Skip to content

Penyebab Cat Mobil Retak dan Tips Mencegahnya

penyebab cat mobil retak parah

Memiliki mobil tidak hanya soal menggunakannya, tapi juga merawatnya. Salah satu masalah yang sering muncul adalah cat mobil yang retak. Selain merusak tampilan, cat yang mengelupas bisa membuat mobil terlihat kusam dan kotor. 

Sebelum melakukan perbaikan, penting untuk memahami penyebabnya. Retaknya cat mobil tidak terjadi begitu saja—ada beberapa faktor seperti goresan dan kondisi lain yang membuat cat mengelupas. Berikut beberapa penyebab utamanya yang perlu kamu ketahui sebelum mengambil tindakan.

Penyebab Cat Mobil Retak

penyebab cat mobil retak
Sumber Foto: A1 Auto Body

Sebelum melakukan perawatan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab body mobil retak. Sebab memang ada beberapa faktor yang membuat cat body mobil terkikis. Berikut adalah penyebab yang umum terjadi.

1. Gesekan atau Benturan

Salah satu penyebab yang paling utama cat pada body mobil retak adalah adanya bekas gesekan atau benturan. Terlebih jika getarannya sangat kuat. Tentu cat mobil tidak hanya retak, melainkan juga bisa memudar dengan ketebalan tertentu. 

Hal ini terbukti terjadi di kendaraan – kendaraan yang mengalami kecelakaan atau terkena gesekan benda – benda keras dan tajam.

Benturan yang keras bahkan dapat menimbulkan bekas yang membuat cat mobil memudar. Itulah sebabnya pemilik perlu berhati – hati dan meminimalisir terjadinya benturan seperti tidak menggunakan mobil secara berlebihan dan lain sebagainya.

2. Paparan Cuaca Ekstrim

Alasan kenapa cat mobil bisa retak bisa terjadi karena adanya suhu atau cuaca yang ekstrim. Hampir semua  cat mobil tidak akan bertahan lama ketika berhadapan dengan suhu yang tidak biasa, baik hujan maupun panas. Sebab cuaca yang ekstrim sangat mempengaruhi tekanan cat yang membuatnya retak.

Di samping itu, suhu dan cuaca ekstrim dapat memperlemah kepekatan warna sehingga warna mobil yang tadinya tebal menjadi terkikis dan bahkan menjadi tak berwarna. Istilah ini juga kerap disebut sebagai proses oksidasi yang membuat lapisan teratas cat mengalami kerusakan.

3. Debu atau Kotoran

Debu atau kotoran dapat menjadi alasan warna mobil mulai retak dan memudar. Terlebih jika mobil tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama. Debu yang menempel pada cat mobil akan membuat goresan halus yang kemudian akan berubah menjadi retakan yang besar.

Keberadaan debu pada cat mobil juga akan berdampak pada ketidakseimbangan lapisan cat sehingga rentan pecah. Bahkan beberapa kasus membuat mobil menjadi jamuran yang sulit dihindari.

4. Masa Pakai yang Sudah Lama

Harus dimengerti bahwa mobil memiliki masa pakai. Tidak selamanya kondisi mobil semulus saat pertama kali membeli. Termasuk juga cat yang digunakan untuk mewarnai body mobil. Cat juga memiliki masa ketahanan yang saat sudah lama berada di udara terbuka akan perlahan akan memudar warnanya.

Terlebih jika mobil dicat menggunakan warna yang tidak berkualitas. Tentu saja warna pada mobil tidak akan bertahan lama dan akan hilang dengan waktu yang relatif lebih singkat.

5. Bahan Kimia yang Korosif

Perlu digaris bawahi bahwa penggunaan bahan – bahan kimia yang bersifat korosif juga dapat menjadi penyebab cat mobil retak terkelupas. Biasanya pemilik mobil kurang memperhatikan penggunaan bahan pembersih yang mengandung kimia dan relatif keras. 

Jika ini diteruskan maka tidak menutup kemungkinan warna mobil akan rusak atau menjadi retak.

Pembersih atau cairan kebersihan lain yang mengandung bahan kimia korosif tidak perlu digunakan terlalu sering jika tidak ingin cat mobil rusak dan memperburuk mobil baru. Selain itu hal – hal teknis seperti proses pengecatan juga berpengaruh terhadap ketahanan pada cat mobil.

Tips Mencegah Cat Mobil Retak

penyebab cat mobil retak

Setelah berhasil mengidentifikasi penyebabnya, pemilik mobil akan lebih mudah untuk mencari solusi agar cat body mobil tetap mulus. Setidaknya ada beberapa tips yang dapat membantu pemilik untuk menjaga kondisi body mobil tetap mulus.

1. Hindari Mengemudi yang Berpotensi Benturan

Berdasarkan penyebab cat mobil retak rambut di atas, tentu hal pertama yang perlu diperhatikan oleh pemilik atau pengemudi adalah sebisa mungkin untuk menghindari hal – hal yang berpotensi benturan. Benturan menjadi penyebab yang paling kerap dialami oleh pemilik mobil yang mengeluhkan cat body mobil retak.

Tips yang bisa dilakukan adalah dengan mengemudi secara perlahan, terutama di jalan yang tidak begitu lebar. Selain itu kasih jarak saat mobil ingin diparkir di dekat kendaraan lain.

2. Pakai Sealer untuk Melindungi Cat Mobil

Sealer sering digunakan untuk melapisi cat body mobil akan terlindungi dari berbagai potensi kerusakan ringan seperti goresan tipis dan sejenisnya. Bahkan tak sedikit yang menggunakannya untuk menutupi bekas retakan pada cat mobil. Biasanya lapisan atau sealer ini bisa diaplikasikan dengan cepat.

Tak hanya sebagai solusi praktis saja, Sealer juga dapat mencegah kerusakan cat mobil lebih lanjut. Sehingga dapat meminimalisir rusaknya cat body mobil yang lebih parah.

3. Usahakan Mobil Tidak Sering Terpapar Matahari Secara Langsung

Warna pada cat body mobil perlahan akan memudar jika terus terkena paparan sinar matahari secara langsung. Ini juga menjadi penyebab cat mobil pecah secara perlahan karena sinar UV terus menghantam lapisan cat. Untuk mencegahnya, sebaiknya mobil diparkir di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Untuk memaksimalkan proteksi cat mobil dari paparan matahari secara langsung, pemilik dapat menggunakan semacam Sealand cat untuk melapisi cat body mobil. Pengaplikasian Sealant cat ini akan membantu pemilik untuk menangkal dampak yang lebih parah saat mobil terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

4. Kontrol dan Rawat secara Berkala

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap mobil secara berkala. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir cat body mobil yang terkelupas, retak, atau bahkan patah. Selain itu agar cat mobil dapat bertahan lebih lama sejak pembelian pertama.

Treatment yang bisa dilakukan ialah membersihkan secara berkala untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada body mobil. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa debu dan kotoran yang membandel perlahan akan membuat cat mobil memudar atau bahkan retak.

5. Gunakan Cat Baru dengan Kualitas yang Lebih Baik

Jika dirasa penyebab body mobil retak karena parahnya cat yang telah patah, sebaiknya pemilik segera mengambil tindakan untuk mengganti cat baru. Hal ini merupakan solusi terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah agar cat mobil tidak retak untuk kesekian kalinya.

Namun harus diperhatikan jika ingin mengganti cat mobil baru sebaiknya pilih cat yang lebih berkualitas. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketahanan dari cat body mobil. 

Sebelum melakukan pergantian cat, penting untuk membersihkan dan melakukan pengamplasan pada body mobil yang ingin diganti cat. Penggunaan cat baru ini bukan hanya sekedar menutupi kerusakan pada cat body mobil, melainkan juga memperbaiki tampilan pada mobil.

Solusi Cerdas untuk Mobil Mulus dan Terlindungi Sepanjang Waktu

Cat mobil yang retak memang merusak penampilan dan mengurangi nilai estetika. Untuk mencegah hal ini, penting untuk memahami penyebab utamanya seperti paparan sinar matahari, benturan, hingga debu yang menempel. 

Langkah pencegahan seperti membersihkan mobil secara rutin, melapisi cat dengan pelindung, atau bahkan mengganti cat bisa membantu menjaga tampilan mobil tetap prima.

Namun, perlindungan lebih dari sekadar perawatan. Dengan Asuransi Mobil, kamu tidak hanya melindungi tampilan mobil, tapi juga memastikan perlindungan maksimal dari risiko yang tidak terduga.

Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan saat di jalan raya, sehingga berkendara akan lebih nyaman dan aman.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.


Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.