5 Cara Menghaluskan Mobil Bising Saat Melintas di Pemukiman

Cara Menghaluskan Mobil Bising
Table of Contents

Bisingnya sebuah mesin mobil pastilah sangat memekakkan telinga, apalagi kalau mobil kamu tersebut melintas di pemukiman. Orang disekitarmu akan merasa terganggu dan mengeluh akan kendaraanmu.

Pada kendaraan bermotor kamu akan menemukan dua jenis mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Meskipun di Indonesia mesin bensin menjadi kendaraan yang populer, tetapi masyarakat kita ada juga yang menggunakan mesin diesel. Mesin diesel cenderung mempunyai karakteristik bising, disamping berbagai keuntungan lain yang kamu rasakan. Akan tetapi mesin bensin juga bisa kasar dan bising bila tidak mendapatkan perawatan yang sesuai standar.

Suara mobil yang bising dan kasar adalah sebuah tanda bahwa mesin mobil tersebut mendapat perawatan yang baik. Nah kali ini Igloo akan menganalisa apa penyebab mobil bising dan cara menghaluskan mobil bising tersebut. Dengan begitu solusi bisa kamu dapatkan dan performa mobil bisa kembali normal.

Penyebab Suara Mesin Mobil Bising dan Kasar

Ada berbagai hal yang menyebabkan masalah mesin pada sebuah kendaraan, terutama mobil. Hal ini perlu kita ketahui agar solusi yang kamu dapat bisa tepat dengan masalah yang kamu alami.

Berikut ini diantaranya penyebab suara mesin mobil yang terdengar bising:

  • Mesin Kurang Pelumas

Pelumas adalah faktor utama dalam menentukan performa sebuah mesin. Sehingga ketika performa menurun dan disertai suara mesin yang bising maka bisa jadi ada masalah pada pelumasnya atau oli mesinnya.

Jika mesin kurang pelumas maka gesekan yang terjadi antar komponen akan semakin besar, sehingga suara mesin mobil menjadi kasar dan cenderung bising. Jangan memaksakan mobil dengan kondisi ini tetap dipakai, karena jika dibiarkan akan memicu kerusakan lainnya pada komponen mesin.

Warna oli yang pekat, hitam dan kotor bisa menjadi tanda bahwa perlu dilakukan pergantian oli sesegera mungkin. Kamu juga bisa mengandalkan buku servis untuk mengetahui di kilometer berapa kamu harus mengganti oli.

  • Kompresor AC Bermasalah

Jika tidak ada masalah dengan pelumasnya maka kamu bisa cek bagian kompresor AC mobil. Kompresor AC yang mulai aus, kurang pelumas, dan tertumpuk kotoran bisa menyebabkan penyumbatan. Sehingga akibatnya pada bagian mesin mobil terdengar suara yang bising dan kasar.

Selain suara bising, biasanya jika kompresor mobil rusak maka AC menjadi tidak dingin. Jika ini terjadi maka perlu dilakukan pembongkaran dan pengecekan kompresor secara keseluruhan untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Bila masalah ini kamu alami, siap-siap saja akan menghabiskan biaya servis yang lumayan banyak.

  • Tali Kipas atau Belt Mobil Rusak atau Putus

Tali kipas pada mobil berfungsi untuk menghubungkan kompresor AC dan alternator pada bagian kipas radiator. Jika ini yang kamu alami maka wajar apabila terdengar suara mesin yang bising.

Penyebabnya bisa berbagai macam, seperti permukaan tali yang mulai kering, retak dan kendur sehingga tidak layak digunakan.

  • Katup Mesin Longgar

Longgarnya katup mesin mobil juga bisa menyebabkan mesin jadi bising. Sesuai standarnya, katup mesin harus berukuran 0,2-03 milimeter. Hanya saja karena pemakaian mobil yang cukup intens menjadinya longgar sehingga terjadi gesekan pada bagian rocker arm dan batang katup.

  • Bearing Mobil Rusak

Bearing mobil yang rusak menyebabkan suara mesin menjadi bising dan kasar. Jika ini terjadi, lakukan pemeriksaan pada bearing dan bearing yang sudah aus atau retak perlu mengalami pembaharuan.

Cara-Cara Menghaluskan Mobil Bising Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Lalu ketika komponen di atas sudah rusak, bagaimana cara menghaluskan mobil bising tersebut? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kondisi mesin tersebut agar tidak bising.

Berikut ini adalah cara menghaluskan mobil bising yang terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin:

  • Gunakan Oli yang Berkualitas

Oli yang berkualitas sangatlah penting bagi mesin mobil, semakin tinggi kualitas sebuah olim aka usia pakai dari kendaraan juga semakin panjang.

Ingat, oli merupakan bahan yang bisa melindungi komponen mesin mobil secara keseluruhan. Oleh karena itu pastikan kamu menggunakan oli standar pabrik yang sesuai dengan mobilmu.

  • Lakukan Pengecekan Rutin Volume Oli Mesin

Pada tabung oli mesin terdapat volume minimal yang harus kamu pastikan oli tidak kurang dari standar tersebut. Karena jika volume oli mesin berkurang, maka mesin akan cepat panas, aus dan mudah rusak.

  • Lakukan Pembersihan Kompresor AC

Kompresor AC mobil adalah bagian yang penting pada sebuah mobil. Oleh karena itu jika mesin sudah bising lakukan pengecekan kompresor AC dan bersihkan dengan cara flushing ataupun pembongkaran secara total.

  • Kencangkan Katup Mesin

Katup mesin yang longgar juga bisa menimbulkan suara mobil jadi bising. Maka kencangkan celah katub mesin tersebut sesuai dengan pabrikannya.

  • Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Jika mobilmu menggunakan mesin diesel maka sesuaikan penggunaan solarnya. Hal ini juga berlaku pada mesin bensin, hanya saja semakin tinggi angka oktane-nya maka kualitasnya juga semakin bagus. Sehingga pembakaran lebih sempurna, hemat, dan meminimalisir polusi.

  • Lakukan Pemeriksaan pada Dudukan Komponen

Dudukan komponen mesin juga bisa menjadi sebab mesin bising. Oleh karena itu periksa dudukan transmisi, suspensi, dan dudukan komponen untuk mengetahui kualitasnya.

  • Penambahan Aditif Oli

Penambahan aditif oli juga bisa mengurangi gesekan yang terjadi antar logam. Hanya saja hal ini akan sangat riskan untuk kamu lakukan. Cara terbaik adalah dengan mengganti oli secara berkala dan memastikan oli bersih dari kotoran.

  • Gunakan Peredam Suara

Jika sumber kebisingan bukan secara langsung pada mesin, tetapi pada kabin mobil, maka berikan peredam suara pada beberapa spot. Seperti plat mobil, lantai kabin dan dibalik kap mesin serta pada pintu-pintu mobil.

  • Lakukan Tune-Up

Tune-up sangat membantu dalam perbaikan performa mobil. Dalam prosesnya mesin akan dicek secara keseluruhan dan dipastikan tidak ada kotoran yang menyumbat mesin mobil.

Itulah tadi hasil analisis yang berhasil dilakukan Igloo dan dapat disimpulkan bahwa mobil bising disertai dengan performa mobil menurun. Sehingga perlu cara menghaluskan mobil bising agar performanya kembali normal.

Baca Juga : Jadi Kode Penting, Ini Isyarat lampu saat berkendara Mobil

Dalam proses perbaikan ini, tentu ada harga perbaikan dan perawatan yang harus kamu bayarkan. Menghaluskan suara bising pada mobil pasti menghabiskan biaya. Oleh karena itu agar tidak terlalu memberatkan, Igloo menyediakan asuransi mobil terbaik, terpercaya dan harga yang terjangkau. 

Nah untuk membeli asuransi mobil di Igloo cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu