Dashcam untuk Klaim Asuransi Mobil, Apakah Bisa?

Table of Contents

Dashcam mobil adalah kamera yang dipasang di dalam kendaraan, biasanya di bagian depan, untuk merekam perjalanan. Dashcam ini dirancang untuk merekam video secara terus-menerus selama kendaraan berjalan, sehingga bisa merekam kejadian-kejadian di jalan raya secara otomatis.

Dashcam hadir dalam berbagai bentuk dan fitur, mulai dari yang sederhana dengan fungsi dasar perekaman hingga yang lebih canggih dengan GPS, sensor guncangan, konektivitas Wifi, dan kemampuan perekaman ganda (depan dan belakang).

Seiring dengan banyaknya kasus kecelakaan, terkadang susah menemukan bukti atau fakta dalam kejadian tersebut, sehingga dashcam digunakan sebagai bukti vital dalam penyelesaian klaim asuransi mobil.

Berikut penjelasan lengkap mengenai bisakah dashcam untuk klaim asuransi mobil yang kamu beli sebagai bukti vital dalam penyelesaian klaim asuransi mobil? Yuk cari tau di sini

Manfaat Dashcam untuk Klaim Asuransi Mobil

Adapun berikut ini manfaat dashcam mobil dalam menyelesaikan klaim asuransi mobil terkait berbagai hal merugikan yang kamu alami.

Bukti Kecelakaan yang Valid

Dashcam memberikan rekaman video dari kejadian yang sebenarnya, yang bersifat objektif dan tidak dipengaruhi oleh emosi atau interpretasi manusia. Rekaman ini bisa menunjukkan dengan jelas apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah kecelakaan.

Selain itu, sebagian besar dashcam modern dilengkapi dengan fitur penanda waktu (timestamp) dan lokasi GPS, yang menunjukkan kapan dan di mana kejadian itu terjadi. Ini membantu memberikan konteks yang akurat tentang waktu dan tempat kejadian.

Tidak seperti kesaksian manusia yang bisa berubah atau terlupakan seiring waktu, rekaman dashcam tetap konsisten dan bisa diputar ulang kapan saja dengan informasi yang sama persis.

Karena dashcam merekam secara otomatis dan tidak dipengaruhi oleh perasaan atau bias manusia, rekamannya cenderung lebih bisa dipercaya sebagai bukti dibandingkan dengan kesaksian yang mungkin dipengaruhi oleh emosi atau kepentingan pribadi.

Mencegah Klaim Asuransi Palsu

Cara klaim asuransi paling mudah bisa kamu lakukan dengan dashcam. Bahkan dashcam bisa mengungkap klaim asuransi palsu atau kecurangan lainnya yang dilakukan oleh pengemudi yang tidak jujur.

Jika seseorang mencoba untuk membuat klaim palsu tentang kecelakaan yang tidak terjadi, rekaman dari dashcam bisa memberikan bukti yang jelas bahwa klaim tersebut tidak benar.

Bagi pengemudi yang memiliki klaim asuransi yang sah, rekaman dari dashcam bisa memperkuat klaim tersebut dengan memberikan bukti visual yang kuat tentang bagaimana kecelakaan terjadi.

Ini membantu proses klaim menjadi lebih lancar dan dapat mempercepat pembayaran klaim. Dengan demikian, dashcam memiliki potensi untuk mencegah klaim asuransi palsu dengan memberikan bukti visual yang objektif dan kuat tentang kejadian di jalan.

Hal ini dapat menguntungkan baik bagi perusahaan asuransi maupun pengemudi yang jujur.

Baca Juga Artikel Lainnya : Jenis dan Premi Asuransi Mobil Honda Jazz

Deteksi Kecelakaan

Sebagian besar dashcam dilengkapi dengan sensor guncangan (G-sensor) yang dapat mendeteksi perubahan percepatan yang signifikan, seperti saat terjadi tabrakan atau benturan. Ketika sensor ini mendeteksi guncangan, dashcam akan secara otomatis menyimpan rekaman video beberapa detik sebelum dan setelah kejadian, sehingga merekam kejadian tabrakan. 

Dashcam biasanya merekam video secara terus-menerus dengan mode perekaman loop. Ini berarti bahwa ketika ruang penyimpanan penuh, dashcam akan secara otomatis menimpa rekaman yang lebih lama dengan rekaman baru.

Namun, jika terjadi tabrakan, rekaman video yang terkait dengan kejadian tersebut akan disimpan secara otomatis dan tidak akan ditimpa oleh rekaman baru.

Dengan kombinasi fitur-fitur ini, dashcam dapat berfungsi sebagai alat deteksi tabrakan yang efektif, merekam kejadian tabrakan secara otomatis dan menyediakan bukti yang berguna untuk klaim asuransi, penyelidikan kecelakaan, dan kepentingan hukum lainnya.

Pendeteksi Lokasi dan Waktu yang Valid

Timestamp dan lokasi GPS memberikan konteks yang jelas tentang kapan dan di mana kejadian tersebut terjadi. Ini membantu dalam memahami urutan kejadian dan lokasi spesifik dari kejadian tersebut.

Misalnya, timestamp dapat menunjukkan waktu tepatnya kecelakaan terjadi, sedangkan lokasi GPS dapat memberikan informasi tentang lokasi persis dimana kecelakaan itu terjadi.

Selain itu, adanya informasi timestamp dan lokasi GPS sangat berguna dalam penyelidikan kecelakaan atau insiden lalu lintas. Ini memungkinkan pihak berwenang atau perusahaan asuransi untuk memahami kondisi dan konteks di sekitar kejadian tersebut dengan lebih baik, membantu dalam menentukan penyebab dan tanggung jawab kecelakaan.

Adanya timestamp dan lokasi GPS meningkatkan validitas bukti yang disediakan oleh dashcam. Ini membuat bukti tersebut lebih kuat dan dapat diandalkan dalam proses klaim asuransi, perselisihan hukum, atau penyelidikan kecelakaan.

Dari manfaat adanya dashcam tersebut, tentunya lebih baik jika mobil kesayangan dilengkapi dengan dashcam. Sebelum membeli dashcam, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan agar kamu bisa mendapatkan dashcam yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. 

Pastikan dashcam yang kamu pilih memiliki kualitas video yang baik, pastikan dashcam yang kamu pilih mendukung perekaman bidirectional dan memiliki kamera belakang yang cocok dengan kebutuhan.

Selain itu, pastikan dashcam yang kamu pilih dilengkapi dengan sensor guncangan serta bandingkan harga dengan fitur dan kualitas dashcam yang ditawarkan.

Kira-kira itulah manfaat dashcam untuk klaim asuransi mobil yang bisa kamu terapkan.

Dan untuk asuransinya ada baiknya kamu menggunakan Asuransi Mobil dari Igloo dengan layanan yang lengkap.

Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan saat di jalan raya, sehingga berkendara akan lebih nyaman dan aman.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu