Terlihat Sepele! Ini Dia Bahaya Air Hujan Menempel di Kaca Mobil

Bahaya Air Hujan Menempel di Kaca Mobil
Table of Contents

Seberapa sering mobil pribadi kamu terkena air hujan dan kamu biarkan saja hingga kehujanan kembali? Rasa-rasanya banyak diantara kalian yang mengabaikan perawatan mobil setelah terguyur hujan. Tidak tahukah kamu bahaya air hujan menempel di kaca mobil?

Air hujan mempunyai sifat asam, yang mana ketika menempel pada kaca mobil bisa memicu tumbuhnya jamur. Jamur sendiri merupakan jenis tumbuhan yang mudah tumbuh di daerah yang lembab dan kotor, termasuk di mobil. Baik itu dibagian eksterior maupun interiornya, jika mobil tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Hujan yang mengenai kaca mobil akan memunculkan water spot, dimana ketika mengeras bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur. Tanda-tanda kaca mobil yang berjamur biasanya buram, sehingga membahayakan pengemudi yang membawa mobil tersebut.

Nah Igloo telah merangkum beberapa bahaya air hujan menempel di kaca mobil dan cara mencuci mobil yang benar ketika terkena hujan.

Macam-Macam Bahaya air hujan menempel di kaca mobil

Pada kondisi mobil yang parah dan sering terkena air hujan, beberapa bagian body mobil akan berkarat. Karat sejatinya bisa merusak semua komponen yang berbahan dasar besi. Menjadikan body mobil cepat rapuh dan mengalami pengeroposan.

Kaca mobil merupakan body mobil yang juga sering mengalami masalah, terutama masalah jamur. Nah berikut ini bahaya air hujan menempel di kaca mobil yang harus kamu waspadai:

  • Hujan membuat kaca mobil jamuran

Ini merupakan kondisi yang sering terjadi pada mobil kita. Apalagi setelah terguyur hujan kaca tidak kamu bilas dengan air bersih. Kondisi ini akan memicu tumbuhnya jamur di water spot yang sudah mengeras.

Biasanya untuk meminimalisir tumbuhnya jamur di kaca mobil kamu bisa menggunakan sprayer anti-jamur atau menambahkan coating anti-jamur. Kaca mobil memang harus rajin kamu bersihkan apalagi di musim penghujan, biasakan membilas kaca setelah mobil kehujanan.

  • Visibilitas pengemudi berkurang

Air hujan yang menempel di kaca mobil bisa mengganggu dan menurunkan visibilitas pengemudi. Bila ini terjadi dan berlangsung lama akan mengganggu visibilitas pengemudi sehingga berkendara menjadi tidak nyaman. Apalagi jika air hujan tersebut sudah kering, jarak pandang saat berkendara akan terbatas. Oleh karena itu, kaca mobil yang sudah terkena air hujan harus segera dibersihkan.

Untuk kaca mobil bagian depan dan belakang kamu bisa menggunakan wiper yang tersedia. Sedangkan untuk kaca bagian samping kamu bisa membersihkannya dengan kanebo atau lap kering yang bersih.

  • Kaca mobil menjadi macet

Air hujan yang menempel di kaca mobil juga bisa membuat macet ketika dinaik-turunkan. Hal ini diakibatkan oleh debu yang terbawa air hujan hingga masuk ke sela-sela karet kaca mobil. Jika itu terjadi maka power window tidak bisa menggerakkan kaca mobil dengan otomatis.

Seberapa Penting Mencuci Mobil Setelah Terguyur Hujan

Selalulah waspada terhadap bahaya air hujan menempel di kaca mobil, karena air hujan selain mengandung asam juga debu atau kotoran yang memicu karat dan jamur.

Jika karat dan jamur pada kaca mobil kamu biarkan maka kerusakan akan terus berlangsung dan berbagai bahaya di atas bisa saja kamu alami.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur yang menempel di kaca mobil:

  • Glass Cleaner

Glass cleaner atau pembersih kaca merupakan alat pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur. Biasanya pembersih ini berbentuk cairan kental dan pekat.

Disamping membersihkan alat ini juga bisa mengkilaukan kaca secara optimal sehingga bisa meningkatkan visibilitas saat berkendara.

  • Gunakan Pembersih Kaca untuk Aquarium

Pembersih aquarium berwujud cair dan bisa kamu aplikasikan dengan mudah meskipun di kaca mobil. Akan tetapi dalam penggunaannya harus sesuai dengan aturan. Dimana setelah cairan diaplikasikan pada kaca mobil, maka kaca tersebut harus segera dibilang dengan air bersih agar tidak menimbulkan bercak.

Kamu juga perlu berhati-hati saat menggunakannya, karena bisa memicu kulit gatal. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan latex ketika mengaplikasikannya.

  • Gunakan Alkohol dan Pasta Gigi

Kedua bahan ini juga bisa membersihkan kaca yang ditumbuhi jamur. Meskipun tidak se-efektif kedua alat di atas, akan tetapi bahan ini bisa kamu temukan di rumah.

Gunakan alkohol 50%-90%, pertama aplikasikan alkohol di kaca mobil kemudian bersihkan dengan kanebo yang bersih. Aplikasikan pasta gigi non-gel pada bercak-bercak yang membandel lalu gosoklah menggunakan kanebo atau kain lembut yang bersih.

Cara Mencuci Mobil yang Terkena Air Hujan

Secara otomatis, mobil di musim penghujan akan lebih sering terpakai apalagi jika kamu punya acara di tempat yang jauh. Oleh karena itu, sering-sering mencuci mobil adalah sebuah keharusan.

Nah berikut ini cara tepat mencuci mobil yang terkena air hujan untuk menghindari bahaya air hujan menempel di kaca mobil:

  • Usahakan tidak mencuci mobil di bawah sinar matahari secara langsung. Busa sabun yang mongering bisa menimbulkan bercak di body mobil termasuk kaca mobil.
  • Pakailah sabun atau shampoo mobil khusus untuk membuatnya kinclong.
  • Bersihkan body mobil secara menyeluruh, termasuk bagian bawah atau kolong mobil untuk mencegah karat.
  • Setelah body mobil dibilas dengan air bersih gunakan lap atau kanebo untuk mengeringkannya. Usahakan jangan dibiarkan kering sering sendiri karena bisa memicu tumbuhnya jamur kembali.
  • Pakailah lap bertekstur lembut atau kanebo untuk mencegah goresan atau baret pada body mobil.
  • Bila tidak memungkinkan untuk dicuci setiap hari setelah terkena air hujan maka kamu cukup membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya dengan lap bersih.
  • Usahakan tidak langsung mengelap mobil yang terkena air hujan, tapi bilas terlebih dahulu menggunakan air bersih.
  • Bersihkan karet wiper setiap kali membilas atau mencuci mobil setelah kehujanan.
  • Selalu sediakan pembersih kaca untuk memberikan double cleaner pada kaca mobil yang setiap hari terkena hujan.

Di musim penghujan memang mobil membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Akan tetapi seringkali kita tidak sempat melakukan perawatan yang seharusnya sehingga kemungkinan tumbuhnya jamur pada kaca mobil sangatlah mungkin terjadi. Oleh karena itu, yang bisa kamu lakukan adalah membawanya ke salon mobil untuk dibersihkan.


Baca Juga : Salon Mobil vs Auto Detailing, Apa Bedanya?

Harganya cukup lumayan apabila kamu berulang kali menggunakan jasa mereka. Tapi akan ringan jika ada bengkel rekanan asuransi mobil yang juga menyediakan layanan salon mobil. Sehingga kamu bisa mendapatkan jaminan pertanggungan dan mobil bersih setiap saat. 

Di Igloo kamu bisa mencari asuransi mobil dengan berbagai macam jaminan pertanggungan, kamu tinggal konsultasikan saja kebutuhanmu dan percayakan pada mereka perawatan mobilmu.

Untuk membeli asuransi mobil di Igloo cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu