Petualangan Solo Motor ke Destinasi Eksotis di Seluruh Dunia Naik Motor CB

Petualangan Solo Motor ke Destinasi Eksotis di Seluruh Dunia
Table of Contents

Pria berusia 38 tahun asal Magelang, Priyo Handoko, memulai perjalanan solo motornya menggunakan motor Honda CB125 keluaran 1972. Ia berangkat menuju 4 negara di dunia untuk menikmati destinasi eksotis yang disuguhkan alam.

Priyo melakukan petualangan solo motor sejauh 5.000 dengan tujuan negara Malaysia, Brunei, Thailand dan Myanmar. Meskipun masih di daratan Asia, akan tetapi kisahnya sangat inspiratif dan bisa menjadi kisah yang patut untuk kamu ulang.

Tentunya, sebelum memulai perjalanan, banyak persiapan yang harus ia lakukan. Termasuk menyiapkan kondisi motor tua miliknya agar minim kerusakan selama perjalanan. Berikut ulasan perjalanan 4 negara yang Priyo lakukan.

Kisah Inspiratif dari Pria Magelang: Petualangan Solo Motor ke Destinasi Eksotis di Seluruh Dunia

Priyo memulai perjalanan dari Kabupaten Magelang di tanggal 9 Agustus 2023, tahun lalu. Ia membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan untuk melakukan perjalanan 4 negara ini. Ide ini memang bagi sebagian orang cukup mustahil, tapi tidak bagi Priyo. Bahkan ide ini muncul saat ia berada di Nepal Oktober 2022.

Menurutnya petualangan dengan motor sangatlah mengasyikkan, apalagi menggunakan motor tua. Secara otomatis, tantangan akan lebih banyak dan beragam. Karena seperti yang kamu tahu, perjalanan jauh dengan motor tua cukup berisiko, apalagi ini perjalanan 4 negara. Maka perlu persiapan panjang yang harus ia lakukan untuk meminimalisir kerusakan.

Sebelum mulai petualangannya di 4 negara, ia melengkapi surat atau dokumen perjalanan luar negeri. Diantaranya ada paspor, surat izin melintas kendaraan bermotor antarnegara atau Carnet De Passages En Douane (CPD), SIM Internasional, dan sebagainya.

Kemudian ia juga membawa semua peralatan otomotif yang disekiranya akan dibutuhkan saat perjalanan. Priyo juga menyiapkan sejumlah dan sudah ditukar sesuai dengan mata uang negara yang ia tuju.

Nah untuk bagian belakang motornya ia memanfaatkannya untuk menampung barang dan perlengkapannya. Setelah semua lengkap ia memulai perjalanan dari Magelang ke Semarang, kemudian naik kapal untuk bisa sampai ke Kalimantan Barat. Nanti sesampainya di Kalimantan ia akan masuk ke Malaysia lewat Serawat. Lalu lanjut ke Brunei dan Sabah, singgah di Sabah ia melanjutkan perjalanan dengan menyebrang ke Kuala Lumpur dan menuju ke Bangkok.

Jika sudah sampai di Bangkok ia akan melanjutkan petualangan ke Myanmar. Hanya saja saat itu biaya pengiriman motor sedang mahal sehingga ia memilih mengakhiri rute pertama di Bangkok, Thailand. Kemudian ia memilih kembali ke Malaysia baru melanjutkan ke Myanmar. Namun sayangnya belum ada kapal yang berangkat sehingga memutuskan kembali ke Magelang. Dan ketika ada jadwal pemberangkatan kapal dari Malaysia ke Myanmar barulah ia melanjutkan solo motornya ke Myanmar.

Baginya 5.000km tidaklah jauh dan perjalanan 4 negara tidak akan menghabiskan budget 50juta. Namun kembali lagi hal tersebut bergantung pada lifestyle orang saat menikmati perjalanan.

Beragam Destinasi Eksotis yang Bisa Dinikmati di Malaysia, Brunei dan Thailand

Selain pengalaman petualangan solo motor yang kamu dapat dari Priyo, adapun berikut ini destinasi eksotid yang bisa kamu nikmati dari negara tetangga Indonesia:

  1. Destinasi Eksotis di Malaysia

Malaysia merupakan negara yang cukup dekat dengan Indonesia, maka tak heran jika banyak wisatawan Indonesia yang singgah ke negara ini. Di Malaysia ada banyak destinasi eksotis yang bisa kamu kunjungi diantaranya Menara Kembar Petronas, Escape Penang, panorama Langkawi SkyCab, Taman KLCC, Gua Batu, Genting SkyWorlds, Legoland Malaysia, jalan Alor dan sebagainya.

  1. Destinasi Eksotis di Brunei

Jika sampai di Brunei kamu bisa menikmati keindahan alamnya yang eksotis. Kamu bisa mengunjungi Tasek Lama Recreational Park, Ulu Temburong National Park, Pantai Seri Kenangan, Brunei River, Tanjung Batu Beach, Taman Mahkota Jubli Emas, Tasek Lama Waterfall, Pantai Berakas, dan sebagainya.

  1. Destinasi Eksotis di Thailand

Lanjut ke Thailand, kamu bisa berkunjung ke berbagai destinasi alam dengan pemandangan yang eksotis. Diantaranya Jabo Village, Sungai Kwai, Taman Mae Fah Luang, Phuket, Gua Tham Lot, Khao Chang Puak, Taman Nasional Than Bok Khorani, Pulau Phi Phi, Taman Nasional Doi Suthep-Pui, Taman Nasional Khao Yai, Doi Inthanon, Golden Triangle Park, Pantai Railay, dan Taman Botani Nong Nooch

Dari ketiga negara ini, Thailand merupakan negara dengan keindahan alam paling eksotis dan cocok untuk kamu singgahi ketika solo motor. Dijamin, kamu tidak akan menyesal dan momen perjalanan ini akan menjadi pengalaman yang bisa buat ketagihan. Namun, di samping itu semua memulai perjalanan solo motor ke negara di dunia membutuhkan tekad yang kuat dan pengetahuan.

Dari petualangan ini, Priyo membuktikan bahwa perjalanan ke luar negeri tidak bergantung tipe dan CC motor tertentu. Ia bisa melakukan dengan nyaman menggunakan motor CB125, meskipun sebelum berangkat ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Terutama surat dan dokumen izin masuk ke negara lain bersama dengan motor pribadi.

Apakah kamu tertarik melakukan petualangan solo motor ke destinasi eksotis di seluruh dunia seperti Priyo? Jika “IYA”, segera persiapkan kebutuhannya agar bisa segera berangkat. Jangan lupa lengkapi perjalanan solo motormu dengan Asuransi Motor dari Igloo. Adanya asuransi akan membuat perjalanan kemanapun menjadi lebih aman, nyaman dan bebas khawatir jika hal buruk terjadi di perjalanan.

Baca Juga : Perjalanan Melintasi Jalur Terpencil Indonesia dengan Motor Trail

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu