6 Cara Mengatasi Lampu Indikator Motor Menyala Terus

cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus
Table of Contents

Bagaimana cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus? Hal ini mungkin dialami bagi beberapa pengendara motor, khususnya motor injeksi. Semua motor injeksi memiliki lampu indikator yang memberikan pemberitahuan tentang berbagai kondisi dari motor. 

Lampu indikator biasanya terdiri dari lampu sein, speedometer, lampu injeksi, dan lain-lain. Nah, lampu-lampu tersebut akan menyala jika ada sesuatu terjadi sesuai dengan fungsinya. Seperti contoh, indikator lampu sein akan menyala ketika lampu sein atau lampu darurat dihidupkan oleh pengemudi.

Jika lampu indikator ini bermasalah, tentu saja kamu tidak bisa memantau kondisi motor kamu. Lantas, bagaimana cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus? Simak artikel Igloo berikut ini.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Motor Menyala Terus

1. Cek ECU

cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus

ECU atau Electronic Control Unit merupakan komponen yang mengontrol semua fungsi injeksi dan kelistrikan pada motor. Jika, ECU bermasalah, hal ini bisa merusak seluruh sistem mesin dari motor injeksi.

Jadi, cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus yang pertama adalah d engan melakukan pengaturan ulang ECU motor. Jika ECU motor sudah rusak, maka kamu harus segera menggantinya yang sesuai dengan spesifikasi motor.

2. Bersihkan Injector

Injector adalah suatu komponen yang berfungsi untuk  menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold atau langsung ke dalam ruang bakar mesin dalam bentuk kabut (spray). Proses ini membuat bahan bakar dapat mencampur dengan udara sebelum terbakar.

Jika injector kotor atau bermasalah, indikator lampu akan selalu menyala dikarenakan proses penyemprotan bahan bakar tidak berjalan dengan baik. Cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus bisa dilakukan dengan membersihkan injector menggunakan cairan pembersih khusus injector.

3. Periksa Sensor-Sensor

Dalam motor injeksi terdapat banyak sensor, seperti sensor udara, sensor suhu, sensor tekanan udara, dan sensor lainnya. Jadi, cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus yang ketiga adalah dengan memeriksa sensor-sensor tersebut.

Pastikan sensor-sensor tersebut berfungsi dengan normal. Jika ada sensor yang mengalami kerusakan, ada baiknya untuk mengganti sensor tersebut dibengkel terpecaya.

4. Bersihkan Throttle Body

cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus

Fungsi utama dari throttle body adalah mengatur aliran udara yang masuk ke dalam intake manifold. Pada sistem injeksi bahan bakar modern, throttle body memiliki sensor untuk mengukur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke bensin. 

Jika throttle body bermasalah, motor akan mengalami gejala seperti mesin tidak berjalan stabil, mesin sulit hidup, akselerasi motor menjadi lambat, mati mendadak ditengah jalan, dan juga membuat lampu indikator motor menyala terus. Hal ini dikarenakan jumlah udara yang masuk ke dalam mesin tidak optimal.

Jadi, cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus yang keempat adalah dengan  membersihkan membersihkan throttle body. Pertama-tama, lepas throttle body terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa membersihkan dan memasangnya kembali.

5. Bersihkan Fuel Filter 

Fungsi fuel filter adalah untuk memastikan bahan bakar bersih dan bebas dari partikel kotoran, debris, atau kontaminan lain yang dapat merusak sistem injeksi bahan bakar dan komponen mesin. Fuel filter yang bermasalah juga dapat menyebabkan lampu indikator motor menyala terus. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti fuel filter lama dengan yang baru.

6. Cek Aki

Cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus yang terakhir adalah dengan memeriksa aki motor. Aki yang tidak berfungsi dengan baik akan membuat sistem injeksi tidak dapat bekerja secara optimal, yang pada akhirnya akan menyebabkan lampu indikator menyala terus. Jika aki sudah rusak, ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru.

Itu dia 6 cara mengatasi lampu indikator motor menyala terus dari Igloo. Walaupun terdengan spele, masalah ini tidak boleh kamu abaikan agar kamu  selalu bisa memantau kondisi motor ketika berkendara.

Agar motor kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila motormu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai motormu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu