7 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui

benefits of travel insurance
Table of Contents

Selain asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan, apakah kamu sudah mengetahui tentang asuransi perjalanan? Asuransi perjalanan mungkin belum terlalu dikenal oleh orang banyak, namun ternyata manfaat asuransi perjalanan ini sangat bermanfaat baik bagi seseorang maupun sebuah bisnis perjalanan wisata.

Perlu kamu ketahui juga, asuransi perjalanan ini juga menjadi syarat perjalan wisata bagi beberapa negara. Bagi kamu yang akan menggunakan asuransi perjalanan, kenali lebih lanjut beberapa manfaat asuransi perjalanan dari Igloo berikut ini.

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Sebelum mengetahui apa saja manfaat asuransi perjalanan untuk kamu, ada baiknya kamu lebih mengenal lagi terlebih dahulu tentang apa itu asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan adalah salah satu dari beragam jenis asuransi yang akan memberikan kamu berbagai manfaat dengan tujuan utama untuk memberikan kepada konsumennya.

Namun untuk asuransi perjalanan ini, akan lebih berfokus untuk memberikan perlindungan, kenyamanan dan keamanan bagi konsumennya saat melakukan perjalanan untuk berbagai keperluan baik itu perjalanan wisata maupun perjalanan bisnis.

Sesuai dengan namanya, asuransi perjalanan ini paling sering digunakan ketika seseorang akan melakukan perjalanan untuk berbagai keperluan. 

Di beberapa negara, asuransi perjalanan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang yang mengunjungi suatu negara, karena dengan adanya asuransi perjalanan ini, keamanan seseorang akan lebih terjamin.

Asuransi perjalanan ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah beberapa jenis asuransi tersebut.

  1. Asuransi perjalanan dengan tujuan wisata
  2. Asuransi perjalanan dengan tujuan bisnis
  3. Asuransi perjalanan dengan tujuan dalam negeri
  4. Asuransi perjalanan dengan tujuan luar negeri
  5. Individual travel insurance
  6. Group travel insurance
  7. Single trip insurance
  8. Annual trip insurance

Baca Juga: 8 Jenis Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketaui

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat Asuransi Perjalanan

Setelah mengetahui apa itu asuransi perjalanan dan juga beberapa jenis asuransi perjalanan, informasi selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah beberapa manfaat asuransi perjalanan Ini. Berikut adalah beberapa manfaat asuransi perjalanan yang perlu kamu ketahui.

1. Perlindungan Kesehatan

Manfaat asuransi perjalanan yang pertama adalah dapat memberikan perlindungan kesehatan kepada konsumennya. Datangnya suatu penyakit tentunya tidak dapat kamu duga sebelumnya, termasuk bisa saja datang ketika kamu sedang melakukan perjalanan.

Karena hal tersebut, untuk memudahkan kamu mendapatkan perawatan kesehatan yang dibutuhkan, kamu dapat menggunakan asuransi perjalanan terbaik yang akan membantu kamu mendapatkan perawatan medis yang tepat selama melakukan perjalanan.

2. Perlindungan dari Kecelakaan

Salah satu bahaya yang paling tinggi saat seseorang melakukan perjalanan adalah munculnya kecelakaan yang tidak diduga sebelumnya. Bahaya kecelakaan ini bisa datang dari mana saja seperti human error, cuaca atau faktor lainnya.

Karena hal tersebut, dengan menggunakan asuransi perjalanan, kamu akan mendapatkan bantuan finansial apabila terjadi kecelakaan yang tidak diduga sebelumnya baik itu menyebabkan luka-luka, cacat permanen sampai kematian.

3. Kompensasi Ketidaknyamanan

Manfaat asuransi perjalanan yang selanjutnya adalah kompensasi ketidaknyamanan selama melakukan perjalanan seperti keterlambatan bahkan sampai pembatalan jadwal keberangkatan. 

Kedua hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu kamu, namun dengan menggunakan asuransi perjalanan yang tepat, kamu akan mendapatkan ganti rugi atas ketidaknyamanan yang kamu terima.

Bentuk ganti rugi ini beragam tergantung dari keputusan masing-masing perusahaan asuransi. Beberapa bentuk ganti rugi tersebut adalah seperti ditanggungnya biaya penginapan sampai kamu bisa kembali melakukan perjalanan kembali atau berupa uang tunai.

4. Ganti Rugi jika Barang Bawaan Rusak atau Hilang

Ganti Rugi jika Barang Bawaan Rusak atau Hilang

Ketika melakukan perjalanan salah satu hal yang paling penting adalah barang bawaan, lalu bagaimana jika barang bawaan kamu sampai rusak atau bahkan hilang? Tentunya hal ini akan sangat berakibat fatal pada perjalanan kamu.

Karena hal tersebut, inilah manfaat asuransi perjalanan yang berikutnya, yaitu akan memberikan ganti rugi jika barang bawaan kamu rusak atau bahkan hilang. 

Baca Juga: Apa itu Asuransi Perjalanan Wisata? Pengertian Hingga Manfaatnya

5. Ganti Rugi jika Dokumen Hilang

Selain barang bawaan, salah satu hal penting lainnya ketika melakukan perjalanan adalah beberapa dokumen penting. Bagaimana jika dokumen-dokumen penting ini hilang? Tentunya akan sangat merepotkan dan mengganggu kenyamanan perjalanan kamu.

Karena hal tersebut, salah satu manfaat yang dapat kamu manfaatkan saat menggunakan asuransi perjalanan adalah kamu akan mendapatkan ganti rugi jika dokumen-dokumen penting kamu hilang.

6. Bantuan Hukum

Saat melakukan perjalanan, salah satu hal yang harus kamu hindari adalah berurusan dengan pihak yang berwenang dan terlibat masalah hukum. Jika kamu sampai terlibat masalah hukum, maka jika kamu menggunakan asuransi perjalanan, kamu akan mendapatkan bantuan hukum untuk menyelesaikan masalah hukum kamu.

7. Manfaat Lainnya

Dengan beberapa manfaat asuransi perjalanan yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa manfaat asuransi perjalanan lainnya yang perlu kamu ketahui. 

Beberapa manfaat asuransi perjalanan lainnya tersebut adalah seperti perlindungan dari tindakan terorisme dan perlindungan terhadap isi rumah kamu saat kamu pergi melakukan perjalanan.Itulah beberapa manfaat asuransi perjalanan dari Igloo yang perlu kamu ketahui. Dengan menggunakan asuransi perjalanan terbaik, maka bisa dipastikan perjalanan kamu akan semakin nyaman dan menyenangkan. Semoga informasi dari Igloo tentang manfaat asuransi perjalanan ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu