Tetap Fokus Motoran, Ini Cara Atasi Tantangan Keselamatannya

Table of Contents

Pada laman National Library of Medicine pernah dibahas tentang traffic stress syndrome sangat mengendarai kendaraan di jalanan yang padat. Meskipun kamu sudah mengantongi SIM akan tetapi kamu tetap membutuhkan tips keselamatan berkendara saat motor di jalanan ramai.

Selain memilih rute yang cepat untuk sampai di tujuan, alangkah lebih pentingnya jika kamu tahu cara berkendara yang benar sehingga bisa menjadi solusi diperjalanan dan kamu bisa lebih aman dan nyaman. Apalagi jika kamu tinggal dan bekerja di wilayah perkotaan.

Karena sudah pasti ada tantangan tersendiri yang harus kamu lewati setiap pagi atau sore hari ketika pulang kerja. Mengingat jalanan perkotaan akan lebih sibuk di jam-jam krusial, marka jalan yang banyak, serta rambu-rambu lalu lintas yang harus kamu perhatikan.

Hal ini tentu saja menuntut kamu harus lebih fokus meskipun terburu-buru dan tubuh lelah.

Nah agar selamat sampai di rumah atau di kantor, Igloo telah merangkumkan cara meningkatkan keselamatan berkendara saat motoran di jalanan ramai. Simak ulasan Igloo berikut ini.

Berbagai Cara Meningkatkan Keselamatan Berkendara di Jalanan

Tantangan berkendara di perkotaan tentu jauh lebih tinggi daripada saat kamu berkendara di wilayah pinggiran atau pedesaan. Karena di perkotaan lebih padat dan dengan karakteristik pengendara yang berbeda-beda.

Berikut ini ada beberapa cara agar kamu bisa meningkatkan keselamatan berkendara sehingga selamat sampai di tujuan:

1. Selalu Patuhi Aturan Lalu Lintas yang Berlaku

Sepadat apapun jalanan perkotaan meskipun kamu terburu-buru kamu tetap harus mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Diantaranya lampu merah, kecepatan maksimal yang diperbolehkan dan tanda berhenti.

Nah kamu wajib mengikuti tanda dan marka jalan dengan baik, usahakan berhenti saat ada pejalan kaki yang menyeberang di zebra cross. Dan dihindari mengendarai motor terlalu dekat dengan trotoar atau tempat pejalan kaki.

Baca Juga Artikel Lainnya : Daftar Persiapan dan Peralatan untuk Perjalanan Jauh dengan Motor

2. Fungsikan Lampu Signal Secara Tepat

Di jalanan perkotaan usahakan untuk selalu memfungsikan lampu signal secara tepat. Terutama ketika kamu akan berbelok ataupun mau merubah jalur.

Kamu juga harus bisa memprediksi penggunaan lampu sein, usahakan ada cukup waktu sebelum melakukan manuver yang kamu inginkan.

3. Selalu Perhatikan Kendaraan di Sekitar

Ini juga bagian cara mengatasi tantangan keselamatan, dimana kamu tetap harus fokus ke depan tetapi kamu juga harus memperhatikan kanan dan kiri. Terutama saat kamu hendak berpindah jalur atau saat kamu akan berhenti.

Usahakan blind spot atau titik buta kendaraan lain, caranya dengan sering cek kaca spion dan memastikan jalur aman sebelum berubah jalur dengan hati-hati.

4. Jangan Mengendarai Motor Terlalu Cepat

Meskipun kamu ahli dalam mengendarai motor dan sudah mengantongi SIM ada baiknya tetap jangan mengendarai motor terlalu cepat apalagi di wilayah perkotaan. Gunakan kecepatan rendah sampai sedang agar lebih aman.

Saat kamu mengendarai motor secara cepat, maka akan membahayakan dirimu sendiri, pengendara lain, pejalan kaki dan orang lain yang melintas. Apalagi jika jalanan tersebut berada di lingkungan pemukiman.

5. Selalu Waspada dengan Pengendara Motor Lainnya

Selama berkendara sepeda motor lain seringkali bisa muncul tiba-tiba di antara kendaraan lain. Salip kanan atau kiri pasti juga sudah biasa.

Oleh karena itu perhatikan sekitar secara cermat dan berikan jarak aman dengan pengendara lain.

6. Taati Aturan Parkir

Di wilayah perkotaan kamu wajib menaati aturan parkir. Dimana kamu boleh parkir di area yang memang diizinkan. Jangan memarkirkan kendaraan di jalur pejalan kaki, trotoar, ataupun tempat yang dapat menghambat jalannya lalu lintas di perkotaan.

Karena selain membahayakan diri sendiri, sepeda motor yang kamu kendarai juga akan rawan baret karena salah tempat parkir.

7. Berikan Jarak Aman

Berkendara di perkotaan kamu tetap harus bisa memberikan jarak aman dengan pengendara lainnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya tabrakan terutama saat kamu harus berhenti secara mendadak.

Baca Juga Artikel Lainnya : Mengintip Dunia Subkultur Motor di Semarang

8. Tetap Jaga Fokus dan Konsentrasi

Jangan mengendarai motor sambil bermain ponsel, baik itu untuk kebutuhan mendesak atau sekedar membalas pesan dari teman. Ada baiknya jika memang penting kamu menepi terlebih dahulu untuk menyelesaikan urusan tersebut.

Kemudian jangan berkendara saat lelah dan letih, karena pada saat kondisi tersebut perhatian kamu tidak bisa 100% ke jalanan sehingga dapat membahayakan keselamatan.

Ingat selalu prioritaskan keselamatan diri sendiri dan orang lain jika berkendara. Kemudian patuhi aturan lalu lintas dan berkendaralah dengan bijak agar tidak merugikan diri sendiri.

Itulah beberapa cara meningkatkan keselamatan berkendara saat motoran di jalanan ramai seperti perkotaan. Agar lebih percaya diri kamu juga bisa melengkapi keselamatan berkendara dengan Asuransi Motor yang disediakan Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu