asuransi motor yamaha nmax

Jenis Asuransi Motor Yamaha NMAX

Table of Contents

Yamaha NMAX merupakan motor matic yang terkenal memiliki desain yang besar dari motor matic pada umumnya. Walaupun berukuran besar, motor ini masih bisa melaju dengan kencang berkat mesin berukuran 155cc yang dimilikinya. Jika kamu memutuskan untuk memilikinya, penting untuk memilih produk asuransi motor Yamaha NMAX yang tepat.

Seperti yang kita ketahui, berkendara menggunakan motor merupakan aktivitas yang penuh dengan resiko. Berkendara dengan sepeda motor lebih rentan terhadap kecelakaan lalu lintas dibandingkan dengan pengemudi mobil. 

Belum lagi kasus kehilangan motor yang sering terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, memiliki asuransi kendaraan untuk melindungi motor kamu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebelum memutuskan untuk memilih produk asuransi motor Yamaha NMAX, artikel ini bisa menjadi panduan!

Tentang Motor Yamaha NMAX

asuransi motor yahama nmax

Yamaha NMAX hadir di Indonesia sejak tahun 2015. Sebelumnya, motor matic dengan bodi yang besar kurang diminati di Indonesia. Namun berkat desain tampilan seperti skuter Eropa dan harga yang sangat terjangkau, nama Yamaha NMAX semakin dilirik oleh pecinta motor matic Tanah Air.

Selain tampilannya yang terlihat besar, motor NMAX juga memiliki performa yang juga besar. Mesin Yamaha NMAX berkapasitas 155cc miliknya sudah dilengkapi dengan teknologi katup variabel (VVA). Fitur ini, mampu menghasilkan torsi dan tenaga yang jauh lebih besar pada setiap rentang putaran mesin.

Hingga saat ini, Yamaha NMAX sudah memasuki generasi kedua dengan beberapa pembaharuan. Mulai dari body yang dibuat sedikit lebih kecil, serta mesin yang terasa lebih lebih halus dengan fitur Smart Motor Generator miliknya.

Jenis Asuransi Motor Yamaha NMAX

Pertama-tama, mari kita lihat apa saja jenis asuransi untuk motor Yamaha NMAX yang tersedia di Indonesia.

1. Asuransi TLO

TLO atau Total Loss Only adalah produk asuransi yang akan melindungi atau memberikan ganti rugi jika terjadi kehilangan total seperti pencurian, perampasan, atau bisa juga apabila kamu mengalami kerugian di atas 75%. 

Namun, apabila kamu menderita kerugian di bawah 75%, maka asuransi mobil TLO tidak akan bisa memberikan ganti rugi atau perlindungan kepada kamu.

2. Asuransi All Risk

Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi motor all risk akan memberikan kamu perlindungan dan ganti rugi finansial atas segala kejadian yang terjadi pada motor kamu. 

Jika motor kamu mengalami kerusakan karena salah satu dari banyak risiko yang dicakup oleh asuransi all risk, maka kamu akan mendapatkan manfaat berupa biaya perbaikan atau menggantikan kendaraan jika kerusakan terlalu parah untuk diperbaiki.

Premi Asuransi Motor Yamaha NMAX

asuransi motor yamaha nmax

Premi asuransi adalah biaya yang harus kamu bayar kepada pihak asuransi. Nantinya, pihak asuransi akan memberikan coverage kepada kamu jika terjadi kerugian di kemudian hari. Besaran premi asuransi motor Yamaha NMAX tergantung dari berbagai faktor-faktor seperti jenis asuransi yang dipilih, wilayah di mana kamu berada, dan lain-lain. 

Berikut adalah rate asuransi berdasarkan ketentuan OJK RI surat edaran No.SE 6/SEOJK.05/2017 untuk kendaraan sepeda motor:

All Risk

Uang PertanggunganWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Semua uang pertanggungan3,18% – 3,50%3,18% – 3,50%3,18% – 3,50%

Keterangan:

  • Wilayah 1 Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2 DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten
  • Wilayah 3 Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2

TLO

Uang PertanggunganWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Semua uang pertanggungan1,76% – 2,11%1,80% – 2,16%0,67% – 0,80%

Keterangan:

  • Wilayah 1 Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2 DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten
  • Wilayah 3 Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2

Contoh Perhitungan Asuransi Motor Yamaha NMAX

Untuk mengetahui cara perhitungan biaya preminya, berikut Igloo akan berikan contoh kasus dari kedua jenis asuransi yang kamu pilih.

Kamu membeli motor Yamaha NMAX dengan harga Rp35.750.000. Motor tersebut berdomisili di Papua Barat dengan plat PA (wilayah 3). Maka biaya premi asuransi yang harus dibayar adalah:

1. All Risk

Rumus:

Persentase premi all risk x harga motor= biaya premi

3,18% x Rp35.750.000 = Rp1.136.850

2. TLO

Untuk asuransi TLO, berikut adalah perhitungannya:

Rumus:

Persentase premi asuransi motor TLO x harga motor= biaya premi 

0,67% x Rp35.750.000 = Rp239.525

Perhitungan di atas hanyalah simulasi, jadi, pastikan untuk mengunjungi website Igloo dan lakukan perhitungan dengan kalkulator virtual yang akan memudahkan kamu untuk mendapatkan harga premi yang lebih akurat.

Nah, jika kamu ingin membeli produk asuransi motor Yamaha NMAX di Igloo, kamu bisa memilih 2 produk asuransi yaitu, Asuransi Motolite dan Asuransi Motor (Kerugian Total):

Kedua asuransi ini sama-sama ditujukan untuk kendaraan bermotor, tetapi perbedaannya terletak pada harga premi yang ditawarkan dan ringkasan manfaatnya. Untuk Motolite, kamu hanya dikenakan biaya premi sebesar Rp50.000 untuk apapun jenis motor yang dimiliki. 

Ringkasan Manfaat Asuransi Motolite:

  1. Kehilangan motor maksimum Rp2.500.000
  2. Cacat permanen atau meninggal karena kecelakaan, maksimum Rp2.500.000
  3. Cacat permanen pihak ketiga, maksimum Rp2.500.000

Sementara itu, untuk Asuransi Motor (Kerugian Total), biaya premi yang dibayarkan akan menyesuaikan merek, jenis, dan tahun pembuatan kendaraan kamu. Ringkasan Manfaat Asuransi Motor (Kerugian Total):

  1. Kerugian kendaraan akan dijamin 100% dari nilai pertanggungan sesuai harga kendaraan dengan dikurangi biaya risiko sendiri, jika terjadi kerusakan total oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya (minimal kerusakan 75% dari nilai pertanggungan)
  2. Kamu juga dapat memperluas manfaat seperti, jaminan perlindungan dari kerusuhan, banjir, gempa bumi, dll. 

Itu penjelasan terkait jenis asuransi motor Yamaha NMAX beserta perhitungan preminya. Semoga artikel ini memantapkan kamu untuk memiliki asuransi kendaraan terbaik yang akan memberikan segudang manfaat terhadap kendaraan kamu.

Dengan memiliki asuransi kendaraan dari Igloo, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila motormu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai motormu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan di Igloo, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu