Cara Merawat Helm Motor Agar Awet dan Tidak Apek

cara merawat helm motor
Table of Contents

Helm motor merupakan salah satu riding gear yang wajib untuk kamu pakai saat mengendarai motor. Riding gear ini merupakan perangkat keselamatan yang sudah di atur dalam perundang-undangan. Helm yang kamu gunakan juga wajib mempunyai standar SNI, agar bisa memberikan perlindungan keselamatan secara optimal.

Pemakaian helm sendiri sudah pasti bersentuhan dengan kepala, sehingga membuatnya bau keringat. Apalagi jika kamu intens memakainya tanpa ada jeda untuk mencucinya, helm motor sudah pasti bau dan jadi tidak awet.

Saat helm apek tentu kamu memakainya juga jadi tidak nyaman dan akhirnya bisa mengganggu fokus dalam berkendara. Oleh karena itu, kamu butuh cara merawat helm motor agar helm jauh dari bau apek dan awet meskipun setiap hari terpapar sinar matahari dan kena keringat.

Kali ini, Igloo akan membahas berbagai cara merawat helm motor agar lebih awet dan tidak berbau apek. Sehingga kamu bisa lebih nyaman saat berkendara dan bergaya dengan helm motormu.

Beragam Cara Merawat Helm Motor di Musim Penghujan

Musim penghujan identik dengan lingkungan yang lembab. Helm yang kamu gunakan bisa berkali-kali kehujanan dan menjadikannya basah padahal kamu setiap hari akan memakainya. Tentu kondisi ini akan membuat pemilik helm merasa tidak nyaman.

Bila perlu memang kamu harus punya helm cadangan di rumah, sehingga apabila helm yang lain basah kamu bisa menggunakan helm cadangan.

Nah agar helm yang kamu miliki bisa awet dan tidak apek, berikut ini beberapa cara merawat helm motor yang bisa dilakukan:

  • Tempatkan Helm di Tempat yang Aman

Saat melepas helm, usahakan tidak pada tempat yang sembarangan. Kamu juga bisa menggunakan sarung helm untuk menjaganya dari paparan sinar matahari secara langsung.

Jangan juga menaruh helm di kaca spion motor, karena hal tersebut bisa membuat helm lecet atau tergores secara tidak sengaja. Menaruh di spion motor membuat helm mudah jatuh dan tergores. Kamu bisa menaruhnya di tempat helm atau membawanya bersama kalian.

Baca Juga : Tips Perawatan Kampas Kompling Sepeda Motor

Helm juga aka naman jika kamu kaitkan di jok motor atau pada motor yang bagasinya besar bisa memasukkan helm kedalamnya. Dengan begitu helm akan aman dari hujan ataupun tindakan kejahatan dari orang lain.

 Sedangkan jika kamu tidak terlalu sering memakai helm, sebaiknya helm disimpan di tempat yang kering dan rapi. Helm yang tidak disimpan dengan baik akan membuat debu menempel dan bisa pula kemasukan laba-laba dan bersarang disana.

  • Jangan Memakai Helm Saat Rambutmu Basah

Memakai helm dalam kondisi rambut basah karena keramas juga perlu kamu hindari. Karena sisa-sisa air yang masih menempel di rambut akan membuat bagian dalam helm lembab, berbau dan apek.

Apalagi jika kamu terbiasa menggunakan minyak rambut atau pomade, bagian dalam helm akan terasa lengket. Jika kamu biarkan dalam waktu yang cukup lama akan memunculkan bau yang bisa membuat kamu tidak nyaman.

Oleh karena itu gunakan shower cap atau penutup kepala tipis agar rambut basah atau minyak rambut tidak menempel pada langit-langit helm.

  • Cucilah Helm dalam Kurun Waktu 1 Bulan Sekali

Rutinkan mencuci helm 1 bulan sekali untuk menghindari bau dan kuman menempel pada helm. Untuk jadwal pencucian, sebenarnya bisa mengikuti kesibukan rutinitasmu. Atau jika ingin lebih mudah kamu bisa membeli helm cadangan yang kamu punya.

Untuk pencucian helm, kamu bisa menggunakan jasa cuci helm atau mencucinya sendiri jika memungkinkan.

  • Perhatikan Pedoman Mencuci Helm yang Benar

Pencucian helm tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Karena ada beberapa bagian helm yang terbuat dari material yang berbeda. Sehingga diperlukan perlakuan khusus pada setiap bagiannya.

Pertama, kamu bisa melepaskan seluruh bagian pada helm. Lakukan secara hati-hati agar tidak sobek. Pisahkan masing-masing bagian dan simpan di tempat yang kering. Pada bagian sponge, kamu perlu merendamnya dengan sabun. Perendaman bisa kamu lakukan minimal 1 jam, kemudian sikat halus pada bagian yang masih kotor dan bilas. Pada bagian yang keras kamu bisa membersihkannya dengan sabun dan lap.

Apabila kamu rasa sudah bersih, kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung atau gunakan pengering agar cepat kering. Jika sudah, pastikan tempat kamu menyimpan helm tidak lembab. 

  • Gunakan Cairan Pengilap

Jika helm sudah kamu cuci bersih dan kering, maka kamu bisa memakaikan cairan pengilap. Carian pengilap ini termasuk cairan silicon yang bisa membuat helm tetap berkilau dan lapisan cat helm juga terlindungi. Sehingga cat helm bisa tetap awet dan tidak pudah meskipun setiap hari terpapar matahari.

  • Berikan Pelumas pada Engsel Visor

Engsel visor atau kaca helm memang sering bermasalah, dimana susah untuk dibuka tutup. Nah dengan pelumas engsel visor, helm akan awet dan tidak susah buka tutup visornya.

Dapatkan Asuransi Motor di Igloo Dengan Premi Terjangkau

Itulah tadi penjelasan terkait berbagai cara merawat helm motor agar tidak bau dan awet. Dengan begitu kamu bisa melakukan perjalanan dengan nyaman dan tidak membahayakan diri sendiri. Sebenarnya, disamping perlindungan diri ada baiknya kamu juga melindungi kendaraanmu dengan asuransi motor dari Igloo. Hal ini tentu akan mengamankan kondisi finansialmu di masa mendatang.

Igloo menawarkan solusi asuransi untuk motor kamu dengan penilaian risiko terendah dan dengan premi yang cukup terjangkau. Kamu juga berkesempatan mendapatkan banyak manfaat pertanggungan, termasuk biaya ganti rugi perawatan motor yang kamu lakukan.

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon hingga 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu