10 Tips Mudik Lebaran Memakai Mobil Listrik, Aman dan Nyaman

mobil listrik
Table of Contents

Apakah kamu terpikir untuk mudik lebaran memakai mobil listrik? Jika IYA, maka kamu harus melakukan persiapan matang sebelum memulai perjalanan. Bahkan bila perlu lakukan riset untuk sekedar menambah pengetahuan terkait berbagai kendala yang mungkin saja dialami saat perjalanan jauh.

Mumpung masih awal Ramadhan, jika kamu dan keluarga sudah pasti menggunakan kendaraan listrik untuk mudik lebaran. Maka Igloo akan memberikan beberapa tips mudik lebaran memakai mobil listrik. Sehingga perjalanan bisa tetap aman dan nyaman hingga sampai di kampung halaman.

Tips Mudik Lebaran Memakai Mobil Listrik

Mobil listrik merupakan kendaraan yang berapa tahun terakhir penggunanya terus bertambah. Sayangnya, meningkatnya pengguna mobil listrik belum berimbang dengan pengetahuan tentang kendaraannya sendiri. Sehingga banyak diantara kamu yang ragu memakai mobil listrik untuk perjalanan jauh.

Nah jika kamu mudik lebaran nanti menggunakan mobil listrik, berikut ini ada tips mudik lebaran memakai mobil listrik yang harus kamu ketahui:

  • Cek Kondisi Mobil Listrik

Pertama, mudik lebaran dengan kendaraan apa saja wajib melakukan pengecekan kondisi mobil. Nah jika kamu memaki mobil listrik maka cek komponennya. Pastikan performanya tetap baik, normal dan tidak rusak. Komponen yang perlu pengecekan diantaranya ban, baterai, rem dan lain sebagainya.

Apabila terdapat kerusakan pada komponennya sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk perbaikan atau mengganti komponennya dengan yang baru.

  • Buat Perencanaan Rute dan Pengisian Daya Mobil Listrik

Sebelum memulai perjalanan mudik lebaran sebaiknya kamu sudah membuat perencanaan rute yang kamu lewati. Termasuk di dalamnya kamu harus memastikan rute tersebut mempunyai stasiun pengisian daya atau SPKLU untuk memudahkan proses pengisian daya baterai.

Stasiun pengisian daya atau SPKLU mempunyai empat jenis kategori diantaranya slow charging (lebih dari 7 kW), medium charging (lebih dari 25 kW), fast charging (lebih dari 50 kW) dan ultrafast charging (sampai 240 kW).

  • Menerapkan Cara Menghemat Daya Baterai

Saat mudik lebaran dengan mobil listrik maka kamu wajib melakukan penghematan daya, apalagi jika perjalanan yang kamu tempuh cukup jauh.

Oleh karena itu gunakan fitur penghemat energi ketika mengemudi. Kamu harus berkendara dengan kecepatan stabil atau mengurangi laju kecepatan mobil listrik untuk menghemat baterai agar lebih tahan lama. Bila perlu matikan fitur AC untuk menghemat daya baterai selama perjalanan sebelum nantinya sampai di stasiun pengisian daya mobil listrik.

  • Mempertimbangkan Suhu Lingkungan

Tahukah kamu bahwa suhu lingkungan yang ekstrem dapat mempengaruhi kinerja mobil listrik? Sehingga hindari rute yang suhunya terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu jangan biarkan mobil terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama. Karena hal tersebut dapat menurunkan performa dari mobil listrik yang kamu kendarain.

  • Mengisi Daya Baterai Mobil Secara Aman

Lakukan pengisian daya baterai mobil listrik secara aman dan benar sesuai dengan aturan. Kamu juga harus mengikuti petunjuk pengisian baterai yang ada di SPKLU. Satu diantaranya adalah pastikan kabel yang kamu gunakan berfungsi dengan baik untuk transfer daya.

  • Bawa Peralatan Cadangan

Di dalam mobil usahakan kamu juga membawa peralatan cadangan untuk mobil listrik. Hal tersebut penting sebagai langkah antisipasi kendala saat diperjalanan.

Peralatan cadangan yang kamu persiapkan berupa kabel pengisian, baterai tambahan dan stasiun pengisian daya listrik portabel.

  • Patuhi Aturan Batas Kecepatan

Perhatikan batas kecepatan mobil listrik yang dianjurkan saat mengemudi. Kecepatan yang berlebihan dapat memicu konsumsi daya baterai yang lebih besar. Selain itu usahakan jangan terlalu sering isi ulang daya baterai karena dapat memendekkan umur baterai.

  • Lihat Kapasitas Baterai Mobil

Lihatlah kapasitas baterai mobil listrik yang kamu kendarai, karena masing-masing merek biasanya mempunyai kapasitas yang berbeda. Cek kemampuan tempuhnya di tiap 1Kwh-nya agar kamu bisa melakukan manajemen penggunaan mobil listrik dan memprediksi kemampuan tempuhnya.

Selain itu pahami soket pengisian daya, secara umum port charging di Indonesia ada tiga macam. Diantaranya CHAdeMO, CCS (1 dan 2), dan GB/T. Dengan mengenali tipenya kamu akan lebih mudah menentukan dimana stasiun pengisian daya yang cocok untuk mobilmu.

  • Melakukan Manajemen Perjalanan

Manajemen perjalanan yang benar sebenarnya adalah kunci dari lancarnya perjalanan mudik lebaran yang kamu lakukan nanti. Maka sebelum berangkat kamu wajib cek total jarak tempuh dan kapasitas baterai mobil listrik yang kamu kendarai. Dengan data tersebut kamu bisa membuat perkiraan dimana dan kapan harus berhenti untuk mengisi daya.

Nah di dalam manajemen perjalanan termasuk juga pengaturan waktu tempuh, artinya selama pengisian daya baterai kamu bisa memanfaatkan waktunya untuk istirahat setelah perjalanan panjang yang kamu tempuh. Selain itu pertimbangkan pula waktu antri pengisian atau kamu bisa memaksimalkan waktu sahur dan buka untuk pengisian baterai mobil.

  • Gunakan Fitur Regenerative Braking

Jika mobilmu menggunakan fitur regenerative braking maka konsumsi daya akan jauh lebih hemat. Terutama saat menghadapi jalanan yang macet. Mengingat saat pengereman juga membutuhkan daya sehingga adanya fitur ini akan sangat membantu menghemat daya.

Baca Juga : Tips Membawa Anak-anak ke Dalam Mobil selama Mudik Lebaran

Nah itulah beberapa tips mudik lebaran memakai mobil listrik yang bisa kamu terapkan nanti. Selain itu untuk menambah aman dan nyamannya perjalanan kamu juga bisa melengkapi persiapan mudik dengan asuransi mobil. Dengan asuransi tersebut selain perlindungan bagi diri kamu dan keluarga, mobil listrik yang kamu kendarai juga mendapatkan perlindungan terutama saat dalam kondisi darurat.

Namun jika kamu kurang percaya diri perjalanan mudik menggunakan mobil listrik, kamu juga bisa menggunakan mobil berbahan bakar biasa. Pastikan mobil tersebut juga sudah dilengkapi dengan Asuransi Mobil dari Igloo agar kamu bisa mengantisipasi jika kondisi darurat terjadi. Perjalanan akan semakin nyaman bersama keluarga dengan adanya Asuransi Mobil yang kamu miliki. 

Nah apabila kamu tertarik, di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, berikut caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu