Boleh Dipakai, Tapi Apa Akibatnya Jika Oli Mobil Dipakai Motor dan Sebaliknya?

Apa akibatnya jika oli mobil dipakai motor dan sebaliknya
Table of Contents

Apakah kamu menganggap semua oli kendaraan sama saja? Jika kamu menganggapnya sama, apa boleh oli mobil dipakai di motor? Oli merupakan pelumas yang dibutuhkan untuk menjaga kinerja dari sebuah mesin kendaraan. Dengan kamu memperhatikan jenis oli yang kamu gunakan maka tentu saja kendaraan akan lebih awet, mesin optimal, dan umur pakainya panjang. Sehingga kamu tidak boleh sembarangan memakainya, ada baiknya memang kamu sesuaikan dengan kendaraan.

Pelumas yang kamu gunakan pada kendaraan sangat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan dari sebuah mesin. Nah oli mempunyai fungsi utama yaitu sebagai pelumas dan memberikan perlindungan pada komponen mesin yang bergesekan. Selain itu juga mencegah aus, membebaskan mesin dari korosifitas, dan kotoran lainnya.

Jika kamu sembarangan menggunakan oli maka dampak buruknya bisa langsung mesin rasakan, termasuk saat kamu mengganti oli motor dengan oli mobil.

Apa Akibatnya Jika Oli Mobil Dipakai Motor dan Sebaliknya?

Sebelum Igloo membahas akibat dari oli mobil dipakai motor, pertama kita pahami dulu perbedaan dari keduanya. Dari segi viskositas atau kekentalan, motor membutuhkan oli mesin dengan tingkat kekentalan yang tinggi dibanding mobil. Agar mampu menahan gesekan pada suhu mesin yang panas dan saat putaran mesin sedang tinggi. Sedangkan oli mesin mobil, tingkat kekentalannua jauh lebih rendah. Karena mobil mempunyai kapasitas mesin yang besar dan kompleks. 

Di samping viskositas, kamu juga perlu mempertimbangkan zat aditif yang ada di dalam oli. Biasanya beda merek oli, beda pula zat aditif yang ditambahkan. Ada banyak fungsi zat aditif yang terdapat di oli kendaraan. Diantaranya untuk mengurangi pembentukan endapan, menjaga korosi pada mesin motor dan mobil, dan sebagainya. Nah zat aditif untuk oli mobil lebih ke mengurangi endapan dan menjaga mesin agar tidak aus. Sedangkan pada oli motor, zat aditif berguna untuk melindungi mesin dan kotoran dan korosifitas serta menjaga keausan mesin.

Selain itu, pembuatan oli mobil dan motor menggunakan standarisasi yang berbeda. Oli motor menggunakan standar API dan JASO. Sedangkan oli mobil menggunakan standar ACEA dan API. Perbedaan standar ini tentu tidak bisa disepelekan, sehingga kamu harus berpikir ulang untuk menggunakan oli mobil untuk motor.

Jika kamu belum yakin, maka berikut ini akibat yang akan kamu rasakan saat oli mobil dipakai motor atau sebaliknya:

  1. Terjadi slip kopling

Risiko terbesar jika menggunakan oli mobil di motor adalah terjadinya slip kopling. Sehingga performa kendaraan akan terganggu dan menurun.

  1. Akan mempengaruhi putaran mesin

Seperti yang sudah kita bahas, mobil menggunakn oli yang lebih rendah kekentalannya. Sehingga ketika digunakan pada motor akan merusak putaran mesin, karena tingkat oil stress pada motor jauh lebih tinggi.

  1. Terjadi penurunan pelumasan yang efektif

Hal ini terjadi karena oli mobil dan motor mempunyai komposisi dan viskositas yang tidak cocok apabila oli mobil kamu gunakan untuk oli motor. Akibat lebih jauhnya akan membuat gesekan mesin kendaraan lebih besar.

Intinya bila oli mobil kamu pakai di motor, maka mesin akan cepat aus, terjadi penurunan performa mesin, dan dapat menimbulkan kerusakan parah pada mesin motor kamu nantinya.

Pertanyaan Lain Seputar Oli Motor yang Harus Kamu Tahu, Ini Faktanya!

Adapun berikut ini beberapa pertanyaan yang sering terlontar dari pengguna motor:

  1. Apakah oli mobil bisa digunakan motor?

Jawabannya bisa, tapi akan merusak mesin. Sehingga ada baiknya jangan mengganti oli motor dengan oli mobil karena keduanya mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda.

  1. Bagaimana jika oli mobil untuk motor koplingan?

Oli mobil tidak bisa untuk motor koplingan, karena kembali lagi oli mobil diciptakan dengan karakteristik sesuai kebutuhannya bukan kebutuhan motor.

  1. Bagaimana jika oli mobil matic digunakan motor matic?

Maka jawaban sama tidak bisa, karena mobil menggunakan jenis kopling kering. Sedangkan motor matic menggunakan kopling basah.

Tips Pemilihan Oli Mobil, Jangan Samakan Seperti Oli Motor

Berikut ini agar tidak salah pilih oli untuk kendaraanmu. Usahakan jangan sekali-kali menggunakan oli mobil untuk motor. Nah berikut ini tips pemilihan oli motor yang harus kamu patuhi:

  1. Pilih oli mesin mobil yang tepat, sesuaikan nomor SAE yang dibutuhkan.  Biasanya kalau tipe mobil generasi baru membutuhkan oli mesin yang lebih cair, misalnya SAE 10W30. Sedangkan mobil diesel, membutuhkan mesin mobil yang viskositasnya lebih tinggi seperti SAE 20W50.
  2. Gunakan oli mesin mobil yang sudah bersertifikasi, karena dengan standar tersebut oli yang kamu gunakan jelas kualitasnya.
  3. Ada baiknya sesuaikan dengan rekomendasi pabrik mobil itu sendiri.

Itulah berbagai akibatnya jika oli mobil dipakai motor dan sebaliknya. Sehingga ada baiknya kamu menggunakan tips di atas untuk memilih oli mobil yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Karena dengan begitu mesin tidak akan cepat aus dan performanya bisa selalu optimal serta terhindar dari berbagai kerusakan yang lebih parah yang menghabiskan biaya perbaikan.

Selain itu kamu juga sebaiknya melengkapi mobil dengan Asuransi Mobil. Sehingga saat terjadi kerusakan yang parah kamu bisa mendapatkan jaminan perlindungan dari perusahaan asuransi. 

Agar lebih aman dan nyaman kamu bisa menggunakan Asuransi Mobil dari Igloo. Dengan Asuransi Mobil dari Igloo, kamu bisa mendapatkan jaminan perlindungan selama perjalanan mudik sehingga kamu bisa mengendarai tanpa rasa khawatir.

Baca Juga : Jelang Keberangkatan Mudik, Menambah Kenyamanan Mobil Dengan Aksesoris Resmi Suzuki Bisa Dipertimbangkan

Apabila kamu tertarik, di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu