cara mengatasi motor susah hidup

Ini 6 Cara Mengatasi Motor Susah Hidup

Table of Contents

Bagi pengendara motor, penting untuk mengetahui cara mengatasi motor yang susah hidup. Terkadang, kamu mungkin akan mengalami situasi dimana motor kamu susah dihidupkan. Situasi ini tentu saja akan merepotkan, terutama jika kamu ingin pergi melakukan aktivitas penting menggunakan motor.

Jika kamu mengalami situasi seperti ini, jangan panik! Ternyata cara mengatasi motor susah hidup tidak sulit seperti yang kamu pikirkan. Jika kamu mengetahui caranya, kamu tidak harus selalu membawa motor tersebut ke bengkel hanya untuk sekedar dihidupkan saja.

Penasaran dengan cara mengatasi motor susah hidup? Simak artikel Igloo berikut ini.

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup

1. Cek Busi

cara mengatasi motor susah hidup

Pertama, cara mengatasi motor yang susah hidup adalah dengan mengecek busi. Pastikan busi pada motor kamu ada dalam kondisi yang baik. Jika busi kotor atau rusak, kamu harus menggantinya dengan busi yang sesuai.

2. Cek Aki

Cara mengatasi motor susah hidup selanjutnya adalah mengecek kondisi aki pada motor kamu. Aki memiliki fungsi untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk memulai mesin kendaraan. Jika aki bermasalah, hal ini akan membuat motor susah hidup. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan engkol atau kick starter untuk menyalakan motornya. 

3. Cek Karburator

cara mengatasi motor susah hidup

Karburator yang kotor atau tersumbat adalah salah satu penyebab umum mengapa motor bisa sulit hidup. Ketika karburator kotor, aliran bahan bakar ke mesin dapat terhambat atau terganggu, sehingga motor akan sulit untuk dinyalakan.

Cara mengatasi motor susah hidup karena masalah karburator, kamu bisa memeriksa tekanan pada bahan bakar dengan cara memutar dan menyetel pada bagian karburator. Jika karburator banjir, kamu bisa mengeluarkan bensin terlebih dahulu dan nyalakan starter hingga mesin motor menyala. 

4. Cek Relay Starter

Keempat, cara mengatasi motor susah hidup adalah dengan mengecek relay starter. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengontrol aliran arus listrik tinggi dari baterai ke motor starter yang digunakan untuk memutar mesin kendaraan.

Nah, jika relay starter mengalami masalah, seperti kontak yang aus atau rusak, hal ini dapat menyebabkan motor susah dihidupkan. Caranya mengatasinya adalah dengan menekan relay dan starter secara bersamaan, jika terasa ada ketukan maka, relay masih normal.

5. Cek Aliran Bensin

Selanjutnya, motor susah hidup bisa dikarenakan selang radiator yang  mampet. Hal ini bisa terjadi jika motor jarang dipakai. Alhasil, aliran bahan bakar pada selang tersebut bisa saja mengering.

Cara mengatasinya adalah dengan melepaskan selang radiator dari klem dan biarkan sampai bensin mengalir turun.

6. Cek Sistem Kelistrikan

Terakhir, cara mengatasi motor susah hidup adalah dengan memeriksa sistem kelistrikan pada motor, terutama pada bagian starter. Hal ini terjadi karena posisi terminal starter berdekatan dengan logam mesin, yang pada akhirnya menyebabkan korsleting.

Hal ini bisa diatasi dengan membuka sistem starter dari motor, lalu bersihkan kerak yang diakibatkan dari kosrleting. Setelah itu, pasang kembali bagian sekering, tetapi jangan terlalu berdekatan.

Itu dia 6 cara mengatasi motor susah hidup dari Igloo. Jadi, kamu tidak perlu panik jika suatu hari motor kamu sulit untuk dihidupkan. Namun, jika motor masih belum hidup setelah kamu melakukan perawatan dan pemeriksaan ini, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan bengkel tercepaya untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Agar motor kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila motormu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai motormu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu