Skip to content

Biaya Cat Mobil Baret: Solusi Tepat agar Tampilan Mobil Kembali Sempurna

biaya cat mobil baret

Baret pada mobil bisa terjadi karena beberapa penyebab, misalnya saat mobil mengalami risiko kecelakaan atau karena ada ranting pohon yang jatuh dan mengenai bodi mobil. Apabila kondisi tersebut dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, bukan tidak mungkin bisa menyebabkan masalah lain, misalnya timbulnya karat di bagian mobil yang baret. Sayangnya, tidak sedikit pemilik kendaraan yang abai terhadap hal tersebut, terlebih apabila baret tergolong ringan. Padahal, biaya cat mobil baret sebenarnya cukup murah.

Pemilik mobil bisa terlebih dahulu mencari tahu estimasi biaya perbaikan pada mobil baret. Biasanya, biaya cat mobil baret dihitung per panel dan disesuaikan dengan jenis baret, apakah ringan, sedang, atau berat.

Bisakah Memperbaiki Baret di Mobil Tanpa di Cat?

bisakah memperbaiki baret mobil tanpa di cat
Sumber Foto: Getty Images via Unsplash

Apabila kamu bertanya apakah bisa memperbaiki baret pada mobil tanpa di cat, jawabannya tentu saja bisa. Pemilik kendaraan bisa melakukan perbaikan tanpa harus melakukan pengecatan apabila goresan hanya mengenai lapisan permukaan. Beberapa cara menyamarkan baret pada mobil bisa dengan menggunakan pasta gigi, penghapus goresan, atau bahan poles bisa membantu menyamarkan goresan ringan. Namun, hasilnya sering kali tidak sempurna. Goresan mungkin tetap terlihat, meskipun lebih halus, dan kilau cat asli bisa sedikit berkurang.

Jika goresan cukup dalam hingga mencapai lapisan dasar cat, memperbaikinya tanpa cat akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Dalam jangka panjang, baret yang tidak diperbaiki dengan benar juga bisa menyebabkan karat, terutama jika terkena cuaca ekstrem.

Oleh karena itu, untuk hasil terbaik dan perlindungan jangka panjang, pengecatan ulang profesional adalah pilihan yang lebih disarankan. Proses pengecatan ulang akan membuat mobil terlihat seperti baru dan melindungi permukaan dari kerusakan lebih lanjut. 

Estimasi Biaya Cat Mobil yang Baret

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, baret pada mobil adalah salah satu kondisi yang harus kamu persiapkan. Artinya, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya, misalnya dengan mengecat mobil yang terkena goresan tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa biaya cat mobil bisa sangat bervariasi. Nah, berikut adalah estimasi biaya cat mobil yang baret, tergantung pada jenis baret, apakah ringan, sedang, atau berat:

1. Estimasi Biaya Cat Mobil Baret Ringan

Biasanya, lecet atau baret ringan tidak merusak struktur bodi kendaraan karena hanya terjadi lapisan cat luar. Beberapa pemilik kendaraan mungkin mencoba mengatasinya tanpa melakukan pengecatan. Namun, hasilnya mungkin tidak sebaik yang diharapkan, di mana lecet masih bisa terlihat karena tidak tertutup sempurna.

Untuk kamu yang ingin mengatasi baret tanpa meninggalkan bekas yang masih terlihat, bisa memilih untuk melakukan pengecatan ulang mobil. Adapun estimasi biaya cat mobil baret tipis biasanya berkisar di angka Rp300 ribu hingga Rp600 ribu per panel apabila tidak menggunakan asuransi mobil.

Perbedaan biaya bisa terjadi karena beberapa faktor, yaitu pemilihan warna, jenis cat yang digunakan, serta hasil akhir yang didapatkan. Itulah mengapa sebenarnya mengecat mobil yang terkena baret tidak sesederhana yang kamu bayangkan.

2. Estimasi Biaya Cat Mobil Baret Sedang

Berbeda dengan baret ringan yang masih bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti mengaplikasikan primer atau bahan yang mudah ditemukan di rumah lainnya, lecet sedang yang terjadi pada kendaraan kamu perlu penanganan yang tepat, yaitu melalui proses pengecatan ulang mobil.

Dalam kategori baret sedang, kerusakan tidak hanya terjadi di permukaan dasar saja, tetapi sedikit merusak struktur bodi kendaraan. Oleh karena itu, perlu penanganan yang lebih. Sebelum dicat, bagian mobil yang baret harus terlebih dahulu diisi menggunakan bahan khusus. Adapun biaya cat mobil baret sedang berkisar di angka Rp600 ribu hingga Rp1,2 juta untuk setiap panel.

3. Estimasi Biaya Cat Mobil Baret Berat

Berbeda halnya dengan mobil yang mengalami baret berat atau dalam. Biaya cat mobil baret dalam per panelnya tentu lebih tinggi dari baret kategori sedang. Baret berat memerlukan penanganan yang lebih rumit karena kerusakan sudah mencapai bagian bodi kendaraan. Selain melakukan pengecatan ulang, bukan tidak mungkin mekanik juga harus memperbaiki bagian yang mengalami kerusakan.

Untuk estimasi biaya cat mobil akibat baret berat, biasanya berkisar antara Rp 1,2 juta hingga Rp 2,5 juta per panel.

Pertanyaan Seputar Biaya Cat Baret Mobil

Berbicara tentang biaya cat mobil yang baret atau lecet, tentunya ada sejumlah pertanyaan yang secara umum banyak ditanyakan oleh pemilik kendaraan, di antaranya adalah:

1. Apa yang Menyebabkan Baret pada Mobil?

Penyebab baret bisa bervariasi. Seperti yang diketahui bahwa berkendara memiliki berbagai risiko, seperti kecelakaan. Hal ini mungkin meninggalkan baret di mobil. Ranting pohon dan kerikil turut menyebabkan terjadinya masalah baret. Bukan tidak mungkin, debu dan kotoran juga bisa meninggalkan baret di kendaraan kesayangan kamu apabila tidak segera dibersihkan.

2. Berapa Lama Proses Pengecatan Baret pada Mobil?

Berapa lama cat mobil baret biasanya tergantung dari jenis baret yang terjadi, apakah ringan, sedang, atau berat. Namun, secara umum, proses tersebut biasanya memerlukan waktu sekitar 1 hingga 2 hari, atau bahkan lebih. Sebaiknya segera hubungi bengkel yang kamu percaya untuk bisa mendapatkan estimasi waktu pengerjaan cat pada mobil yang baret.

3. Berapa Harga Cat Duco Mobil?

Cat duco mobil tergolong murah. Kamu bahkan bisa mendapatkannya tanpa harus membuat dompet kering. Di e-commerce, cat duco mobil tersedia dengan harga mulai dari Rp99 ribu.

4. Berapa Biaya Cat Mobil Menggunakan Cat Polyurethane?

Untuk cat mobil menggunakan cat polyurethane, estimasi biayanya berkisar antara Rp350 ribu hingga Rp800 ribu.

5. Berapa Biaya Cat Mobil Menggunakan Menggunakan Cat Acrylic Lacquer?

Apabila baret pada mobil hendak dicat menggunakan cat acrylic lacquer, pemilik kendaraan bisa menyiapkan dana sekitar Rp350 ribu hingga Rp 650 ribu. Biaya pengecatan biasanya dihitung per panel.

Biaya cat mobil baret tentu tidak akan berpengaruh terhadap kondisi finansial apabila pemilik kendaraan memiliki Asuransi Mobil jenis all risk. Asuransi mobil all risk (komprehensif) menanggung segala jenis risiko yang terjadi pada kendaraan termasuk perbaikan baret ringan pada mobil.

Untuk mendapatkan asuransi tersebut, caranya cukup mudah, yaitu dengan membeli asuransi mobil dari Igloo melalui beberapa langkah berikut:

  • Akses website Igloo atau langsung ke halaman “Asuransi Mobil”.
  • Di sana, tersedia dua pilihan, yaitu Asuransi Mobil TLO dan Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Klik “Cari di Sini” pada jenis Asuransi Mobil Komprehensif apabila ingin mendapatkan perlindungan terhadap kerusakan ringan hingga berat pada mobil.
  • Lanjutkan dengan mengisi Informasi lengkap terkait mobil yang akan diasuransikan.
  • Pilih produk asuransi yang mampu memberikan manfaat perlindungan yang diinginkan.
  • Setelah memilih produk asuransi, segera lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang disediakan, yaitu dompet digital, virtual accounts, dan transfer bank.
  • Setelah pembayaran terkonfirmasi, kamu akan segera mendapatkan polis asuransi.

Selain mobil, kamu juga bisa melindungi motor dengan membeli Asuransi Motor. Igloo juga menyediakan pilihan produk asuransi lainnya, yaitu Asuransi Perjalanan dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dengan begitu, kamu bisa memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. Dengan proses klaim yang cepat dan mudah, pemegang polis bisa segera mendapatkan manfaat proteksi yang diberikan, sesuai dengan informasi yang tertulis pada polis asuransi.