Ingatkan Anak, 5 Hal yang harus Dihindari Saat Ngabuburit Naik Motor

Hal yang harus Dihindari Saat Ngabuburit Naik Motor
Table of Contents

Ngabuburit naik motor bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga perlu dipertimbangkan aspek keamanannya. Ini bisa menjadi waktu yang baik untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan menikmati waktu di luar rumah. 

Namun, sebagai orang tua, penting untuk memastikan bahwa anak kamu mengikuti aturan keselamatan jalan raya, menggunakan perlengkapan pelindung seperti helm, dan berkendara dengan hati-hati.

Mendukung keinginan anak kamu sambil mengingatkan mereka akan pentingnya keselamatan adalah pendekatan yang seimbang. Jika kamu merasa khawatir, kamu bisa berbicara dengan anak kamu tentang batasan-batasan yang masuk akal dan memberikan dorongan positif untuk melakukan kegiatan lain yang juga bermanfaat. Berikut 5 hal yang harus dihindari saat ngabuburit naik motor. 

5 Hal yang harus Dihindari Saat Ngabuburit Naik Motor

Adapun berikut ini 5 hal yang harus dihindari saat ngabuburit naik motor yang harus orang tua sampaikan kepada anak di rumah:

Berkendara dengan kecepatan berlebihan

Berkendara dengan kecepatan berlebihan saat ngabuburit atau di mana pun merupakan tindakan yang sangat berisiko. Kecepatan berlebihan meningkatkan risiko kecelakaan yang serius. Saat berkendara dengan kecepatan tinggi, waktu reaksi kamu menjadi lebih pendek dan kamu memiliki lebih sedikit waktu untuk merespons situasi darurat. Ini dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat mengancam nyawa kamu dan orang lain di sekitar kamu.

Selain itu, berkendara dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan keausan dan kerusakan lebih cepat pada kendaraan kamu. Ini dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi dan mengurangi masa pakai kendaraan kamu.

Tidak menggunakan helm dan perlengkapan pelindung lainnya

Tidak menggunakan helm dan perlengkapan pelindung lainnya saat ngabuburit menggunakan motor memiliki banyak bahaya yang dapat mengancam keselamatan kamu. Helm adalah perlengkapan pelindung yang paling penting untuk melindungi kepala kamu dari dampak keras saat terjadi kecelakaan.

Selain cedera kepala, tidak menggunakan perlengkapan pelindung lain seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu yang kokoh meningkatkan risiko cedera serius pada bagian tubuh lainnya.

Menggunakan telepon seluler saat berkendara

Menggunakan telepon seluler saat ngabuburit menggunakan motor sangat berbahaya karena dapat mengalihkan perhatian kamu dari fokus pada berkendara dan kondisi jalan. Hal ini meningkatkan risiko kecelakaan karena kamu mungkin tidak dapat merespons dengan cepat terhadap situasi darurat atau perubahan di jalan.

Selain itu, membaca atau mengetik pesan teks saat berkendara dapat menyebabkan penurunan reaksi kamu terhadap kondisi jalan dan pengendara lain di sekitar kamu. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menghindari bahaya atau mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Mengendarai motor di jalur yang tidak aman

Saat ngabuburit, khususnya di bulan Ramadan, banyak orang ingin cepat pulang ke rumah untuk berbuka puasa. Jalur yang tidak aman seringkali memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kecelakaan. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti kondisi jalan yang buruk, kepadatan lalu lintas yang tinggi, atau bahkan gangguan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengendarai motor di jalur yang tidak aman dapat mengganggu ketertiban lalu lintas dan mengakibatkan kemacetan. Hal ini dapat menyulitkan bagi pengendara lain dan memperlambat perjalanan mereka. Selain itu sebagai pengendara, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan. Menghindari jalur yang tidak aman adalah salah satu cara untuk memenuhi tanggung jawab ini.

Berkendara dalam kondisi fisik atau mental yang buruk

Saat ngabuburit menggunakan motor, seperti saat berkendara dalam kondisi apa pun, penting untuk memastikan bahwa kita dalam kondisi fisik dan mental yang baik. Kondisi fisik atau mental yang buruk dapat mengurangi konsentrasi dan reaksi kita saat berkendara. Berkendara dalam kondisi mental yang buruk, seperti stres atau emosi yang tidak stabil, juga dapat mengganggu kemampuan kita untuk berkendara dengan aman.

Karena itu, penting untuk selalu memastikan bahwa kita dalam kondisi fisik dan mental yang baik sebelum memutuskan untuk berkendara, terutama saat ngabuburit di bulan Ramadan ketika lalu lintas dan kepadatan jalan bisa meningkat.

Anak-anak seringkali belum memiliki pengalaman atau kepekaan yang sama seperti orang dewasa dalam menghadapi situasi berbahaya di jalan. Mereka mungkin cenderung meremehkan risiko atau tidak memahami sepenuhnya konsekuensi dari perilaku yang tidak hati-hati.

Mengajarkan anak-anak untuk berhati-hati saat ngabuburit menggunakan motor juga menciptakan kesadaran akan lingkungan sekitar mereka. Mereka harus sadar bahwa jalan raya bukanlah tempat untuk bersenang-senang semata, tapi juga tempat di mana mereka harus bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan orang lain. 

Dengan peringatan tersebut harapannya kita dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan melindungi mereka dari bahaya di jalan raya. Tidak hanya cukup mengingatkan, sebagai orang tua juga hendaknya memberi contoh yang baik.

Selain itu untuk menambah perlindungan bagi anak dan aset kendaraanmu, kamu bisa melengkapinya dengan Asuransi Motor yang disediakan oleh Igloo. Dengan asuransi yang kamu miliki, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Baca Juga : Lebih Nyaman, Begini Tips Perjalanan Mudik dengan Motor selama Bulan Ramadhan

Apabila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu