjalanan sendiri, maka baca ulasan Igloo berikut ini.

Kenapa Petualangan Solo Lebih Menyenangkan dan Menantang?

Petualangan solo tidak harus pergi ke luar negeri yaa, bagi kamu yang masih pemula petualangan solo keliling Indonesia juga tidak kalah menantang. Meskipun kamu juga boleh punya tujuan ke luar negeri untuk mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal.

Nah sebenarnya alasannya apa sih, kenapa ada orang ingin melakukan petualangan solo? Bukankah petualangan bersama dalam sebuah grup lebih menyenangkan?

  1. Sebagai ajang mencari teman baru

Solo traveling bukan berarti kamu tidak akan bertemu orang lain dalam perjalanan. Namun dalam artian yang lebih luas, petualangan solo adalah kesempatan bagi kamu untuk membangun relasi, bertemu ataupun menjalin interaksi dengan orang-orang baru.

Saat menjalin interaksi dengan orang baru, sebenarnya kamu bukan hanya sedang melatih keberanian dalam komunikasi akan tetapi juga disana kamu bisa saling berbagi ilmu, pengalaman dan mempelajari berbagai karakter orang.

  1. Lebih aman petualangan solo di Indonesia

Jika kamu berasal dari Indonesia, maka lebih aman petualangan kamu mulai dari negeri sendiri saja. Karena proses adaptasi akan jauh lebih mudah, karena masih dalam negeri sendiri. Walaupun jika nanti kamu perjalanan dengan tujuan pelosok Indonesia kamu akan menemukan ragam bahasa daerah, budaya dan kebiasaan yang mengharuskan kamu belajar lagi.

Akan tetapi jika kamu mau petualangan solo yang lebih nyaman kamu bisa memilih kota seperti Yogyakarta, Bandung, Solo, Bali ataupun Malang.

  1. Bisa mengenal beragam tempat baru

Petualangan solo sangatlah menyenangkan, apalagi kamu punya jiwa-jiwa traveler maka menjelajah tempat baru bukan hal yang sulit. Di Indonesia misalnya destinasi apapun pasti kamu temukan disini. Mulai dari pantai, wisata budaya, wisata kuliner dan lain sebagainya ada di Indonesia.

Jika kamu ingin destinasi yang belum banyak dikunjungi orang kamu bisa ke Raja Ampat, Tanah Toraja, atau Wae Rebo NTT. Kesemuanya punya keindahan masing-masing dan akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan jika kamu bisa berkunjung kesana sendirian.

Baca Juga Artikel Lainnya : 8 Rekomendasi Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

5 Cara Memilih Destinasi untuk Petualangan Solo

Petualangan solo kamu akan menemukan kebebasan dalam perjalanan sendiri, kenapa? Karena kamu bisa pilih destinasi liburan sendiri sesuai dengan preferensi atau hobi kamu. Selain itu juga kamu bisa challenge yourselves untuk menemukan atau melakukan hal baru. Kamu bisa pula mendapatkan ketenangan saat café hopping dikala lelah dan sebagainya.

Jika melakukan petualangan solo kamu jangan sungkan untuk mengajak kenalan orang yang kamu temui, sekedar tegur sapa bisa kamu lakukan untuk sharing pengalaman. Akan tetapi jika kamu masih bingung pilih destinasi, maka berikut ini cara memilih destinasi untuk petualangan solo.

  1. Negara yang tidak pakai Bahasa Inggris lebih menantang

Jika kamu ingin petualangan sendiri untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menantang kamu bisa pilih negara yang tidak pakai Bahasa Inggris. Seperti Praha, Norwegia, Jepang, Korea Selatan dan lain sebagainya. Karena dengan begitu mau tidak mau kamu akan belajar Bahasa asing untuk bisa berkomunikasi dengan warga lokalnya.

Hal ini diperlukan terutama saat menawar harga barang, memilih makanan, tanya lokasi tempat dan sebagainya. Nah saat melakukannya jangan lupa untuk menjaga kesopanan dan etika dalam berkomunikasi.

  1. World’s Happiest Countries

Meskipun sendirian kamu tidak akan kesepian apabila berkunjung ke negara paling happy sedunia. Warganya yang ramah, kriminalitas kecil, kotanya nyaman buat pejalan kaki atau bersepeda tentu kamu tidak akan insecure. Bahkan liburanmu ini bisa jadi ajang untuk membahagiakan diri sendiri. Negara yang kamu pilih selain Indonesia, kamu bisa ke Swiss, Denmark, Islandia, dan sebagainya.

  1. Pergi ke kota yang area trekking-nya seru

Dengan trekking sendiri kamu akan lebih bisa mengapresiasi keindahan alam sekitar. Kamu bisa pergi ke daerah perbukitan di Nepal atau area persawahan di Bandung dan Bali. Sambil trekking kamu pasti ketemu dengan warga lokal, jadi jangan lupa senyum dan jaga kesopanan selama di kota orang.

  1. Destinasi liburan yang bikin kamu sedikit main gadget

Mendatangi kota yang tepat tentu bisa buat kamu lupa untuk bermain gadget. Kamu cukup bermain dengan kameramu, menikmati kondisi sekitar sambil bercengkrama dengan warga lokal tentu akan jadi momen yang bikin nyaman.

  1. Tempat buat meditasi terbaik

Petualangan solo adalah waktu yang untuk kamu mengenal diri, kamu bisa melakukan kontemplasi dan meditasi. Misalnya kamu ikut kelas yoga di Bali atau jika sudah mahir kamu cukup menyendiri di suatu tempat dan menikmati kebesaran Tuhan.

Nah bagaimana, siap dengan petualangan sendiri demi menemukan kebebasan perjalanan sendiri? Jika sudah, jangan lupa siapkan segala keperluanmu termasuk itinerary yang akan kamu lakukan. Dan lengkapi perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo baik untuk perjalanan dalam negeri maupun internasional.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu