Salon Mobil vs Auto Detailing, Apa Bedanya?

Salon Mobil vs Auto Detailing
Table of Contents

Mobil memerlukan perlakuan khusus karena perawatan yang baik dapat memperpanjang umur pakainya, menjaga nilainya, dan menghindari masalah yang mungkin timbul di masa depan. Beberapa alasan mengapa mobil perlu perlakuan khusus yaitu sebagai pencegah kerusakan, keamanan, stabilitas bahan bakar, kenyamanan berkendara, hingga pengaruh pada nilai jualnya. 

Namun saat ini perawatan dengan perbaikan mobil seringkali disalah artikan. Banyak yang menyangka bahwa perawatan cukup dengan mencuci mobil ketika kotor dan perbaikan hanya dilakukan saat rusak.

Padahal untuk mendapatkan mobil yang performanya optimal dengan tampilan yang menawan ada harga yang harus kamu bayar dan waktu yang kamu korbankan. Untuk perawatan mobil, kamu bisa melakukannya di salon mobil atau di auto detailing mobil. Lalu kamu harus pilih yang mana?

Sebelum memilih, baiknya memang kamu harus tau apa perbedaan antara salon mobil dan auto detailing? Nah Igloo telah merangkum dan membandingkan keduanya agar tidak salah dalam melakukan perawatan.

Mengenal Salon Mobil dan Berbagai Jenisnya

Sebelum membahas perbedaan antara salon mobil dan auto detailing, kita pahami dulu tentang salon mobil.

Salon mobil adalah layanan perawatan dan perbaikan yang ditujukan untuk menjaga penampilan dan kondisi mobil agar tetap optimal. Layanan ini biasanya dilakukan oleh bengkel yang menyediakan berbagai perawatan diantaranya pencucian, mengkilapkan dan perbaikan interior atau eksterior mobil.

Biasanya salon mobil juga menyediakan layanan servis kendaraan karena kecelakaan dan kerusakan lainnya. Dengan rutin melakukannya mobil juga akan terlihat bersih dan terawat serta umur pakainya jadi lebih panjang.

Nah secara umum salon mobil terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut:

  1. Cleaning

Di salon mobil kamu bisa melakukan proses cleaning, yaitu layanan atau treatment pembersihan yang dilakukan pada semua bagian mobil.

  1. Detailing

Detailing juga bisa kamu lakukan di salon mobil. Disini kamu bisa melakukan pemolesan dan waxing mobil untuk menghasilkan cat mobil yang lebih mengkilap dan lebih fresh.

  1. Coating

Selain waxing, kamu juga bisa melakukan coating atau pemberian lapisan cat pada body mobil. Coating sendiri bisa memberikan perlindungan yang lebih unggul daripada waxing. Biasanya salon mobil akan menggunakan teknik nano atau ceramic coating.

  1. Fogging dan Fumigator

Perawatan ini diperuntukkan pada bagian interior mobil, khususnya membersihkan ruang kabin agar bersih dan nyaman. Caranya yaitu dengan meniupkan uap larutan khusus ke dalam kabin lewat AC mobil. Tujuannya untuk membersihkan interior, meminimalisir bakteri dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan fumigator untuk membebaskan interior dari jamur maupun bakteri.

Perawatan yang kamu lakukan di salon mobil mempunyai banyak keuntungan. Diantaranya tampilan mobil jadi lebih terawat, mobil lebih nyaman untuk dikendarai, usia pakai mobil bertambah dan menstabilkan nilai jual mobil. Selain itu juga mencegah kerusakan mesin dan menjaga kamu tetap selamat selama berkendara.

Untuk biaya ke salon mobil sebenarnya tergantung layanan perawatan yang ingin kamu dapatkan, cleaning rata-rata ada di kisaran Rp40.000-Rp100.000. Jika kamu ingin Engine Cleaning juga maka harganya ada di rentang Rp75.000-Rp100.000.

Sedangkan coating ada di rentang harga Rp3 juta- Rp6 juta dan perawatan eksterior tanpa coating ada di harga Rp500.000-Rp700.000.

Nah untuk perawatan yang lain juga menyesuaikan dengan bahan dan metode yang digunakan. Namun sebanding rasanya dengan berbagai manfaat yang kamu dapatkan.

Mengenal Cara Auto Detailing dan Harganya

Jika kamu ingin punya tampilan eksterior dan interior mobil yang menawan, auto detailing adalah pilihan yang tepat. Biasanya mobil-mobil yang akan mengikuti sebuah ajang perlombaan akan melewati proses auto detailing. Nah apa sih auto detailing itu? Apa perbedaan antara salon mobil dan auto detailing?

Auto detailing adalah sebuah teknik perawatan dan usaha mempercantik mobil secara detail baik ekterior maupun interiornya. Teknik perawatannya akan jauh lebih ektra detail hingga ke bagian mesin sebuah kendaraan. Seperti baut pada velg, kolong mobil, cat yang kusam sehingga perlu perbaruan dan sebagainya.

  1. Pencucian Eksterior

Mobil dicuci secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, debu, dan kotoran lainnya dari permukaan. Ini biasanya dilakukan dengan teknik pencucian yang lembut menggunakan sampo mobil yang khusus.

  1. Pembersihan Hingga Detail Roda dan Ban

Roda dan ban dibersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan rembesan rem, kotoran, dan residu lainnya. Kemudian, mereka dapat diberi perlakuan khusus untuk meningkatkan kilau dan melindungi permukaannya.

  1. Detailing Eksterior

Ini meliputi proses menghilangkan baret, goresan, dan noda pada cat mobil dengan menggunakan teknik dan bahan tertentu. Beberapa langkah dalam detailing eksterior termasuk polishing, waxing, dan sealant untuk mengembalikan kilau dan melindungi permukaan cat.

  1. Pembersihan dan Perawatan Interior

Interior mobil dicuci, dibersihkan, dan disinfeksi secara menyeluruh. Ini meliputi pembersihan jok, panel pintu, dashboard, karpet, dan bagian interior lainnya. Bagian interior yang lebih sulit dijangkau seperti ventilasi dan celah kecil juga dibersihkan.

  1. Perlakuan Khusus

Detailing ekstra seperti perawatan kulit, perlakuan kaca, dan perlakuan trim interior juga dapat dilakukan sesuai permintaan atau kebutuhan.

Biaya yang dibutuhkan untuk layanan auto detailing dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Diantara faktor yang mempengaruhi harga auto detailing adalah ukuran dan jenis mobil, tingkat pekerjaan yang diinginkan, lokasi dan kualitas bengkel (layanan).

Namun secara umum untuk mobil ukuran kecil (sedan, hatchback, dan city car) menghabiskan biaya Rp2,5 juta dan untuk mobil 5 seater  sekitar Rp3 juta. Untuk penambahan lapisan nano coating kamu perlu menyiapkan biaya tambahan dari Rp3 juta-Rp3,5 juta.

Baca juga: 8 Rekomendasi Oli Mobil Terbaik, Bikin Mesin Optimal

Perbedaan Antara Salon Mobil dan Auto Detailing

Salon mobil dan auto detailing adalah dua jenis layanan yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan mobil, namun terdapat perbedaan antara salon mobil dan auto detailing. 

Secara umum, salon mobil berfokus pada pembersihan dan pemberian perlindungan yang ektra ke sebuah mobil. Sedangkan auto detailing, selain pembersihan, Teknik ini juga memberikan perawatan ekstra detail pada bagian yang tidak tersebut ketika masuk ke salon mobil. Lalu kamu harus pilih yang mana. Pahami dulu perbedaan diantara keduanya, pada pembahasan berikut:

  1. Salon Mobil
  1. Salon mobil biasanya lebih berfokus pada layanan perbaikan dan perawatan umum yang meliputi berbagai aspek mobil, termasuk perbaikan mesin, sistem kelistrikan, suspensi, rem, dan lain-lain.
  2. Layanan salon mobil dapat mencakup perawatan rutin seperti pergantian oli, pemeriksaan dan perbaikan sistem-sistem krusial, dan servis umum lainnya yang diperlukan untuk menjaga kinerja dan kekamulan mobil.
  3. Disini juga dapat menyediakan layanan lain seperti perbaikan bodi, pengecatan, perawatan AC, dan layanan mekanik lainnya.
  4. Fokus salon mobil adalah memastikan mobil tetap berfungsi dengan baik dan aman untuk digunakan di jalan.
  5. Auto Detailing
  1. Auto detailing lebih berfokus pada perawatan estetika mobil, dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan dan kebersihan baik secara eksterior maupun interior.
  2. Proses auto detailing mencakup pembersihan mendalam dan perawatan permukaan mobil, termasuk pencucian eksterior, pembersihan dan perawatan interior, perbaikan dan perawatan cat, serta perlakuan khusus untuk menjaga keindahan dan kebersihan mobil.
  3. Disini juga dapat mencakup layanan seperti polishing, waxing, perawatan kaca, perawatan kulit, perbaikan baret dan goresan, serta perlakuan khusus untuk bagian interior mobil.
  4. Fokus auto detailing adalah memastikan mobil tetap terlihat bersih, segar, dan menarik secara visual.

Jadi, meskipun salon mobil dan auto detailing keduanya berkaitan dengan perawatan dan perbaikan mobil. Perbedaan utamanya terletak pada fokus layanan dan hasil akhir yang diinginkan serta biaya yang harus kamu bayarkan.

Biaya perawatan seperti ini tentu menghabiskan dana simpananmu jika tidak ada pembagian alokasi dengan benar di awal. Untuk itu, penggunaan produk asuransi mobil akan sangat membantu apalagi yang bisa memberi jaminan pertanggungan untuk biaya perawatan. Sudahkah mobil pribadimu memiliki asuransi mobil? Jika belum, Igloo siap membantu kamu memilih asuransi mobil yang cocok untuk kendaraanmu.

Jika kamu membeli Asuransi Mobil di Igloo akan banyak keuntungannya yang kamu dapatkan. Selain preminya terjangkau, penilaian risiko asuransi dilakukan secara real-time dan manajemen klaim juga dilakukan secara otomatis dengan prinsip end-to-end.

Untuk membeli asuransi mobil di Igloo cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu