Skip to content

Ini 7 Langkah Membangun Pariwisata Berkelanjutan

Pariwisata berkelanjutan

Pandemi beberapa tahun lalu secara signifikan mengubah banyak aspek kehidupan. Orang-orang menjadi lebih mementingkan kesehatan, lebih paham konsep sustainability atau keberlanjutan dan sebagainya. Oleh karena itu, saat ini terjadi berbagai transisi peralihan dari yang dulunya konvensional sekarang mempertimbangkan keberlanjutan.

Salah satunya sektor pariwisata, dimana Pemerintah dan masyarakat sekarang fokus membangun kembali pariwisata berkelanjutan. Karena wisatawan di era sekarang lebih suka menjelajahi keindahan alam dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, budaya, sosial dan ekonomi.

Nah agar tidak salah konsep dalam menerapkan pariwisata berkelanjutan, Igloo akan menunjukkan langkah-langkah menuju masa depan yang lebih hijau di sektor pariwisata.

Mengapa Pariwisata Berkelanjutan Penting?

Pariwisata berkelanjutan tidak hanya berkaitan dengan pengembangan destinasi tempat wisata. Akan tetapi pertimbangan destinasi tersebut terhadap keberlanjutan lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi.

Inilah konsep jangka panjang karena mempertimbangkan dampak positif dan negatif bagi masyarakat daerah wisata dan lingkungan sekitarnya. Dengan kesadaran yang semakin meningkat, wisatawan sekarang lebih taat protokol kesehatan, kelestarian alam, keamanan bahkan kenyamanan.

Pariwisata berkelanjutan bukan hanya sebuah tren masa sekarang saja, tapi inilah bentuk kesadaran global akan tanggung jawab bersama untuk menjaga bumi agar ramah huni dan kehidupan sosial yang berkelanjutan.

Dan ini merupakan fokusan Kemenparekraf saat ini, dimana bukan hanya meningkatkan angka kunjungan dari wisatawan akan tetapi juga berupaya mempromosikan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan sehingga mendukung pemulihan kondisi bumi secara global.

Langkah Menuju Masa Depan yang Lebih Hijau dengan Pariwisata Berkelanjutan

Pariwisata berkelanjutan terwujud melalui ekowisata, ekowisata adalah wujud pariwisata yang mempunyai tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan budaya sehingga dapat memberikan keuntungan secara ekonomi bagi masyarakatnya.

Prinsip dasar dari ekowisata meliputi penghargaan bagi lingkungan, mengutamakan partisipasi di masyarakat lokal, memberikan pendidikan dan pengalaman wisata yang ramah lingkungan, dan manajemen wisata yang lebih bertanggung jawab.

Nah berikut ini langkah-langkah menuju masa depan yang lebih hijau lewat ekowisata:

1. Penilaian terhadap potensi lingkungan dan budaya

Pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan penilaian terhadap potensi lingkungan alam dan budaya yang ada di tempat wisata. Penilaian dilakukan pada sumber daya alam yang perlu dilindungi, warisan budaya yang harus dilestarikan, dan analisis dampak negatif pariwisata ke lingkungan dan budaya.

2. Melibatkan masyarakat lokal

Untuk membangun pariwisata berkelanjutan kamu perlu melibatkan masyarakat lokal. Mereka harus memberikan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan, pengembangan produk pariwisata, pengelolaan sumber daya alam dan sebagainya. Kamu harus memastikan bahwasannya tempat wisata yang dibangun dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Sehingga lebih mudah menanamkan kepentingan dalam melestarikan lingkungan dan budaya.

3. Pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan

Pembangunan infrastruktur berkelanjutan menjadi langkah penting saat membangun ekowisata. Dimana hal yang harus kamu lakukan meliputi penyediaan akomodasi yang ramah lingkungan, fasilitas pengelolaan sampah dan limbah, transportasi umum yang ramah lingkungan dan penggunaan energi terbarukan secara aktif.

4. Pendidikan dan kesadaran lingkungan

Ini adalah komponen penting saat membangun ekowisata. Nah kamu bisa membuat program-program dan kampanye kesadaran lingkungan. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya usaha pelestarian lingkungan alam dan budaya. Selain itu hal ini akan mendorong perilaku wisata yang lebih bertanggung jawab.

5. Diversifikasi produk pariwisata

Agar upaya pariwisata berkelanjutan menunjukkan hasil yang lebih maksimal diperlukan diversifikasi produk pariwisata. Artinya disamping menjaga keindahan alam dan budaya, tempat wisata harus menawarkan banyak jenis aktivitas dan pengalaman wisata bagi wisatawan.

Baca Juga Artikel Lainnya : Tips Menghadapi Hutan dan Pegunungan dengan Motor Trail di Wilayah Indonesia

6. Pengembangan rute wisata yang berkelanjutan

Selanjutnya kamu perlu melakukan pengembangan rute wisata yang berkelanjutan untuk mempromosikan ekowisata. Dengan perancangan rute yang tepat dan mudah ke spot-spot yang memperlihatkan keindahan alam maupun budaya dapat menjadi daya tarik tersendiri. Sekaligus mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

7. Menjalin kolaborasi dengan sekitar

Adanya kolaborasi akan memudahkan kamu dalam mewujudkan ekowisata. Nah kolaborasi yang dimaksud adalah antara pemerintah, LSM, industri pariwisata, masyarakat lokal dan lainnya akan memudahkan proses pembangunan. Selain itu dengan kolaborasi yang tepat lingkungan alam yang lestari dan budaya yang hidup dapat menyukseskan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Itulah tadi langkah-langkah menuju masa depan yang lebih hijau, dengan membangun kembali pariwisata yang berkelanjutan kamu dapat mencapai kestabilan lingkungan yang lebih mudah. Lengkapi juga pariwisata berkelanjutan dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo, agar kegiatan pariwisata berlangsung lebih aman dan nyaman.

Dengan asuransi, kamu bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan situasi tidak terduga kedepannya. Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.