tips membeli motor bekas

Simak 8 Tips Membeli Motor Bekas

Table of Contents

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, membeli motor bekas bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, kamu harus mengetahui beberapa tips membeli motor bekas agar kamu tidak mengalami kerugian tidak terduga setelah membelinya.

Walaupun harganya bisa dibilang lebih murah dari harga motor baru, kamu akan dikenai biaya perbaikan yang tidak terduga jika tidak teliti ketika melihat kondisi dari motor bekas yang akan kamu beli. Kasus ini banyak sekali terjadi di antara para pembeli yang masih awam.

Agar kamu tidak rugi di masa mendatang, yuk, intip tips membeli motor bekas dari Igloo berikut ini.

Tips Membeli Motor Bekas

1. Lakukan riset tentang Motor yang diinginkan

tips membeli motor bekas

Tips membeli motor bekas yang pertama adalah dengan mencari informasi tentang model motor yang kamu minati, termasuk harga pasaran, performa, dan masalah umum yang mungkin terjadi pada model tersebut. Ada baiknya untuk membaca ulasan dan pendapat dari internet.

2. Beli dari sumber yang terpercaya

Sangat disarankan untuk membeli motor bekas dari penjual atau dealer yang terpercaya dengan reputasi baik. Hindari pembelian dari penjual yang meragukan untuk mencegah adanya kemungkinan penipuan yang tidak diinginkan.

3. Cek Fisik Secara Menyeluruh

tips membeli motor bekas

Pemeriksaan fisik secara menyeluruh adalah tips membeli motor bekas selanjutnya yang harus kamu lakukan saat membeli motor bekas. Pemeriksaan fisik akan membantu kamu memastikan bahwa motor yang akan dibeli memiliki kondisi fisik yang baik dan sesuai dengan ekspektasi.

Berikut adalah beberapa bagian dari motor yang harus kamu perhatikan:

  • Body motor: Pertama, lihat tampilan keseluruhan body motor, pastikan motor tersebut bebas dari kerusakan struktural dan korosi.
  • Mesin: Untuk memastikan bahwa kendaraan berfungsi dengan baik dan dapat diandalkan, coba hidupkan motor. Lihat apakah langsung menyala dengan baik atau tidak dan dengarkan juga halus atau tidaknya bunyi mesin tersebut.
  • Speedometer: Penting untuk memeriksa speedometer dengan cermat karena ketepatan informasi tentang jarak tempuh sangat penting dalam menilai nilai kendaraan bekas. jika sudah lebih dari 20.000 km ada banyak komponen mesin yang harus diganti.
  • Kelistrikan: Cek segala sesuatu yang berkaitan dengan kelistrikan seperti panel instrumen, Sistem Pencahayaan, dan starter mesin.
  • Roda: Lihat kondisi ban apakah sudah aus atau belum. Jika profil ban sudah terlalu tipis atau berlubang, itu bisa menunjukkan bahwa ban perlu diganti dalam waktu dekat. Perhatikan juga apakah velg memiliki bengkok atau tanda-tanda penyok. Velg yang rusak dapat memengaruhi kinerja ban dan mengakibatkan masalah keseimbangan kendaraan.
  • Gigi: Jika kamu membeli motor bebek atau kopling, periksa perpindahan giginya, apakah sulit atau mudah. Jika sulit berarti kampas kopling perlu diganti.
  • Nomor rangka dan mesin motor: Pastikan nomor rangka dan nomor mesin sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB. 

4. Lakukan Test Drive

Setelah memeriksa secara fisik, tips membeli motor bekas lainnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan test drive dari motor bekas tersebut. Saat melakukan test drive, kamu memiliki kesempatan untuk merasakan bagaimana motor beroperasi, menguji kenyamanan, performa, dan mengidentifikasi masalah potensial sebelum memutuskan untuk membelinya. 

5. Periksa riwayat motor

Pastikan untuk memeriksa riwayat motor, termasuk catatan perawatan, riwayat servis, dan sejarah kecelakaan. Tips membeli motor bekas ini dapat memberi gambaran tentang bagaimana motor tersebut dirawat oleh pemilik sebelumnya. 

Jika motor tersebut pernah mengalami perbaikan akibat kecelakaan, banjir, atau tidak terawat dengan baik, ada baiknya untuk membatalkan transaksi.

6. Periksa Dokumen Kendaraan

Tips membeli motor bekas berikutnya adalah memerika kelengkapan dokumen. Dokumen yang lengkap dan sah akan memberikan kepastian tentang status kepemilikan, legalitas, dan riwayat motor. Berikut adalah beberapa dokumen penting yang perlu kamu periksa saat membeli mobil bekas:

  • BPKB
  • STNK
  • Faktur Pembelian
  • Laporan Pemeriksaan Kendaraan (jika ada)
  • Bukti Pajak Kendaraan
  • Riwayat Perawatan
  • Asuransi Kendaraan (jika ada)
  • Buku Manual dan Kunci Cadangan

7. Tawar harga

tips membeli motor bekas
Two men handshake agreement or greeting gesture, sign helping hand of a friend isolated on beige background.

Jika sudah cocok dengan kondisi motor, jangan ragu untuk menawar harga.  Mulailah dengan tawaran yang masuk akal dan realistis berdasarkan riset harga dan kondisi motor. Hindari tawaran terlalu rendah yang dapat membuat penjual malas menanggapi.

8. Periksa Asuransi Motor

Jika motor tersebut memiliki asuransi, tips membeli motor bekas lainnya adalah pastikan untuk mengikuti langkah berikut:

  • Minta bukti asuransi
  • Periksa masa berlaku polis
  • Periksa jenis cakupan asuransi
  • Periksa jumlah pertanggungan
  • Perhatikan eksklusi dan pengecualian
  • Tanyakan tentang klaim sebelumnya

Itulah 8 tips membeli motor bekas dari Igloo yang bisa kamu ikuti. Namun, jika kamu masih ragu, tidak ada salahnya untuk ditemani oleh teman atau kerabat yang dapat membantu memastikan kamu membeli sepeda motor bekas yang berkualitas.

Agar motor bekas kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan dari Igloo, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu