Daftar Persiapan dan Peralatan untuk Perjalanan Jauh dengan Motor

Mengatur Persiapan dan Peralatan untuk Perjalanan Jauh dengan Motor
Table of Contents

Menjalani perjalanan jauh dengan motor atau istilahnya lebih dikenal dengan Touring dapat memberikan pengalaman petualangan yang mendalam dan memuaskan, terutama jika Kamu menjelajahi tempat-tempat baru dan pemkamungan alam yang menakjubkan. Perjalanan jauh memungkinkan Kamu untuk lebih dekat dengan budaya dan masyarakat lokal, karena Kamu dapat berinteraksi langsung dengan penduduk setempat di sepanjang perjalanan.

Sebelum melakukan perjalanan jauh dengan motor, sebaiknya kamu perlu melengkapi persiapan dan juga peralatan yang nantinya akan kamu butuhkan. Berikut daftar peralatan untuk perjalanan jauh dengan motor. 

Daftar Peralatan untuk Perjalanan Jauh dengan Motor

Helm yang Berkualitas

Pilihlah helm yang nyaman dan sesuai dengan stkamur keselamatan. Helm yang baik dapat melindungi kepala Kamu dalam kecelakaan. Tidak hanya itu, helm yang kamu gunakan nantinya juga melindungi dari panas di siang hari. 

Pakaian yang Sesuai

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Ini termasuk jaket dan celana tahan air dan tahan angin, serta perlindungan tambahan seperti pelindung siku dan lutut. Atau jika memang agenda perjalanan jauh dengan motor ialah untuk sekedar hobi touring, maka kamu dapat menggunakan kostum yang nyaman. 

Sarung Tangan

Sarung tangan yang sesuai dapat melindungi tangan Kamu dari cuaca buruk dan membantu menjaga kenyamanan saat berkendara. Manfaat lain dari sarung tangan ialah untuk menghindarkan telapak tangan dari sinar matahari langsung yang sangat menyengat. 

Perlengkapan Pengaman

Perlengkapan pengaman seperti pelindung siku, lutut, dan bahu dapat menambah tingkat keselamatan Kamu selama perjalanan. Kamu juga Nampak terlihat lebih keren saat sudah terjun ke jalan beraspal.

Peralatan Navigasi

Gunakan GPS atau peta fisik untuk membantu Kamu menavigasi rute perjalanan Kamu. Pastikan Kamu memiliki akses ke peta offline jika Kamu melewati daerah tanpa sinyal internet. Bepergian menggunakan peralatan navigasi atau GPS akan meringankan kebingungan misalkan saat tiba tiba bingung arah tujuan. 

Perlengkapan Komunikasi

Ponsel dan power bank untuk komunikasi darurat dan navigasi. Walkie-talkie atau perangkat komunikasi lainnya jika Kamu bepergian dalam kelompok. Alat komunikasi selain untuk berkomunikasi juga dapat digunakan untuk melacak keberadaan teman saat ada yang hilang dari gerombolan. 

Alat Perbaikan Darurat

Bawa alat perbaikan darurat seperti alat perbaikan ban, obeng, dan kunci pas untuk mengatasi masalah kecil di jalan. Masalah kecil ini memang jarang terjadi, namun tidak ada salahnya ketika kamu memilih untuk bersiap-siap selalu membawa alat perbaikan motor darurat. 

Perlengkapan P3K

Siapkan kotak P3K dengan perlengkapan pertolongan pertama seperti plester, obat antiseptik, dan perban. Tidaka da yang tau apakah perjalanan jauh yang akan kamu tempuh akan mulus tanpa rintangan, namun sudah selayaknya kamu mempersiapkan diri dengan membawa perlengkapan P3K. 

Air Minum dan Makanan Ringan

Bawa air minum dan makanan ringan untuk memastikan Kamu tetap terhidrasi dan terpenuhi energinya selama perjalanan. Tidak ada yang salah ketika membawa perlengkapan makanan ringan. Tujuannya selain untuk memenuhi kebutuhan perut, air minum dan makanan ringan juga dapat menjadi teman ketika lelah dan beristirahat sejenak. 

Tips Melakukan Perjalanan Jauh dengan Motor Agar Lebih Aman

Ketika akan berkendara jauh, selainkan memastikan peralatan telah lengkap sebaiknya kamu juga menyimak beberapa tips aman berkendara. Tips aman sebelum melakukan perjalanan jauh dengan motor, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini. 

Riset Rute

Lakukan riset tentang rute yang akan Kamu ambil sebelum berangkat. Tinjau kondisi jalan, cuaca, serta informasi tentang daerah yang akan Kamu lewati.

Pilih Jalan Utama

Saat memilih rute, prioritaskan jalan utama atau jalan yang banyak dilalui oleh kendaraan lain. Ini dapat meningkatkan keamanan karena biasanya jalan-jalan ini lebih terawat dan dilengkapi dengan infrastruktur seperti lampu jalan. Menghindari jalan-jalan terpencil atau daerah yang minim pemukiman dapat mengurangi risiko terjebak dalam situasi darurat atau menjadi target kejahatan.

Perhatikan Kondisi Jalan

Perhatikan kondisi jalan seperti kemungkinan adanya lubang, kerikil, atau bahkan hewan liar. Hindari rute yang memiliki reputasi buruk dalam hal keadaan jalan.

Pertimbangkan Waktu

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan. Hindari perjalanan pada malam hari atau saat cuaca buruk jika memungkinkan.

Berinteraksi dengan Komunitas Touring

Bergabung dengan komunitas touring atau mendiskusikan rencana perjalanan Kamu dengan teman-teman yang berpengalaman bisa memberikan wawasan berharga tentang rute mana yang aman dan menyenangkan.

Simpan Kontak Darurat

Pastikan Kamu memiliki daftar kontak darurat dan juga memahami wilayah tempat Kamu melakukan perjalanan. Ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan keadaan darurat.

Pertimbangkan Keamanan Pribadi

Selalu prioritaskan keamanan pribadi Kamu. Hal ini termasuk memilih rute yang melewati area yang dikenal aman dan memastikan Kamu memiliki perlengkapan darurat seperti ban cadangan, alat pemecah kaca, dan kit pertolongan pertama.

Itulah berbagai cara mengatur persiapan dan peralatan untuk perjalanan jauh dengan motor. Selain itu lengkapi persiapan perjalanan jauhmu dengan Asuransi Motor dari Igloo, tujuannya agar kamu bisa berkendara dengan nyaman dan aman serta terhindar dari berbagai kerugian yang tidak terprediksi.

Baca Juga : Keuntungan dan Tantangan Mudik dengan Motor dibandingkan Mobil, Tetaplah Hati-Hati

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu